Goesbike - http://www.goesbike.com
Membuat tali untuk powerbank di sepeda sebagai sumber lampu sepeda
http://www.goesbike.com/articles/3583/1/Membuat-tali-untuk-powerbank-di-sepeda-sebagai-sumber-lampu-sepeda.html
- -
Screw Man. With cycling hobby, and provide information to everybody with http://Goesbike.com.
 
By - -
Published on 5 May 2017
 
Bagaimana membuat tali untuk powerbank di sepeda. Dan dapat digunakan untuk lampu sepeda. Idenya sederhana, dan bisa dibuat sendiri. Dengan ban bekas sepeda, jarum, tali dan pastinya alat serba guna Velcro

Cara membuat tali atau tas kecil untuk powerbank sebagai sumber lampu sepeda
Anda tertarik membeli lampu sepeda untuk berkendara di malam atau pagi hari.

Tujuannya tentu untuk menerangi jalan, dan posisi sepeda terlihat oleh pengendara kendaraan bermotor lain.

Lampu sepeda tipe Cree XML T6 banyak dijual, mengunakan power USB Powerbank. Rata rata kebutuhan power lampu sepeda tipe Cree XML-T6 tersebut memerlukan power 5V dengan daya 500-600mAh.

Tapi kita akan ragu, bagaimana menempatkan powerbank di sepeda. Meletakan powerbank sebagai sumber power lampu, paling mudah ditaruh di kantung belakang sepeda.
Tapi jarak tersebut terlalu jauh, karena kabel lampu sepeda dengan power USB hanya sekitar 1 meter.

Jarak ideal dengan menempatkan powerbank sebagai sumber lampu, ditempatkan di bagian tengah sepeda, seperti tiang frame. Dan jarak paling dekat pada stang sepeda dan berdampingan dengan lampu sepeda .



Kami mencoba mencari kantung untuk powerbank ukuran 2 baterai, ternyata tidak mudah. Ukuran tidak tepat, harus dimodifikasi, tapi ada yang tepat hanya harganya yang tidak tepat.

Setelah melakukan eksperimen membuat ukuran Velcro menjadi lebih besar untuk lampu dari artikel sebelumnya.

Akhirnya muncul ide bagaimana membuat gantungan baterai untuk lampu dengan powerbank. Tapi mengunakan bahan tambahan yaitu bahan karet ban bekas sepeda.

Bahan membuat tas atau tali power lampu sepeda

Jarum, atau socket bila tertarik mengunakan benang jahit yang kuat seperti benang untuk sepatu. Banyak ditemukan di pinggir jalan.
Ban bekas, atau bisa membeli di tukang tambal ban sepeda atau motor, atau sisa dari bekas ban anda yang sudah bocor.
Velcro untuk menutup sambungan dan merekatkan karet agar tidak lepas.
Benang, boleh dipertimbangan sendiri. Dapat mengunakan benang untuk sepatu atau benang biasa. Asalkan kuat untuk menahan tarikan karet ban sepeda.



Tip membuat ukuran kabel ban untuk power dari powerbank. Diukur kira kira berapa panjang karet ban yang anda inginkan dengan ukuran powerbank dan letak penempatan powerbank di sepeda.
Untuk saran, membuat lebih panjang sampai 1 meter tali karet ban tidak masalah. Karena lebih mudah melilitkan karet pada bagian powerbank lebih kuat.
Pastikan ketika dipasang nanti, bodi powerbank tidak merusak bodi frame sepeda. Rancangan dapat dibuat sendiri.

Tahap pertama membuat tali penahan powerbank di sepeda. Setelah membuat ukuran potongan panjang dan lebar, jahit bagian Velcro di kedua ujung ban sepeda.
Biarkan separuh ukuran Velcro tidak dijahit, dan bagian lain yang dijahit beberapa kali untuk menyambung ban sepeda ke Velcro



Selesai membuat, hasilnya dibawah ini. Dan sudah selesai, Powerbank tinggal dipasang di frame sepeda



Cara pemasangan tali untuk penahan powerbank sebagai sumber lampu di sepeda

Ada beberapa cara dan disain
Ukuran pendek, lebih mudah dan rapi. Powerbank di tempelkan ke bodi frame sepeda. Lalu di ikat dengan tali buatan sendiri. Tetapi kami mengingatkan, hati hati dengan bodi frame sepeda. Ketika bersepeda, maka bodi powerbank dapat bergetar. Di khawatirkan akan mengores frame sepeda.
Ukuran panjang. Untuk melindungi bodi frame sepeda. Disarankan membuat ukuran lebih panjang misalnya sampai 1 meter. Sebelum menempatkan powerbank, ikat bagian karet ke frame sepeda, baru ditempatkan powerbank dan di ikuat kembali. Sehingga tali karet untuk penahan powerbak, sebagian berada di dalam untuk mencegah frame tergores.



Dibawah ini hasil yang di dapat bermodalkan karet bekas ban dalam untuk menahan powerbank di sepeda.

Ditempatkan di bagian down tube, atau frame bagian bawah. Misalnya dekat pompa ban sepeda.



Atau ditempatkan di atas stang sepeda. Posisinya terserah anda, port USB dapat arahkan ke depan atau menghadap belakang.
Atau di sembunyikan di bawah stang sepeda. Terserah anda, ini hanya ide saja.



Seperti gambar dibawah ini. Posisi lampu dan powerbank dipasang berdampingan. Bila stang sepeda memiliki spacer cukup panjang, bisa ditempatkan pada bagian tiang ster tersebut.



Tip memasang karet ban dalam untuk penahan powerbank di frame sepeda dapat dilihat di video dibawah ini


Informasi

  • Artikel ini untuk memberikan informasi, bagaimana memasang powerbank di sepeda. Setidaknya anda belum mendapatkan tas khusus untuk baterai powerbank.
  • Idenya tidak terbatas dari disain diatas. Karena disain yang ada hanya untuk mencoba seberapa kuat tali karet yang dibuat untuk menahan beban powerbank. Rancang sesuai keinginan anda, misalnya memberikan pelindung agar tidak terjadi gesekan antara powerbank dan cat frame sepeda.
  • Untuk sumber power lampu sepeda dengan powerbank. Pastikan berapa arus yang dibutuhkan, sebaiknya mengunakan powerbank dengan output lebih besar dari 1Ah. Dan beberapa model powerbank dapat memberikan output 2A untuk 2 port USB. Lampu sepeda terang umumnya mengunakan tipe LED Cree XML2 T6 , kdengan kebutuhan power minimum 5V / 600mAh.
  • Biaya lampu sepeda adalah baterai, hanya ekonomis bila anda sudah memiliki powerbank dengan 2 baterai. Sedangkan harga lampu sepeda tipe Cree XML T6 sekarang hanya Rp.100k. Beberapa paket lengkap lampu sepeda yang terang dengan LED Cree XML T6 L2 ditawarkan sekitar 200-350 ribu.
  • Bila belum memiliki semua komponen diatas seperti Powerbank, lampu, dan Velcro. Karena biayanya nanti tidak lebih ekonomis dibanding membeli paket lampu sepeda lengkap.
  • Disain ini tidak diperuntukan medan trail dan kondisi hujan. Disarankan membeli lampu sepeda lengkap yang sudah jadi.