Di Inggris, bersepeda di jalan raya, paling beresiko ada di tikungan atau persimpangan.

Sebagian besar kecelakaan disebabkan pengemudi kendaraan yang tidak mau melihat, dan menabrak pengendara sepeda.

Maslah muncul karena sudut persismpangan terdapat blank spot atau tidak terlihat oleh pengemudi.

Pengemudi hanya melihat posisi 69 derajat.  Pengemudi lebih mengawasi di sisi depan atau bayangan yang tidak terlihat, karens sudut pengemudi melihat mengalami visual lebih rendah dari 27 derajat ketika kendaraan masih berada jauh dari tukungan dan semakin dekat visualnya semakin pendek 19 derajat.

19 derajat dengan sudut pandang yang lebih sempit, pengemudi tidak melihat pengendara sepeda yang mendekat bersamaan di tikungan jalan.

Ketika pengendara mobil berjalan mulai melakukan perjalananan dengan kecepatan 50km perjam. Dan semakin mendekat ke persimpangan jalan, ada bagian yang tidak dapat diawasi oleh pengemudi.

Kecelakaan di jalan terjadi akibat sudut kemiringan jalan tidak tepat 90 derajat atau saling tegak lurus. Beberapa kecelakaan fatal terjadi pada jalan yang memiliki sudut dseperti gunting.


Bila rute perjalanan bersepeda anda memiliki jalur seperti persingungan diaatas. Sebaiknya berhati hati, karena pengemudi tidak dapat melihat dengan jelas dimana posisi pengendara lain.

Data dari National Transportation Safety Board Amerika

Pengemudi yang menyalip sepeda penyebab terbesar kecelakaan bagi pengendara sepeda, kata sebuah studi yang dirilis Selasa oleh Dewan Keselamatan Transportasi Nasional.


Keselamatan sepeda adalah masalah yang berkembang dan tampaknya semakin mengkhawatirkan, dan, dewan melaporkan, "data saat ini yang tersedia kemungkinan mengabaikan tingkat aktivitas bersepeda di Amerika Serikat."

Pada 2017, 806 kecelakaan fatal pengendara sepeda dalam tabrakan dengan kendaraan bermotor, ditemukannya “sebanding dengan kematian akibat kecelakaan kereta api atau laut dan lebih dari dua kali jumlah kecelakaan fatal akibat penerbangan di tahun yang sama.” Pada 2018, kecelakaan fatal melonjak menjadi 857, tertinggi sejak 1990.

"Jika kita tidak meningkatkan infrastruktur jalan untuk pengendara sepeda, pengendara sepeda akan mati siapa yang akan melakukannya," kata Ketua NTSB Robert Sumwalt.

Laporan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional baru mengatakan "pengendara sepeda motor menyalip pengendara sepeda" sejauh ini menjadi penyebab utama kecelakaan fatal sepeda antara 2014 dan 2016 secara nasional. Robert Mittendorf The Bellingham Herald

"Jika kita tidak meningkatkan pengendara sepeda (visibilitas), pengendara sepeda yang mengalami kecelakaan fatal ," katanya kepada dewan saat bertemu hari Selasa untuk membahas laporan tersebut. "Jika kita tidak bertindak untuk mengurangi cedera kepala untuk lebih banyak pengendara sepeda, kecelakaan pengendara sepeda terus bertambahan"

Dia mencatat bahwa "jika kecelakaan sepeda tidak dapat dicegah, kita tahu bahwa perlindungan terbaik untuk pengendara sepeda selalu mengenakan helm."

Temuan laporan yang menunjukkan bahwa "pengendara motor menyalip pengendara sepeda terus bertambah" sejauh ini menjadi penyebab utama kematian sepeda antara 2014 dan 2016. Sebagian besar kecelakaan terjadi di blok tengah. Atau terjadi di perempatan / persimpangan jalan.



"Dalam sekitar sepertiga dari kasus di mana pengendara sepeda meninggal dalam kecelakaan yang melibatkan kendaraan bermotor menyalip sepeda, pengemudi melaporkan tidak mendeteksi / melihat pengendara sepeda sebelum kecelakaan," dewan melaporkan.

Tertinggal sebagai penyebab kecelakaan fatal adalah masalah dengan jalur sepeda ketika pengendara sepeda akan berbelok atau kendaraan lain yang berbelok.

Ivan Cheung, seorang analis penelitian transportasi papan, mencatat bahwa jalur sepeda yang terpisah menjadi langkah besar dalam membantu membuat pengendara sepeda lebih aman. Tetapi dari 35 negara melaporkan merekomendasikan jalur tersebut, hanya empat negara bagian yang menginstalnya untuk jalur sepeda khusus di jalan raya negara.

League of American Bicyclists menemukan Bellingham sebagai kota ramah sepeda ketujuh di negara bagian Washington, dan Washington menduduki peringkat teratas di antara negara-negara di antara komunitas yang ramah sepeda, menurut kisah Herald sebelumnya. Dan, menurut Survei Komunitas Amerika 2014, Bellingham menempati urutan ke 21 di antara kota-kota AS yang lebih besar dari 65.000 populasi dengan tingkat perjalanan sepeda paling tinggi.

Bellingham saat ini memiliki 75 km yang disebut jalur khusus "bikeways" - termasuk "boulevards sepeda" di jalan-jalan perumahan dan jalur sepeda terpisah di jalan-jalan yang lebih ramai - di sepanjang 1000 km jalan-jalan kota, menurut Laporan Transportasi 2019 tentang Mobilitas

“Sebagai pendukung untuk bersepeda dan keselamatan sepeda, Liga merekomendasikan agar orang mengenakan helm saat mengendarai dan yang paling penting