Bagaimana memasukan data GPS ke video, memasukan kecepatan speedometer di video. Atau mengabung peta di video.

Virb Edit adalah software gratis dari Garmin. Dapat dimanfaatkan untuk proses editing, dan mengabung kecepatan, ketinggian,  peta dan tampil dalam sebuah video.

Untuk mengabung video dan GPS, diperlukan camera yang memiliki internal GPS. Atau camera biasa dibantu dengan perangkat smartphone.

Software Virb Edit dapat mengabungkan keduanya, dengan gambar visual dari video dan data angka dan peta untuk tampil bersamaan di sebuah video.

Sekilas tampilan visual speed dan video dari data GPS di video

Teknologi visual di video lebih umum dikenal dalam perlombaan balap. Seperti menampilkan gigi, kecepatan di sebuah kendaraan atau pembalap sepeda. Atau di kelas Daytona atau perlombaan rally dimana semua sistem mesin juga ditampilkan, dari kecepatan RPM, kecepatan dan lainnya. Atau di dunia aerobatik penerbangan, penonton dapat melihat seberapa cepat pesawat melaju, kecepatan putaran baling dan naik turun yang disebut elevasi. Dimana data yang direkam dicatat bersamaan dengan waktu perekaman video. Data tersebut digunakan oleh tim dalam menganalisa kemampuan personal.
Teknologi tersebut mengunakan telemetri, kalau ditanya tentu rumit. Karena mengunakan sensor di berbagai tempat dari sebuah mesin, pedal dan lainnya.


Fungsi lain, agar penonton dapat melihat seperti apa kecepatan kendaraan dan teknik dari pengemudi, seakan menampilkan tayangan lebih hidup.

Beberapa tahun lalu teknologi Action Cam juga mengikuti sistem ini. Camera dipasangkan perangkat GPS dan memasukan data telemetri tambahan. Bedanya tidak mengunakan instrumen serumit kelas profesional. Tetapi hanya mencatat data kecepatan, rotasi dan lainnya langsung ke dalam video.
Tujuannya agar data GPS yang dicatat camera nantinya dapat ditayangkan bersama video. Apa manfaatnya, untuk kelas profesional lebih praktis melihat data rekaman camera dengan perangkat GPS dalam menganalisa kelemahan dirinya. Di dunia umum tentu saja untuk memperindah tayangan video.

Teknik telemetri tidak terbatas bagi perangkat yang memiliki GPS atau terhubung ke perangkat telemetri.
Kita dapat menambahkan sendiri telemetri sederhana dalam sebuah video, seperti data kecepatan dalam bentuk gambar speedometer di video, elevasi, sudut kompas dan lainnya. Walau tidak memiliki perangkat khusus seperti kelas profesional, tampilan visual sederhana tersebut dapat diproses dari computer kita sendiri.
Caranya dengan mengunakan 2 alat. Pertama camera tentunya, untuk merekam video dari aktivitas. Kedua alat GPS recorder atau GPS Logger dengan bentuk smartphone dan sebuah aplikasi Android.

Teknik yang sama dari aplikasi GPICsync, tapi khusus untuk fotografi. Seseorang melakukan perjalanan, dan merekam data lokasi GPS dengan smartphone sambil mengambil foto. Setelah kembali ke rumah, data lokasi pengambilan foto dapat dimasukan ke dalam foto untuk menunjukan dimana foto diabadikan.

Agar tidak membingungkan. Video untuk merekam gambar adalah alat berbentuk camera. Alat telemetri adalah smartphone kita dengan mengaktifkan GPS mengunakan aplikasi khusus.

Untuk smartphone tentunya tidak perlu dijelaskan. Sedangkan data GPS dapat direkam mengunakan aplikasi GPS Android seperti beberapa contoh dibawah ini
  • Maverick Android
  • MapsWithMe Android
  • MyTrails Map Android
  • Gaia GPS Android
  • Strava Android
Ceritanya seperti ini.
Ketika kita merekam perjalanan, misal dengan sepeda, mendaki gunung, atau berjalan-jalan dan merekam aktivitas tersebut sepanjang jalan dengan camera. Kita ingin orang lain melihat kemana saja arah perjalanan kita, kecepatan ketika bersepeda, sudut menanjak atau menurun, kompas, sudut ketinggian dan lainnya.
Karena camera biasa tidak memiliki data lokasi, kecepatan dan lainnya, serta hanya untuk mengambil gambar saja.
Kita dapat memanfaatkan alat kedua, dengan merekam dari smartphone. Dan dari smartphone ini mengunakan beberapa aplikasi Android yang disebutkan diatas, akan mencatat lokasi kemana kita pergi. Dari software nantinya dapat dihitung berapa perkiraan kecepatan, naik turun dan lainnya.

