Goesbike - http://www.goesbike.com
Rapid X lampu sepeda belakang
http://www.goesbike.com/articles/3455/1/Rapid-X-lampu-sepeda-belakang.html
- -
Penulis artikel
Dikumpulkan dari berbagai nara sumber dan rekan rekan lain yang ikut menyumbangkan artikel, data, GPS untuk http://Goesbike.com
 
By - -
Published on 9 August 2016
 
Lampu Rapid XLampu Rapid X memiliki 5 lampu LED untuk lampu belakang sepeda. Tidak memerlukan baterai, sudah teringrasi dengan baterai Lihtium di lampu sepeda ini dan dapat di isi ulang (rechargeable). Pemakaian 3 jam minimum dan Flash mencapai 8 jam lebih

Lampu sepeda Rapid X ini memiliki 5 LED.

Memiliki cahaya setingkat 15 lumen. Lampu belakang sepeda ini cukup terang, dan disain ukuran kecil tidak lebih dari 2 jari.

Spesifikasai lampu sepeda Rapid X
  • Memiliki 4 mode dengan daya tahan baterai : Long 4 jam (test ril kurang dari 2jam), Slow Flash 10 jam, Shun Flash 12 jam dan Strobe 8 jam.
  • Tahan air.
  • Sudut cahaya lebar, masih dapat terlihat dari sisi samping.
  • Mengunakan power baterai Lihtium recharger dan pengisian dari micro USB
  • 5 LED - 15 lumen
  • Kabel micro USB charger dan 2 karet pengikat ukuran besar dan kecil
  • Dimensi 7 x 2 x 2 cm.
  • Membutuhkan bidang penempatan lampu antara 12-32mm

Dibawah ini box dari lampu belakang sepeda Rapid X

Kotak box lampu belakang Rapid X

Memiliki lampu sepeda, yang sering lupa adalah membeli baterai. Atau mengunakan baterai charger seperti Nimh, tapi kita memerlukan 2 baterai. 2 baterai Nimh ukuran AA yang harganya lumayan mahal sekitar 50 ribu, dan sebuah charger sekitar 100 ribu.
Belum termasuk harga lampu yang dibeli terpisah.

Rapid X tidak memerlukan baterai recharger dan unit charger. Dan harganya di obral sekitar 10-15 ribu, beberapa toko menjual sekitar 50 ribu untuk warna merah, ada juga yang menawarkan diatas 100 ribu. Tidak jelas untuk harga lampu sepeda ini. Dapat di lihat via Shopee
Lampu dengan baterai lithium ini dapat di charge kapan saja dari USB port.
Dibawa ini port charger lampu sepeda Rapid X. Yang menyediakan port micro USB. Di charge sekitar setengah jam, selama mengisi cahaya lampu akan menyala di lampu sepeda ini. Dan mati setelah baterai penuh

Tampilan lampu sepeda belakang

Paket lampu belakang sepeda Rapid X yang diberikan 2 karet, satu lampu dan satu kabel untuk charger
 
Paket lampu belakang sepeda Rapid X

Dibawah ini ukuran lampu Rapid X. Lampu ini relatif kecil tidak lebih dari 2 jari tangan.
Tetapi dibutuhkan 7 cm ruang untuk memasang lampu, misalnya di tiang seatpost. Atau dapat dipasang di tempat lain mengunakan karet lebih kecil.

Misalnya kita sering bersepeda pagi (subuh) dan sore / malam hari. Yang dikhawatirkan bukan di posisi belakang, sisi samping sepeda lebih berbahaya.

Kadang pengendara tidak terlalu melihat kehadiran sepeda, dan dianggap pengendara sepeda yang datang tiba tiba. Masalah bagi pengendara adalah, sepeda mengeluarkan suara seperti suara kendaraan bermotor. Dan  kecelakaan pengendara sepeda terjadi antara jam 5-6 pagi dan 6-7 sore. Dimana transisi mata dengan cahaya membuat kewaspadaan pengendaraan bermotor kesulitan melihat sepeda. Dan banyak pengemudi kendaraan hanya fokus ke arah jalan. Misalnya ketika berbelok ke kiri, dan hanya melihat arah lintasan kiri.
Dengan tambahan lampu sepeda belakang, pengendara lebih mudah terlihat dari kendaraan bermotor.

Menyalakan lampu Rapid X, pada bagian lampu terlihat satu tombol kecil. Cukup di tekan 2-3 detik untuk menyalakan lampu dan mematikan lampu.

Untuk merubah mode, seperti Flash atau menyala biasa. Tinggal di tekan 1 detik, maka lampu sepeda Rapid X akan berpindah dari 4 mode lampu yang tersedia.
Tampilan lampu sepeda belakang Rapid X

Memasang lampu Rapid X cukup sederhana. Tidak memerlukan tool, dan karet di ikat ke bagian lampu di tiang seatpost

Cara pemasangan lampu belakang sepeda Rapid X

Cara pemasangan lampu belakang sepeda Rapid X

Selain lampu belakang sepeda memberikan cahaya ke sisi belakang. Pantulan dari diffuser / pembias cahaya dari plastik dapat terlihat dari sisi samping.

Cahaya lampu Rapid X

Beberapa produsen aksesoris lampu menawarkan lampu berkualitas sangat baik dengan baterai lithium. Tapi mereka hanya merancang lampu dengan intensitas tinggi dan dijual cukup mahal. Produk lain terlihat lebih murah, dengan baterai biasa, atau lampu tipe baterai kancing.

Kendala mengunakan lampu sepeda adalah kebiasaan kita, kadang kita malas membeli baterai, atau lupa mematikan lampu belakang walau hari sudah terang. Ketika baterai mulai habis, ini yang menjengkelkan dan membuat pekerjaan kita mencabut dan memasang baterai kembali



Terlihat bagian dalam Rapid X mengunakan baterai Cel391119 seperti baterai bluetooth. Kapasitas baterai tipe ini sekitar 50mAh

Cara pemasangan lampu belakang sepeda Rapid X

Kelebihan
Dari disain lampu belakang sepeda Rapid X cukup minimalis dan ringan. Ukuran kecil dan baterai lithium, membuat lampu ini lebih hemat.
Cukup dilepas dari sepeda dan di charger dengan charger smartphone atau powerbank.
Baterai dapat diganti, dengan  baterai Bluetooth

Kekurangan
Kekuatan baterai lampu sepeda Rapid X tidak seperti spesifikasi yang tertulis. Pengujian dengan Full atau Continue, spesifikasi tertulis 4 jam, menyala tapi tidak melewati 2 jam.
Tertulis Water Proof, mungkin dimaksud tahan cipratan air. Tapi tidak tahan air sepenuhnya, karena paket lampu sepeda ini mengunakan disain plastik. Dan air dapat masuk ke sirkuit dari setiap sisi.celah lampu.