Bersepeda keliling dunia sudahbanyak dilakukan. Untuk rekor yang satu ini hanya dipegang oleh Stucke. Biker asal Jerman telah memegang rekor "most traveled man in history" . Dia baru saja mampir di Kanada, kakinya sudah menapak ke seluruh penjuru dunia.
Stucke berumur 70 tahun pada 11 Januari lalu, dia mengendarai sepeda sejak tahun 1962. Dalam catatannya sudah menempuh 350 ribu mil selama 50 tahun hidupnya.
Bukan saja sangat jauh dan lama bersepeda. Dia mengunakan sepeda yang sama. Sepedanya pernah dicuri, tetapi ditemukan kembali pada tahun 2006. Sepedanya sempat menghilang ketika dia sedang berkemah di Portsmouth negara Inggris.

Sepedanya dibuat secara khusus oleh perusahaan Jerman. Memiliki 3 kecepatan sepedanya lumayan berat 55 pound. Karena perlu diperkuat pada bagian frame,  jari jari sepeda dan bagian bagasi. Foto dibawah ini ketika si Stucke sedang di India pada tahun 1991.
Perjalanan terbarunya, Stucke baru saja berkunjung ketempat temannya di Hongkong dan Jepang. Kali ini Stucke membawa sepeda lipat merek Brompton, agar lebih mudah dibawah di dalam pesawat.

Seperti pengalaman pengendara sepeda lainnya, Stucke memiliki banyak cerita. Seperti dia diserang di Chili, pernah dikejar masyarakat di Haiti, melihat gunung berapi di Amerika Tengah dan sebagainya.





Heinz Stücke website.