Yang menjadi pertanyaan kita, bagaimana mengabungkan data antara video dan data GPS, sebagai contoh kita ingin menampilkan kecepatan selama bersepeda, termasuk lintasan ketika berbelok.
Caranya rekaman video dibuat sinkronisasi dengan data dari GPS. Walau teknik yang digunakan manual, alias di buat sendiri dengan bantuan sofware lain.
Software ketiga ini adalah Virb Edit yang dibuat perusahaan Garmin pembuat perangkat GPS. Software tersebut gratis dan dapat di download, dengan minimum OS Windows 7.

Perangkat yang dibutuhkan

  • Video dari camera. Dapat direkam dari smartphone, Action Cam, Camcorder atau apa saja. Selama dapat mengambil video. Beberapa perangkat dari Garmin Virb memiliki internal GPS
  • Data rekaman GPS. Karena perangkat camera tidak merekam data GPS. Diperlukan perangkat lain, seperti Aplikasi GPS Android atau GPS Handheld. Untuk aplikasi merekam GPS banyak tersedia bagi smartphone Android

Proses hardware

  • Windows 7
  • Dual core proesor
  • 4GB RAM
  • Resolusi monitor 1280x720p / HD
  • Software Windows Media Player 11, dan Microsoft .Net Framework 4.6

Setelah memiliki 2 data dari visual video dan data visual GPS. Sekarang tahap untuk mengabung data Video dan GPS.

Tahap awal mengunakan Virb Edit dengan memasukan video
Buat projek video dan berikan nama di aplikasi Virb Edit

Add video Virb Edit

Click Import Clips & Foto, yang dimaksud untuk memasukan video.


Setelah video tampil, drag dan drop ke bagian timeline video untuk di edit.

Edit video di Virb Edit

Virb Edit memiliki pilihan untuk editing, seperti rotasi gambar, split dan lainnya. Tapi bagian penting disini adalah menu G-Metrix

Click menu G-Metrix , click di bagian data. Dan insert dengan data GPS yang sudah direkam dari smartphone. Virb Edit dapat menerima file dalam format FIT dan GPX.
Bile file GPX tidak kompatibel / tidak dapat dibaca dengan software Virb Edit. Agar file GPX dapat dibaca oleh software, maka file GPX harus di konversi ke format FIT yang lebih umum. Dapat mengunakan layanan berbasis website dari GPSies

Setelah file GPX atau FIT dimasukan akan tampil 2 layar. Sinkronisasi / cocokan posisi pengambilan video dengan lokasi rekaman GPS, agar posisi video dan data GPS kira kira tepat pada posisi yang sama.


Selesai melakukan sinkronisasi data GPS dan Video
Click bagian Template, Gauges dan Appearance untuk warna.
Akan tampil beberapa gambar seperti speedometer (Gauge), peta, elevasi dan variasi gambar lainnya. Drag dan Drop gambar yang ada lalu tempatkan dimana akan ditempatkan pada video.
Bila salah memasukan gambar atau data, click kanan pada data di layar video (bagian kanan), akan muncul pilihan dan salah satunya Delete.



Selesai memasukan visual yang dibutuhkan. Proses akhir adalah Export di menu kanan atas


Akan muncul pilihan seperti ukuran video dan Virb Edit dapat memproses video sampai 4K, kecepatan frame rate (sampai 240fps).
Bila video yang dibuat nantinya untuk proses editing selanjutnya, sangat disarankan memilih opsi Target Quality Max.
Selesai memasukan ukuran video, Export dan proses video yang disatukan dengan data GPS akan di render.
 



Untuk proses sinkronisasi dari proses awal memasukan video, memasukan data GPS dan sinkronisasi antara video dan GPS. Lebih mudah melihat video dibawah ini.



Kata akhir dengan Virb Edit

  • Apakah smartphone dapat merekam langsung dan menampilkan data telemetri GPS. Tentu saja ada, video direkam langsung dan menampilkan speed, peta serta data visual lain. Perbedaan mengunakan Virb Edit adalah mengabungkan rekaman video yang bukan dari smartphone, sedangkan smartphone berfungsi merekam data GPS
  • Dengan tampilan gambar speedometer, peta, ketinggian yang direkam dari data GPS smartphone dan tampil di video. Dapat memberi informasi lebih banyak di dalam video.
  • Agar data GPS lebih mendekati angka akurasi, setting recording data dari aplikasi smartphone agar di setting GPS dengan durasi lebih cepat seperti 2-3 detik
  • Virb Edit adalah software editing video yang sederhana. Memiliki fitur output ke Youtube, Twitter dan media sosial lain
  • Proses render video cukup lama untuk menampilkan video dengan data gambar speedometer, peta dan lainnya menjadi sebuah video
  • Jangan mengunakan camera dengan data GPS hanya untuk menampilkan kecepatan kendaraan. Karena data GPS belum tentu akurat.