Mei 2016 lalu, selama konferensi industri sepeda di China. Diwakili oleh 60 perusahaan, investasi dan teknisi mulai menentukan penerapan standar sepeda listrik.

ISO 4210 sudah dipublikasikan pada 1 September 2015.  Dan membagi standar antara sepeda dalam kota, sepeda santai , sepeda gunung, sepeda jalan dan sepeda anak.

Tapi standar tersebut belum memasukan aturan sepeda listrik, dimana standar yang berbeda seperti diatur di Eropa dengan EN15194. Sepeda listrik dengan pedal memiliki kecpatan maksimum 25km perjam atau mengunakan motor kekuatan 250W.

Standar Eropa, Amerika dan Asia berbeda. Amerika masih mengijinkan kecepatan sepeda listrik sampai 32km perjam.

Sampai saat ini tidak ada aturan yang jelas dengan sepeda listrik di antara ke 3 benua. Masing masing mengunakan aturan berbeda, khususnya untuk kecepatan sepeda listrik. Hal ini masih menjadi kendala pengembangan sepeda listrik, dimana produsen harus memisahkan pasar mereka dengan produksi sepeda.

Masalah lain adalah sistem sepeda listrik. Sebenarnya perlengkapan sepeda listrik menjadi masalah besar. Karena tidak ada standarisasi antara charger, jenis baterai dan konektor. Sama seperti mobil listrik, saat ini masing masing produsen membuat tipe konektor dan charger berbeda.
Seperti biasa, aturan selalu tertinggal dengan pengembangan produk. Setelah produk sudah ada di pasar, barulah aturan standar menjadi pembicaraan.