Suspensi IFP atau Internal Floating Piston dikembangkan di model suspensi sepeda modern.

Biasanya diteletakan dibagian untuk meredam getaran, dan minyak suspensi.

Ketika mendapat tekanan, minyak akan tertekan untuk meredam dan pindah ke bagian cadangan. Biasanya botol peredam ditempatkan dibagian luar.
Artinya ada bagian yang perlu untuk menahan tekanan cairan tersebut sehingga disain suspensi belakang sepeda dibuat lebih rumit.

Untuk suspensi model lama, terutama sistem fork depan. Memiliki ruang terbuka dan minyak atau gas akan ditekan akibat tekanan suspensi. Untuk peredam dengan cairan minyak, bila adanya gelembung yang mengambang, gelembung tersebut dapat tertarik kembali ke dalam sistem peredaman suspensi. Dampaknya kinerja suspensi akan kurang efektif.

Solusinya dengan IFP.


Rockshox Vivid IFP adalah salah satu suspensi dengan teknologi baru untuk meredam getaran, dan ditempatkan untuk suspensi belakang sepeda.

Rancangan dipisahkan antara ruang nitrogen bertekanan dengan sisi lain dengan minyak
Bagian suspensi dengan pendorong minyak berguna untuk rebound atau mengembalikan posisi suspensi seperti semula.
Disini bagian pelumas suspensi harus di buat kedap agar tidak bercampur dengan gelembung.

Tetapi ada 2 fitur dari sistem IFP model lama. Karena tekanan balik IFP bisa mencapai 300psi, dan memberikan dorongan ekstra pada sistem suspensi.

X-Fusion menciptakan IFP dengan 2 tahap. Tahap pertama pendorong dengan tekanan rendah, sehingga memudahkan pergerakan minyak suspensi, dan tekanan lain lebih tinggi untuk mencapai stroke penuh.

Rockshox memiliki CounterMeasure. Seperti pegas negatif di ruang minyak dan menyeimbangkan tekanan IFP.

Suspensi IFP Internal Floating Piston

Piston Floating yang mengambang.
Ketika suspensi dibuat dengan 2 ruangan antara minyak dan gas nitrogen. Tekanan suspensi harus dibuat sangat rapat. Gerakan cepat piston penopang akan mengalami gesekan dan panas sampai akhirnya menyebar ke seluruh sistem.

Dibawah ini disan dari Specialized Brain dengan pistong Floating. Dibuat dengan sebuah pipa yang menghubungkan 2 tabung suspensi.

Specialized Brain Floating Suspensi

Fox mengembangkan Brain dengan 2 tabung tanpa pipa dalam satu unit

Fox Brain Floating Suspensi


Solusinya dengan menciptakan satu ruang kosong yang mengandung gas nitrogen. Membuat gesekan lebih minimal dan tidak terjadi panas. Mengapa bahan suspensi mengunakan gas nitrogen. Karena molekul oksigen lebih besar, sedangkan gas nitrogen memiliki molekul lebih rapat serta membat friksi lebih rendah. Disini menjadi pemberitahuan bagi penguna suspensi IFP tidak dapat mengisi ulang gas di dalam suspensi. Selain harga suspensi ini jauh lebih mahal dari sistem suspensi angin biasa.