Goesbike - http://www.goesbike.com
Mengapa sepeda wanita berbeda dengan pria
http://www.goesbike.com/articles/3524/1/Mengapa-sepeda-wanita-berbeda-dengan-pria.html
Ebet Sangkilawang
Ebet Sangkilawang.
Telecom Industry
Contributor.
 
By Ebet Sangkilawang
Published on 17 December 2016
 
Melihat rancangan sepeda wanita dan pria dibuat berbeda. Sepeda pria memiliki top tube atau tiang atas frame sejajar dengan posisi sadel dan stang. Sedangkan sepeda wanita secara umum memiliki top tube lebih rendah. Tapi disain tersebut adalah disain sepeda lama, sekarang tidak ada batasan untuk sepeda wanita dan pria.

Melihat rancangan sepeda wanita dan pria dibuat berbeda. Sepeda pria memiliki top tube atau tiang atas frame sejajar dengan posisi sadel dan stang.

Sedangkan sepeda wanita secara umum memiliki top tube lebih rendah. Bahkan beberapa disain sepeda wanita, dibagian tersebut dibuat sejajar dengan bottom tube.

Rancangan sepeda dengan top tube untuk pria atau disain cross bar, dibuat untuk memperkuat struktur sepeda. Disain sepeda pria tidak berubah, memiliki tiang atas lebih tinggi dan horisontal

Disain sepeda pria

Dahulu wanita akan kesulitan menaiki sepeda pria, karena harus mengangkat kakinya lebih tinggi. Khususnya ketika mengunakan baju wanita seperti model rok.

Produsen sepeda membuat sepeda khusus untuk wanita, dengan tiang atas lebih rendah. Agar mereka lebih mudah menaiki sepeda. Sehingga wanita tidak perlu mengangkat kakinya terlalu tinggi.

Disain sepeda 
pria

Tapi disain sepeda untuk wanita sebenarnya melemahkan struktur sepeda. Ketika sepeda jaman dahulu dibuat, struktur sepeda untuk wanita dianggap cukup aman. Selama pengendara wanita tidak  agresif berkendara seperti pesepeda pria. Tapi kebiasaan tersebut masih berlanjut sampai sekarang , beberapa produsen masih membuat sepeda tanpa top tube khusus untuk wanita.
Apakah disain sepeda wanita masih mengikuti kebiasaan pesepeda jaman dulu.

Di jaman modern, mungkin sangat jarang melihat wanita naik sepeda dengan gaun atau rok. Mereka lebih banyak mengunakan celana biasa seperti celana jean atau celana khusus untuk sepeda. Jadi tidak masalah apakah mereka naik sepeda dengan mengangkat kaki.

Bagaimana dengan disain sepeda dengan tiang top tube yang dibuat lebih rendah. Sekarang bukan sepeda wanita atau pria, walau bagian tiang horizontal ditiadakan . Tapi produsen yang merancang dengan satu tiang sepeda sudah ada, dan diperuntukan bagi pria dan wanita. Material sepeda jauh lebih kuat, bahan serat carbon yang ringan tidak masalah digunakan sebagai frame sepeda.

Disain sepeda BMX atau sepeda Freestyle sebagai contoh, memiliki tiang seatpost lebih rendah dari posisi ban. Apakah sepeda Freestyle dan BMX dibuat untuk wanita.
Tentu tidak, disain kedua model sepeda tersebut dibuat untuk keamanan pengendara ketika beraksi dan menghindari terluka.

Sepeda balap wanita dibuat dengan disain yang sama seperti sepeda pria memiliki bagian top tube. Perbedaan sepeda pria dan wanita sekarang ada di bagian ukuran. Yaitu geometri seperti panjang lengan, kaki, sudut sepeda dan lainnya yang dirancang untuk posisi wanita.

Jadi sepeda modern tidak terbatas apakaha memiliki top tube khusus untuk wanita, atau pria. Hanya disain masih mengikuti disain sepeda lama untuk keamanan berkendara atau kemudahan orang mengendarai sepeda.