Lampu sepeda dengan LED Cree XML banyak dijual, dan sekarang power lampu dapat mengunakan 5V powerbank.

Tapi model lampu apa yang terang dan cukup untuk lampu sepeda. Apa perbedaan Cree XML T6 vs XM-L2 XML T6 U2. Untuk keterangan tipe lampu LED sepeda dibawah ini
  • Cree XM-L standar cahaya lumen 910-975, sedangkan U2 7% lebih terang dibanding T6.
  • Cree XM-L2 U2 memiliki ukuran yang sama, tapi lebih terang 20% dari model XM-L. Memiliki output maksimum sampai 1044-1119 lumen. Generasi kedua disebut XM-L2 dan diperkenalkan sejak Desember 2012.
  • Cree XM-L2 U3  Paling terang mencapai 1193-1269 lumen tapi lebih umum untuk lampu senter

Dibawah ini perbandingan LED Cree untuk performa dan harga


Perbandingan Cree dalam tabel XM-L dan XM-L2




Ultrafire mengeluarkan lampu sepeda dengan LED Cree XM-L2.

Ultrafire memiliki lampu LED tipe XM-L2. Lalu lampu LED yang mana yang lebih baik.
Lampu Cree XM-L2 adalah model terbaru memiliki tingkat efisien lebih tinggi dengan perbandingan Watt (pemakaian power) dengan kekuatan cahaya.

Lampu Sepeda Ultrafire Cree XM-L2 bodi

Dibagian dalam lampu sepeda Ultrafire seperti gambar dibawah ini. Mengunakan miror atau reflektor dari aluminium yang dilapis permukaan halus untuk memantulkan cahaya.

bagian dalam lampu Ultrafire Cree XM-L2

Bila tertarik mengunakan lampu sepeda, dapat memilih tipe LED dengan Cree XM-L2.

Tapi hati hati karena banyak di pasaran menawarkan lampu dengan bentuk yang sama, tapi berbeda tipe LED.
Salah satunya LED dari China dengan merek Lattice Brigth atau LBrigth mengunakan nomor model XML. Bila kita jeli melihat isi dalam LED, terlihat di model XM-L2 hanya terdapat 2 kutub power. Click gambar dibawah untuk memperbesar. Model lama XM-L dan model Lattice Brigth mengunakan 3 kutub jarum.

Perbedaan terletak di bagian lampu LED. Terlihat untuk XM-L2 berwarna ring putih di sekeliling lampu LED, sedangkan generasi sebelumnya masih disebut XM-L T6 dengan ring hijau di tepi lampu.

Lampu Sepeda Ultrafire Cree XM-L2 Emitter dengan 2 diode

Dibawah ini 2 model lampu berbeda. Kiri disebut dengan XM-L2 T6 tetapi bukan asli (versi KW). Kanan lampu Cree XM-L2
  • Kiri. Dapat dilihat pemakaian power lampu LED lain yang sudah dirakit dengan driver. Ternyata membutuhkan power 900 mah.
  • Kanan. Dapat dilihat pemakaian power lampu Cree XM-L2, hanya membutuhkan power antara 600mAh. Lebih hemat power dibanding lampu di sebelah kiri, artinya dengan kapasitas baterai powerbank yang sama, lampu di sisi kanan dengan Cree XM-L2 dapat menyala lebih lama.

berapa ampere lampu sepeda Cree XM-L2 terang maksimum

Lampu Cree XM-L2 umumnya membentuk cahaya spot seperti lampu senter. Dengan cahaya lampu sepeda lebih terang, akan memudahkan pengendara sepeda melihat permukaan jalan.
Tapi bagi beberapa orang mungkin cahaya putih terlalu menyilaukan. Kami mendapat ide untuk memodifikasi lampu LED tipe Cree XM-L2 agar cahayanya lebih menyebar.
Sehingga spot cahaya dapat lebih lebar, dan cahaya yang jatuh ke permukaan jalan dapat membentuk bidang oval lebih lebar.

Caranya dengan menyebarkan cahaya dari lampu mengunakan kaca minus. Yang dicoba kali ini tipe dioptre -400, diambil dari plastik kacamata. Lalu ditempelkan ke di dalam bagian lampu.
Jarak lampu ke roda depan sepeda, disarankan jatuh lebih depan 1 meter untuk melihat jalan. Bila digunakan di jalan raya, cahaya lampu XM-L2 memang tidak terlalu terang.



Lampu Sepeda Ultrafire Cree XM-L2 difuser agar lampu lebih lebar 
dan bias


Hasil percobaan lampu LED Cree XM-L2 dibawah ini
  • Foto pertama dengan disain standar. Spot terlihat sangat kuat di tengah lampu, dan sudut lampu lebih sempit. Sumber arus DC dari Powerbank
  • Foto kedua dengan tambahan kaca yang membiaskan cahaya. Intensitas cahaya lebih redup, tapi spot menjadi lebih lebar. Cocok untuk memberi sinar 1 meter ke arah depan dari spot lampu. Sumber arus DC dari Powerbank.
  • Foto ketiga. Untuk referensi lampu sepeda dengan LED SSC P7. Lampu ini dibeli tahun 2011, mengunakan power DC 7,4V dari 4 baterai lithium kapasitas 4800mAh (4,8Ah). Bias lampu SSC P7 memang berbeda, karena bagian reflektor dibuat gradasi agar cahaya menyebar, sedangkan reflektor LED Cree XM-L2 dirancang halus untuk spot cahaya
Perbandingan cahaya lampu Cree XM-L2 untuk lampu sepeda


Dibawah ini video perbandingan test Cree XM-L2 dengan 2 test dan 1 perbandingan SSC P7.



