Jalur sepeda gunung Rindu Alam untuk pemula. Sabtu 2 Januari 2010 pertama kali dari 4 anggota Goesbike aka Brocolli turun di Rindu Alam yang konon merupakan jalur klasik. Perjalan pertama total 12 orang, ditambah jurangan jalur Rindu Alam Mahendra yang mengawal. Tetapi om Mahendra memisahkan diri setelah kantor kebun teh bersama rekannya.

Dari 12 orang, 8 sudah beberapa kali masuk ke jalur klasik sepeda gunung ini. Sedangkan 4 orang benar benar baru.
Apa saja yang didapat untuk mereka yang baru pertama kali turun. Bagi yang pernah ke rute ini, sudah pasti mengetahui banyak sekali jebakan yang tidak terduga. Bagi sebagian pengendara sepeda gunung, rute Rindu Alam mungkin biasa saja. Tetapi bagi mereka yang baru terkadang tidak menduga kondisi medan yang mendadak turun tajam diselingi jalan berbatu.

Tip untuk pemula bagi sepeda gunung oleh om Agung.
  • Jangan melakukan rem penuh ketika menuruni jalur CrossCountry. Manfaatkan rem belakang untuk mengurangi kecepatan, dan kontrol penuh pada rem depan untuk kendali sepeda.
  • Tip dari om Budi, posisi belakang sepeda tidak menjadi masalah walaupun sepeda harus melintir (ngesot - isitilah biker). Tetapi kontrol ban depan yang mengendalikan arah posisi sepeda. Rem depan akan memberikan tekanan lebih besar pada stir depan, sehingga bagian roda depan lebih kuat menapak. Tetapi tidak jangan melakukan rem penuh kepada ke 2 roda.
  • Jangan lupa menurunkan seatpost atau tempat duduk ke posisi lebih rendah. Jangan sampai sadel meninju pantat pengendara, dan melempar pengendara dari sepeda.

Baru berselang 10 menit, satu anggota sempat kepeleset. Bukannya tidak mahir mengendarai sepeda, tetapi tidak terbiasa dengan medan yang mendadak curam dan berbatu. Masih berlanjut di kebun teh, satu lagi team sempat melejit dari sepeda.




Melewati kali tetap segar.



Mereka yang baru melalui jalur sepeda gunung Rindu Alam setidaknya harus dikawal. Beberapa rekan sempat tertinggal, harap maklum tidak mengetahui arah jalan. Sampai akhir kebun teh sebelum taman Safari, sempat foto rame rame.