Joshua Cunningham di tahun 2015 berkendara sepeda dari London Inggris ke Hong Kong.

Perjalanan menempuh 12 bulan sepanjang 12 ribu km.

Awal perjalanan yang jauh Joshua mulai dengan perasaan gentar. Tapi sampai beberapa malam dia mengatakan merasakan kebiasaan.

Ketika anda melakukan perjalanan dan bertemu banyak oarng, ada perasaan terima kasih kepada mereka dan berhutang budi karena kebaikan orang orang asing.
Begitu banyak bantuan dan keramahan dari mereka. Pada dasarnya sebagian besar orang yang ditemui sangat baik.

Di Azerbaijan, ketika Joshua berhenti di pinggiran kafe. Pemiliknya memberi teh hangat. Memberikan tempat tidur, pemanas dan mengucapkan selama malam sebelum tidur.


Turki menjadi tantangan. Cuaca dingin bulan Maret, hamparan puncak gunung tertutup salju membuat perjalanan terasa sangat sulit. Tapi masih lebih baik dibanding melintas di jalur tanah yang harus lebih sering membersihkan roda.

Sampai di semenanjung Laut Kaspia, melakukan perjalanan dengan kapal barang selama 3 hari dari Azerbaijan. Dan tiba di Kazakhstan, perjalanan belum berakhir dan masih ada ribuan km di depan. Di kota Uzbek banyak ditemukan oasis kehidupan yang ramah, dan meluangkan waktu untuk berhenti.

2 minggu melintas di wilayah Tajikistan, Dushanbe mulai memasuki daratan tinggi Pamir.  Joshua harus memperbaiki sepeda, memasok persediaan makanan, dan proses panjang untuk Visa memasuki Pakistan.

Keluar dari Pakista dari kekacauan lalulintas kota. Masuk ke wilayah India dan mampir di kuil emas salah satu kuil paling suci di Sikhisme.
Perjalanan memasuki wilayah utara India, dimana pengunungan Himalaya berada.
Lembah Kinnaur adalah tempat sangat menarik, dan salah satu jalan paling terjal antara perbatasan Tibe ke kota Shimla.

Burma tidak mudah masuk ke negara tersebut untuk mendapatkan Visa, izin perjalanan dan menyeberang perbatasan melalui jalur terpencil. Semua harus di negosiasikan.

Keluar dari Burma melasuki wilayah pegunungan tinggi Xinjiang. Satu tahun telah berlalu dengan sepeda menempuh jarak 21 ribu km dan 26 negara. Semua dilakukan Jos diatas roda sepeda akhirnya dia tiba di Hong Kong.

Joshua akhirnya membuat sebuah buku perjalanan dengan sepeda.


Joshua Cunningham keliling separuh dunia dengan sepeda Londong Hongkong