Goesbike - http://www.goesbike.com
Belanda jalan sepeda campuran kertas toilet
http://www.goesbike.com/articles/3648/1/Belanda-jalan-sepeda-campuran-kertas-toilet.html
- -
Screw Man. With cycling hobby, and provide information to everybody with http://Goesbike.com.
 
By - -
Published on 23 October 2017
 
Banyak solusi daur ulang sampah untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku jalan. Dari filter puntung sampai kantong plastik. Negara belanda tidak membuang waktu untuk proyek percontohan, kali ini mengunakan kertas toilet bekas untuk dijadikan penguat dibagian aspal jalan.

Banyak solusi daur ulang sampah untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku jalan.

Dari filter puntung sampai kantong plastik. Negara belanda tidak membuang waktu untuk proyek percontohan, kali ini mengunakan kertas toilet bekas untuk dijadikan penguat dibagian aspal jalan.

Jalan untuk sepeda sepanjang 1 km mulai di uji coba dengan tambahan bahan kertas toilet.

Mungkin kita bertanya. Aspal jalan adalah campuran batu, pasir dan aspal cair yang menampung semuanya. Dengan dosis selulosa atau serat tumbuhan, membuat aspal menempel pada batu sebelum mengeras. Selulosa memiliki manfaat untuk menghapus air ketika hujan, dan membuat jalan tidak terlalu licin.



Sampah kertas toilet adalah sumber selulosa yang berlimpah. Dibelanda saja setiap tahun terdapat 180 ribu kertas toilet terbuang begitu saja.
Pabrik air limbahbiasanya menyaring kertas toilet, dan mengeringkan lalu membakar.

Mereka yang jenius di balik program percontohan KNN Cellulose aand CirTec memutuskan membuat daur ulang kertas toilet. Mereka membersihkan, mensterilakn, memutihkan dan mengeringkan kembali sebelum menjadi bahan serat tinggi.

Bagaimana dengan proses daur ulang, apakah mengunakan energi lebih besar. Sarah Bell dosen senior teknik UCL mengatakan siklus untuk daur ulang selulosa lebih besar dampaknya dibanding proses daur ulang itu sendiri.

Beberapa negara lain lebih memilih menghapus pemakaian kertas toilet di tempat umum. Thailand menyediakan selang air, dan Jepang mengunakan semprotan air otomatis.
Di Belanda tidak mudah merubah kebiasaan masyarakat untuk menghentikan pemakaian kertas toilet. Jadi masing masing negara bervariasi dengan presepsi kebersihan.