Mereka yang sering berjalan kaki dan bersepeda, akan lebih rendah tingkat obesitas dibanding pengendara kendaraan. Jurnal Improbable menerbitkan sebuah penelitian antara baik dan buruk, hal penting atau sederhana dan berharga atau tidak berharga.

Menurut Richard Masoner, di Inggris mengambil data dari orang yang berjalan kaki atau bersepeda. Setelah dihitung tingkat BMI orang dewasa lebih baik dibanding mereka yang sering mengunakan kendaraan bermotor.

Studi yang melibatkan 150 ribu orang dengan usia 40-69 tahun di Inggris. Sepeda menjadi alternatif terbaik. Rata rata berat pengendara sepeda 5 kg lebih rendah dibanding mereka yang memilih mengunakan mobil.

Bahkan wanita memiliki berat lebih rendah sampai 4,5kg lebih kurus. Perbandingan data diambil dari orang yang berjalan kaki, mengunakan kendaraan umum, pesepeda dan campuran ketiganya.

Dr Ellen Flint juga memperhitungan faktor demografi dan sosial ekonomi. Menemukan mereka yang tinggal jauh dari tempat kerja, dan mengunakan kendaraan dengan kekuatan fisik seperti bersepeda. Memiliki efek sangat penting bagi kesehatan.

Walau tidak semua pesepeda memenangkan kesehatan, penguna kendaraan umum juga sehat dan sama baiknya dengan bersepeda. Karena banyak jalan yang harus dilalui untuk mengunakan kendaraan umum, dari lorong kereta sampai jembatan dan semua dilakukan dengan berjalan kaki.