Teknologi material frame sepeda dibuat dengan bahan carbon fiber.

Lebih ringan dan aerodinamis, frame carbon biasanya berada di daftar model teratas dari sebuah model sepeda.

Disisi lain menimbulkan efek negatif, tahun 2015 dimana pabrik frame sepeda asal China yang mulai frame carbon. Tapi ada juga yang membuat produk tiruan, tentu belum tentu aman.
Sebuah merek dari produsen sepeda melakukan riset untuk merancang sebuah frame carbon dan alumnium dengan bentuk identik.
Bila terjadi masalah di kemudian hari, misal terjadi retak atau salah disain setelah produk dipasarkan. Produsen akan memberikan peringatan, atau menganti frame yang diketahui bermasalah. Disebut produk Recall, pembeli dapat menukar atau dilakukan pengantian komponen bila cacat produk hanya sebagian..

Pabrikan asal China menawarkan frame carbon dengan harga lebih murah tapi kualitasnya tidak menjamin.

Dari harian NYC mengabarkan kompetisi Tour de France biasanya dimenangkan oleh merek sepeda ternama seperti Trek atau Specialized.

Frame palsu yang ditawarkan juga berlogo produsen terkenal, dengan mudah ditemukan via toko online.
Harganya luar biasa murah, frame carbon tiruan bahkan mencapai 1/10 dari produk asli.

Frame carbon tiruan mungkin saja aman bila dipakai normal. Tapi pada keadaan tertentu dapat membahayakan penguna. Frame carbon tiruan dibuat sama ringan, tapi bukan kualitas, yang dipangkas adalah bahan dan rancangan sesuka produsen.

Produsen sepeda asal Perancis merek Time misalnya mengunakan komponen kelas premium dari Campgnolo, dan sepeda tersebut merupakan sepeda berkelas termasuk harganya mencapai $6000. Tiruannya hanya $500.



Jadi hati hati ketika anda tertarik membeli frame carbon tiruan. Dengan mengejar sebuah merek yang Aspal

Masalahnya bukan bobot, disain dan harga. Tapi kualitasnya yang diragukan dengan frame tiruan tersebut.