Dibawah ini lampu SSC P7 yang diulas tahun 2011. Memang bukan tandingan XM-L dengan baterai powerbank.



Disini kami berbagi informasi, lampu sepeda yang ditawarkan memang bervariasi termasuk model dan harga. Setidaknya kita dapat mengetahui, tipe lampu sepeda yang murah dan paling efisien. Disarankan tidak melihat bentuk lampu sepeda yang sama dan harga lebih murah. Karena pabrikan lampu sepeda di China mengunakan case yang sama. Tapi di dalamnya berbeda tipe lampu LED dan driver.

Kualitas lampu
Lampu sepeda dengan LED Ultrafire tidak dirancang untuk sepeda. Karena LED tidak dipasang baut agar panas dapat menyebar dengan baik ke bagian heatsink. Hanya diberikan thermal paste yang dapat mudah dilepas bila tutup lampu tidak kencang.



kualitas lampu sepeda Ultrafire Cree XM-L2

Bila lampu mendapat getaran, heatsink menjadi rengang. Dan panas pada lampu tidak cukup di dinginkan dengan baik. Kerusakan LED dapat terjadi bila panas berlebihan, dan merusak bagin emitter lampu LED.

kualitas lampu sepeda Ultrafire Cree XM-L2


Lampu XM-L2 T6 mati karena overheating
Masalah thermal dan disain lampu Ultrafire. Mengunakan sistem tekanan dari cermin ke bagian lampu dan tutup lampu. Hati hati bila membuka lampu ini. Karena heatsink dapat renggang dan merusak lampu dalam hitungan menit.

Setelah belajar dari kesalahan diatas. Emitter lampu LED Ultrafire diganti dengan yang baru.
Dan memperbaiki disain heatsink agar tidak mudah lepas. Mengunakan Artic Silver thermal paste untuk mengoptimalkan penyebaran panas pada bagian heatsink. Ditambah perekat heatsink thermal Heatsink Plaster Star 922 compound

Selesai pengatian LED dan pemasangan thermal serta lem Star 922 seharian. Lampu kembali menyala.


Biaya perbaikan lampu tidak murah. Emitter XM-L2 baru Rp.77.000, diluar termasuk komponen thermal paste dan solder.

kualitas lampu 
sepeda Ultrafire Cree XM-L2

Tip lampu sepeda tipe Cree XM-L2 Ultrafire
  • Gunakan powerbank dengan output 1Ah. Salah satu powerbank yang mampu memberikan output 2A dari Eser EGL2YB
  • Tapi kemampuan cahaya lampu sepeda XM-L2 dengan powerbank masih kalah kualitasnya dengan SSC P7 yang memiliki cahaya lebih lebar dan power baterai lebih besar 7.4V DC. Tentu tidak dapat dibandingkan dengan lampu $41 dollar vs seratus ribuan.
  • Biaya tidak ekonomis. Bila dihitung 2 baterai lithum (60.000x2) 120.000, case powerbank 1A+ Rp.60.000, lampu Rp.140.000. Total biaya Rp.320 ribu hanya mendapatkan lampu kekuatan dan baterai 5200mAh. Sedangkan biaya lampu sepeda 7,4V.DC dengan cahaya dan baterai lebih berkualitas sekitar 400 ribuan dengan kekuatan baterai 10.000mAh
  • Kualitas lampu sepeda dengan harga 150 ribu tidak memiliki kualitas yang baik. Seperti model Ultrafire ini, bagian heatsink LED hanya ditempelkan dengan thermal-paste. Bila guncangan berlebihan, bagian heatsink dan lampu LED menjadi rengang dan LED dapat rusak (mati) karena kepanasan.
  • Masalah kedua. Seperti disain senter dengan lampu LED Cree XML. Bila senter terjatuh maka lampu dapat tiba tiba mati. Masalah ada pada disain lampu dan reflektor, getaran lubang reflektor dapat mengeser posisi LED. Dimana pengendara sepeda akan menyala lampu dan getaran di stang depat dapat menganggu posisi emitter LED. Intinya jangan membuka tutup lampu bila tidak mengerti konstruksi lampu Ultrafire ini.
  • Saran terbaik. Beli lampu sepeda berkualitas, harga murah tidak menjamin kualitas produk yang baik. Seperti lampu sepeda dipaket dengan baterai dan cahaya yang diberikan lebih terang. Sejalan pemakaian, baterai lithium akan lemah dan perlu diganti. Tapi banyak ukuran baterai 18650 yang dijual di pasaran. Dengan pengetahuan elektronik, kita dapat menganti baterai lama. Biaya lampu sepeda seperti model SSC lebih menjamin. Dan kami memiliki satu model sudah digunakan sejak 4 tahun lalu dengan pengantian 4 baterai lithium sendiri.

Catatan. Sebelum membeli lampu tipe Cree XM-L2 atau XML-T6. Sangat di sarankan menanyakan kepada penjual, apakah mereka memberikan garansi. Bila tidak memberikan jaminan atau sudah diberikan keterangan tidak diberikan garansi, sebaiknya tidak membeli. Karena disain lampu sepeda murah tidak menjamin kualitas yang anda inginkan.