Ini yang unik tentang sepatu. Bila anda memiliki sepatu, pernah mengalami sol sepatu mengelupas.

Bukan di satu dua bagian tapi nyaris di semua tepi sol karet sepatu. Selurub bagian tepinya benar benar lepas dalam waktu bersamaan.

Ketika penulis membeli sebuah sepatu gunung merek lokal, dan digunakan untuk bersepeda. Dengan harga obral 175 ribu, terlihat sepatu dibuat sangat kokoh.

Selama satu tahun pemakaian, sekitar 4 - 6 kali di pakai. Kondisi sepatu masih baik. Lewat dari setahun, ketika sepatu digunakan untuk berjalan di pinggir hutan dan bertepatan gerimis nyaris di sepanjang jalan, tentunya perjalanan sambil mendorong dan mengangkat sepeda.
Kembalinya, salah satu sepatu dengan separuh bagian sol sepatu terbuka. Ok mungkin karena merek lokal, tidak sekuat buatan luar negeri.

Sepatu lain yang dibeli pada tahun 2011. Yang ini merek produsen terkenal.


Yang satu ini memiliki pemakaian dengan durasi yang sama, tidak lebih dari 20 kali digunakan. Waktu berbeda, sepatu lebih banyak nongkrong di rak sepatu

5 tahun berlalu dan di tahun-tahun terakhir tidak digunakan karena lebih banyak bersepeda di dalam kota. Setelah dilihat kembali, bagian sol sepatu total mengelupas bersamaan.

Lem sepatu tidak lagi menempel di sisi kiri, kanan dan belakang, hanya tersisa bagian depan yang tertahan satu jahitan.

Sol sepatu terlihat bukan disebabkan oleh lem yang lepas. Karena sebagian lem masih ada disana sini.

Memperbaiki sol sepatu dengan jahitan atau lem

Bagian sol belakang juga terlihat terlepas. Mengapa sol sepatu dapat terlepas dari badan sepatu.

perbaikan lem sepatu yang mengelupas

Sepatu memiliki daya tahan, dan usia. Seperti kondisi cuaca, kualitas lem dan rancangan dari produsen.

Bila sebuah sepatu pendaki gunung dibuat sangat baik, tapi harganya sangat mahal. Kita bisa maklum, karena sepatu menjadi bagian kritis bagi seorang pendaki gunung.

Produsen menghindari jahitan di bagian sol ke badan sepatu, karena membuat sepatu tidak cantik dilihat.
Produsen tidak menguji berapa lama daya tahan kulit sepatu atau kulit imitasi, khususnya lapisan imitasi. Sebagian besar produsen sepatu sepeda tidak membuat sendiri, tapi dibuat oleh pabrik lain.

Rancangan sepatu sepeda, tidak berbeda dengan sepatu olahraga. Khususnya sepatu sepeda yang cukup terjangkau, bahkan yang bermerek sekalipun.

Hanya beberapa merek sepatu yang ditawarkan cukup mahal, dan harganya selalu di kelas premium dari tahun ke tahun. Ditawarkan diatas $150.

Bagaimana dengan sepatu yang dijual seharga $100. Apakah memiliki kualitas sama ?

Sampai penulis bahkan anda mengalami sendiri, sol sepatu rusak setelah disimpan cukup lama.
Jangan jangan ini merek yang murah atau sepatu kelas pemula.

Mengapa sol sepatu dapat lepas dari badan sepatu sendiri. Sampai kita berpikir bagaimana memperbaiki sepatu yang sol terlepas.

Mungkin kita ingin memperbaiki sendiri dengan mencari bahan yang lebih baik. Seperti lem berkualitas baik, bahkan buatan luar negeri.

Bila anda menghadapi masalah seperti ini. Ada 2 pertanyaan.
1. Membeli lem sepatu dan memperbaiki dengan lem sendiri.
2. Membawa ke tempat service sepatu yang lebih berpengalaman. Dengan asumsi biayanya tidak berbeda dengan harga lem.

Jawaban pertama
Bila bagian sepatu ternyata hanya rusak atau sol sepatu terbuka di bagian kecil saja. Bisa diperbaiki dengan lem khusus sepatu.

Jawaban kedua.
Bila semua bagian sol sepatu nyaris terbuka seluruhnya. Kita harus bertanya, berapa banyak lem yang harus diberikan.
Apakah anda yakin lem sepatu bisa memperbaiki semuanya. Jangan jangan biayahya lebih mahal dari harga lem sendiri
Dan melihat kembali biaya perbaikan sepatu tidak jauh berbeda.

Ketika sepatu yang diberikan lem dari pabrik saja mengelupas. Tentu kita bertanya mengapa, jangan jangan sepatu yang kita lem esoknya dapat rusak kembali.

Penulis menghitung biaya lem sepatu dan biaya service di sebuah layanan perbaikan sepatu di Jakarta. Harganya tidak terpaut jauh.

Sampai disimpulkan sebaiknya dibawa ke tukang service sepatu saja. Yang menarik disana ada informasi berbeda dengan rencana awal untuk membeli lem.

Kondisi sepatu dengan bagian sol terbuka atau lepas bersamaan bukan disebabkan oleh lem. Tapi bagian bodi sepatu yaitu kulit atau kulit imitasi yang rusak

Seperti gambar dibawah ini, kondisi sepatu masih sangat baik. Hanya saja bagian lapisan luar sepatu mulai rusak termakan usia atau salah menempatkan sepatu di ruang yang tepat.

Crack atau yang pecah dari kulit sepatu menjadi badan sepatu dan sol sepatu lepas.

Layanan perbaikan sepatu mengatakan kondisi sepatu seperti kulit yang pecah atau usang. Tidak dapat diperbaiki dengan lem biasa, kemungkinan tidak akan kuat..

perbaikan sepatu dengan di jahit

Bila anda mengalami masalah yang sama seperti gambar sepatu diatas. Sebaiknya mempertimbangkan perbaikan sepatu dengan membawa ke tukang sepatu.
Mereka lebih berpengalaman dan mengetahui apa yang harus dilakukan.

Pekerjaan service sepatu harus melakukan perbaikan dengan memberikan lem baru dan menjahit ulang di semua bodi dan sol sepatu. Tidak ada cara lain, karena rusaknya bagian kulit sepatu tidak dapat diperbaiki dengan lem saja.

Bagian belakang sepatu diperkuat dengan jahitan



Cerita ini untuk berbagi kepada pencinta sepeda gunung, bila mengalami kerusakan sepatu dimana "semua" bagian sol sepatu terlihat mengelupas atau lepas dari badan sepatu secara "bersamaan".

Cukup dengan melihat, kita dapat mengamati bagian kulit atau lampisan di badan sepatu yang pecah termakan usia. Bila kondisi tersebut, sebaiknya tidak mermpebaiki.
Biaya perbaikan sepatu dengan menjahi sekitar 100 -150 ribu. Perbaikan tersebut termasuk biaya lem pres ulang dan menjahit di tepi sol.

Tinggal anda menghitung berapa nilai ekonomis sepatu. Bila masih layak, ada baiknya perbaikan dilakukan oleh tukan sepatu.