Gerah dengan asap dan polusi udara,  New Delhi lalukan Car Free Day setiap bulan. Di kota  New Delhi setidaknya bertambah 1400 kendaraan setiap hari, membuat kota ini masuk daftar kota tercemar di dunia. Pada hari Kamis kemarin, otoritas transportasi meminta pengemudi menghindari daerah macet, membentang sepanjang 6km dari ikon kota India.

Pemberlakukan Car Fre Day di  New Delhi akan diberlakukan setiap tanggal 22 setiap bulan. Karena pemerintah setempat sudah putus asa mengurangi kendaraan dan polusi.

Penduduk disana diberikan sarana beca roda 3 gratis di daerah bebas kendaraan bermotor. Dan mendorong keluarga untuk menikmati transportasi umum dengan bahan bakar gas yang lebih ramah lingkungan.

Mengapa pemerintah kota  New Delhi gerah, karena kendaraan bermotor menyumbang 62% polusi di kota tersebut. Partikel mencapai PM2,5 dan tidak terlihat tapi masuk ke paru paru penduduk. Walau ambang batas aman dari WHO masih mencantumkan angka PM10. Hanya polusi udara membuat masalah kesehatan kronis.

Tidak hanya  New Delhi, kota lain juga berjuang menurunkan polusi udara. Termasuk kota Bangkok, Beijing dan Paris sudah menempatkan hari bebas kendaraan.

Dimana saja kota yang mengalami polusi tertinggi.
New Delhi  mengalami masalah dari pembangkit listrik dan kendaraan bermotor.
Doha Quatar, dari konstruksi gedung dan kendaraan
Kabul Afghanistan, dari debu dijalan, plastik, ban
Dhaka Bangladesh, konstruksi, industri dan debu serta polusi kendaraan.
Ulaanbataar Mongolia, dari debu asap dan tungku serta emisi kendaraan