Masih mengunakan grupset lama di era 2000an. Salah satunya RD Shimano mengunakan disain Derailleur dengan spring pada hanger.

Per penahan ditempatkan di dua bagian, satu di hanger dan satu di dalam pemindah gigi Derailleur.

Model Shimano Shadow Derailleur sudah meninggalkan sistem per, dengan memindahkan per di tengah pemindah gigi.

Shifter gigi dan RD model lama dan barui

Pernah mengalami gigi sepeda sulit pindah ke gigi besar setelah anda melakukan dengan roda belakang.

Seperti mencuci sepeda, menganti ban belakang, atau melepas roda belakang untuk dibersihkan, lalu dipasang kembali.

Tetapi shifter tidak dapat bekerja normal.

Pemindahan ke gigi / ring kecil tidak masalah, tapi memindahkan gigi belakang ke gigi besar tidak dapat berpindah.

Umumnya pemindahkan gigi tidak dapat naik, seperti tertahan di gigi ke 3 besar atau tidak dapat naik sampai ke gigi 1 besar.

Bila sepeda anda sudah cukup lama, mungkin sudah 8-9 tahun tapi tidak pernah diberikan pelumas.


Shifter gigi sepeda tidak memindahkan gigi

Masalah Derailleur macet dapat terasa seperti
Memindahkan gigi tidak terlalu mulus.
Ketika memindahkan gigi, bagian Derailleur belakang seperti tersangkut dan menahan rantai sementara tekanan dilakukan pada pedal.
Setelah berkendara biasa, tiba tiba Derailleur tertahan pada gear sedang atau kecil. Dan tidak dapat naik bagian atas (gear besar).

Coba dengan tip ini.

Masalah gigi tidak dapat berpindah bukan disebabkan tarikan shifter bermasalah. Tapi dibagian dari komponen Derailleur macet.

Khususnya ketika melepas ban, maka posisi Derailleur akan tertarik oleh per ke posisi atas. Disebabkan per dari shifter menarik tanpa tidak ada tahanan pada bagian rantai.

Setelah roda sepeda belakang dipasang lalu shifter tidak dapat memindahkan gigi ke bagian besar.


Ketika pergerakan gigi naik dari gigi besar nomor 3 atau nomor 4 menuju nomor 1 paling besar. Shifter terlihat kendor, dan tidak menarik Derailleur pemindah gigi.
Bisa juga kondisinya terbalik, bila sepeda mengunakan tipe Derailleur yang mengangkat ke gigi kecil pada posisi Rest.

Kita baru mengetahui ketika sedang mengendarai. Memindahkan gigi ke gigi besar untuk menanjak.
Bagian Derailleur terasa mengantung tidak perpindah ke gigi 3 besar terakhir, setelah di lihat dengan seksama ternyata kabel shifter tidak tertarik.

Sambil memeriksa dibagian per Derailleur, kabel shifter dalam kondisi baik. Tapi melihat bagian per terlihat tidak menarik. Jangan jangan per tersebut sudah rusak atau lemah.
Jangan terburu-buru mengambil kesimpulan masalah di bagian per, dan membeli Derailleur baru. Mungkin saja seperti kasus yang ditemukan ini.

Coba lihat kembali bagian penahan Derailleur, kapan terakhir diberikan pelumas. Untuk memastikan masalah Derailleur tidak bekerja dengan semestinya, akibat macet.
Caranya dengan mendorong bagian Derailleur ke arah belakang dan kembalikan ke posisi semula. Dapat dilakukan antara 3-4 kali.

Coba kendarai kembali sepeda atau memeriksa dengan memutar pedal dan memindahkan gigi dari shifter. Bila semua gigi dapat dipindahkan oleh Derailleur setelah mendorong Derailleur.
Mungkin disini masalahnya, cukup memberikan pelumas dari bagian yang tertahan tersebut. Tepatnya ada di dekat Hanger. Sambungan antara frame sepeda ke bagian shifter.

Masalah gangguan shifter terhadap sambungan Derailleur dengan hanger dengan mudah diperbaiki dengan memberi pelumas. Jadi tidak perlu merubah bagian apapun, bagian Derailleur kadang dapat macet akibat kotor, kurang pelumas. Walau perubahan gangguan pada gigi belakang sepeda tidak terlalu signifikan. Dapat terasa gangguan seperti yang disebutkan diatas.

Tip video dibawah ini dapat dicoba, khusus tipe Derailleur model lama dari Shimano. Bisa masalah tidak terselesaikan dengan teknik dibawah ini. Mungkin ada maslah lain dari Derailleur
Bila masih bermasalah, mungkin sudah waktunya anda menganti RD.