Goesbike - http://www.goesbike.com
Revolusi sepeda listrik penganti kendaraan
http://www.goesbike.com/articles/3488/1/Revolusi-sepeda-listrik-penganti-kendaraan.html
Ebet Sangkilawang
Ebet Sangkilawang.
Telecom Industry
Contributor.
 
By Ebet Sangkilawang
Published on 8 October 2016
 
Selama setahun Dekker pergi dengan kendaraan selama bekerja sebagai programmer. Tapi awal tahun lalu atau sekitar awal 2015, bosnya mengkhawatirkan kesehatan dirinya. Dan bosnya benar.

Marc Dekker pesepeda asal Belanda melakukan perjalanan 60km dari rumah ke kota di Utrecht ke kota Ridderkerk. Dan kembali pulang dengan jarak yang sama. Dengan sepeda membutuhkan waktu 3 setngah jam. Jarak sebenarnya hanya 45km, tapi dia harus melewati sungai dengan kapal ferry.

Selama setahun Dekker pergi dengan kendaraan selama bekerja sebagai programmer. Tapi awal tahun lalu atau sekitar awal 2015, bosnya mengkhawatirkan kesehatan dirinya. Dan bosnya benar.

Kemacetan di jalan membunuh waktunya, bahkan dia lebih banyak bekerja di dalam ruangan. Dekker menganti mobilnya dengan sebuah sepeda balap tapi jarak tempuh dan waktu terlalu banyak dihabiskan dijalan. Terakhir dia mencoba mengunakan sepeda listrik, dan dia sudah merasa masalahnya terpecahkan.

Pemerintah Belanda masih mengatur kendaraan sepeda listrik sebagai moped. Artinya pengendara sepeda listrik dilarang melintas di jalur sepeda. Kedua bila kendaraan sepeda listrik lebih cepat dari aturan, penguna harus mendaftar, mengunakan helm, sim dan asuransi. Situasi yang sama seperti di Inggris, kecepatan sepeda listrik dibatasi sampai 25km perjam saja.

Aturan pemerintah tidak menghentikan dirinya dari sepeda listrik. Dan dia hanya mengunakan mobil bila ada badai atau cuaca kurang baik. Perubahan dalam dirinya juga terjadi, pulang lebih energik, tidak perlu ke gym. Artinya Dekker sudah menghemat uang dan waktunya sendiri.

Berdasarkan survei di Belanda, tahun 2012 penguna sepeda listrik dapat meningkatkan masyarakat bersepeda. Pertumbuhan mencapai 4-9% bahkan di daerah pinggiran dapat mencapai 20%. Dimana orang menganti kendaraan bermotor ke sepeda listrik.

Sebuah perusahaan di wilayah Arnhem Nijmegen memberikan 650 karyawannya sepeda listrik dengan potongan 30%. Universitas Eramus Rotterdam menawarkan bonus ke karyawan sebesar 350 eruo bila mau membeli sepeda listrik.

Inisiatif diatas berhasil. Dan sepeda listrik menyelamatkan toko sepeda di Belanda. Karena penjualan sepeda sempat menurun, dan toko sepeda masih mendapatkan penjualan dari sepeda listrik dari transisi masyarakat yang ingin bersepeda untuk bekerja.

Sepeda listrik tidak murah, bahkan cenderung mahal. Sepeda listrik juga rentan terhadap pencurian, sampai pihak berwenang memasang alat tracker untuk menjebak para pencuri.

Aturan sepeda listrik di Belanda masih sangat ketat, khususnya untuk penguna sepeda listrik yang tidak boleh melintas di jalur sepeda biasa. Tapi perubahan akan terjadi di awal 2017.  Sepeda listrik akan di ijinkan melintas dijalur sepeda, asalkan tidak melebihi batas kecepatan 25km perjam.