Perkembangan sepeda listrik, setidaknya ada 2 tipe motor. Direct drive dan gear drive, keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan. Ketika memilih sepeda listrik tentu akan bertanya, tipe apa yang tepat. Tergantung kebutuhan kita. Ingin cepat, atau ringan, ingin tarikan yang kuat atau suara tidak bising.

Tipe motor apa yang harus dipilih, tergantung kebutuhan kita. Sepeda listrik memiliki banyak disain, beberapa produsen menawarkan perubahan gigi di hub, atau memasang motor di crank tengah sepeda. Yang sederhana dengan memasang hub sepeda listrik yang besar dan sederhana.

Seperti gambar dibawah, kiri tipe Direct Drive dipasang pada hub roda tanpa pemindah gigi. Kanan tipe Gear Drive, ukuran lebih kecil dengan gear dan ukuran motor untuk sepeda listrik menjadi lebih kecil.

Sepeda listrik Direct Drive atau Gear Drive

Motor sepeda listrik Direct Drive.
Untuk awal dibahas tipe motor pengerak sepeda listrik  Direct drive motor adalah sistem pengerak langsung, tapi memiliki lebih rendah untuk torsi. Memiliki keuntungan dengan daya tahan lebih lama, tapi berat. Membuat pengendara agak kewalahan atau repot karena motor dipasang pada roda belakang, jadi mengayuh sepeda menjadi kurang efisien.


Direct Drive relatif lebih tenang dan dengungan motor lebih tenang.

Pemasangan Direct Drive lebih mudah. Mengapa dibuat dengan ukuran besar, karena praktis bagian hub tengah tidak bergerak dan bagian luar yang bergerak. Karena disainnya tipe Direct Drive memang harus dibuat besar dan berat. Untuk meningkatkan tenaga dorong, ukuran menjadi patokan. Semakin besar ukuran pengerak sepeda listrik maka daya dorong lebih besar.
Direct Drive secara umum memiliki pemakaian lebih lama. Cepat dan lambat hanya tergantung ukuran motor.

Motor sepeda listrik Gear Drive
Secara umum lebih bising, tapi ringan dan kecil. Hub tipe ini boleh dibilang tidak terasa ketika dikayuh. Tetapi top speed umumnya dibuat lebih rendah walau menawarkan torsi lebih baik. Tetapi keuntungan dengan gear drive, tarikan motor tidak terasa. Keuntungan lain ketika jalan menanjak, tipe gear drive lebih bertenaga.

Gear Drive dirancang lebih rumit, dan motor bergerak dengan putaran kecepatan tinggi. Gear akan berpindah naik turun untuk meningkatkan daya dorong dari motor. Kelemahan untuk Gear Drive, tidak disarankan untuk penguna beban berat seperti sepeda cargo. Karena umurnya akan semakin pendek.

Tipe pengerak sepeda listrik yang baik.
Tergantung, kenyamanan atau kekuatan. Hal ini adalah pilihan. Untuk kecepatan di atas 30 km perjam, daya tahan yang kuat, motor yang tenang ada di Direct Drive
Mereka yang membutuhakn tarikan, ringan tapi sedikit bising bisa memilih Gear drive.