Lampu motor 5W banyak ditemukan di pinggir jalan atau bengkel motor. Lampu motor tersebut dapat dijadikan lampu sepeda. Cara membuat lampu sepeda dari lampu motor, bisa menganti driver lampu ditambah sebuah baterai dari powerbank

Karena rata rata motor saat ini mengunakan power input DC 12V. Perlu diganti driver penurun tegangan dari driver step down bawaan lampu.
Diperlukan satu mini sirkuit (driver LED) untuk menurunkan tegangan.

Untuk awalnya bisa dilihat perbedaan lampu sepeda asli (kiri) dan lampu motor (kanan). Lampu di sisi kiri adalah lampu sepeda dengan kekuatan 10W, atau setara 600 lumen. Lampu di kanan adalah lampu motor dengan kekuatan 5W atau setara 250-300 lumen.

Perbandingan lampu LED 10W vs 5W untuk lampu sepeda

Harga lampu sepeda 600 lumen tidak murah. Selain mahal di baterai, cahaya memang lebih terang, dan harga lampu tersebut rata rata harganya diatas 400 ribu.



Bila tidak memerlukan lampu sepeda yang tidak terlalu terang. Bisa mengunakan lampu motor dengan kekuatan lampu LED 5W, dan anda dapat membuat sendiri , dengan menganti driver sirkuit lampu motor agar dapat menerima power baterai biasa seperti dari baterai Powerbank.

Tampilan lampu motor 5W untuk lampu sepeda

Seperti gambar dibawah, adalah komponen asli dari lampu motor. Sisi tutup lampu dan LED 5W, serta satu driver input 12V DC dari accu motor yang diturunkan sampai dibawah 3,4V DC untuk power lampu 5W LED

Sirkuit lampu motor 5W dengan 12V DC

Komponen atau bahan yang dipakai utuk membuat lampu sepeda dari lampu motor
  • Rp.50.000 Lampu motor 5W seperti gambar diatas, banyak dijual di bengkel motor atau kaki lima.
  • Rp.20.000 Driver step-down voltage tipe LM2596
  • Rp.10.000 Kabel USB (bila mengunakan power DC dari Powerbank), atau kabel USB bekas.
  • Multimeter (untuk kalibrasi voltase dari LM2596)
  • Rp.60.000 Sebuah powerbank 5600mAh untuk sumber baterai lampu sepeda.
  • Rp.15.000 Lem epoxy bila diperlukan

Contoh demo dari video dibawah ini. Memperlihatkan rangkaian dengan LM2596. Power diambil dari Powerbank 5V, diturunkan denagn sirkuit LM2596.




Untuk output DC dari LM2596, disetting dari potensi yang ada dan diturunkan sampai ke 3,1VDC  atau maksimum 3,4V DC sebelum dipasangkan ke lampu LED.

Disarankan mengunakan output 3,1V/DC untuk lampu LED, agar tidak terlalu panas. Dan anda lebih nyaman ketika sepeda di diamkan dengan posisi lampu menyala. Karena voltase 3,4V/DC dapat membuat lampu lebih panas, tentu saja akan memperpendek umur lampu LED. Kecuali lampu diberikan heatsink khusus.

Pada pemeriksaan pemakaian ampere, lampu LED 5W dengan input 5V DC membutuhkan sekitar 0,32A.

Test voltase yang dipakai antara 3,2-2,4V DC untuk lampu LED

Selesai mengkalibrasi dengan menurunkan voltase dari LM2596 dengan output 3.1-3,3V/DC. Baru pasangkan Emmiter lampu LED
Seperti rangkaian pada gambar dibawah, kiri lampu LED, dan kanan sirkuit penuru tegangan LM2596

Jangan lupa output dari sirkut LM2596 adalah konstan. Misalnya sirkuit sudah disetting untuk output 3,1V/DC (untuk lampu LED), tidak masalah berapa volt dari input yang diberikan.
Misalnya input dari powerbank 5V, output ke lampu tetap 3,1V/DC. Atau menganti dengan 4 baterai AA (4x1,5VDC = 6V), output ke lampu LED tetap.
Perubahan voltase hanya diatur dari potensio yang berwarna biru, sedangkan voltase input tidak akan berubah selama tidak melewati 36V DC.



Mengantir voltase regulator lampu motor 12V menjadi auto adjusment ke 5V

Sambungkan dengan Lampu LED, sirkuit LM2596 dan hubungkan kabel untuk USB ke powerbank.
Test lampu apakah menyala dengan baik. Sebentar saja untuk memastikan rangkaian sirkuit sudah benar.

Urutan sirkuit dari lampu lED 5W, Driver stepdown, kabel USB dan Powerbank

Karena driver voltase regulator LM2596 cukup besar, dapat dipasang tepat dibelakang lampu LED. Atau bisa saja di bungkus sebelumnya dan dimasukan ke dalam cap lampu.
Selesai dirancang, test ulang apakah lampu sudah menyala dengan baik dengan powerbank.

Menempelkan driver di belakang lampu

Halaman berikutnya disain untuk tempat baterai dan dudukan lampu di sepeda.