Undang-undang baru yang ditujukan untuk melindungi pengendara sepeda di jalan telah dipuji sebagai langkah ke arah yang benar oleh aktivis bersepeda.

Pada awal November 2019, pengendara bermotor yang menyalip sembarangan dan berbahaya bagi pengendara sepeda akan dikenai denda tetap hingga € 120 dan minimal tiga poin penalti di kota Dublin Irlandia.

Langkah tersebut diambil setelah 40 kecelakaan fatal pesepeda di jalan Irlandia sejak tahun 2016.
Kepala keselamatan jalan mengatakan pengemudi harus memberikan pengendara sepeda 1,5 meter ruang ketika melewati zona dengan batas kecepatan lebih dari 50 km per jam dan satu meter di mana batasnya 50 km per jam atau lebih rendah.

Peraturan baru tersebut menyatakan "pengemudi tidak boleh menyalip atau berusaha menyalip jika membahayakan atau menyebabkan ketidaknyamanan pada pengendara sepeda."

Berbicara di RTÉ's Morning Ireland, Clara Clark dari Dublin Cycling Campaign mengatakan pengendara sepeda sangat senang menyambut undang-undang yang melindungi pengendara sepeda dari penyalinan berbahaya, dan mengatakan itu adalah langkah ke arah yang benar.

Dia mengatakan apa yang diinginkan Kampanye Bersepeda Dublin adalah hukum jarak minimum, seperti undang-undang "tetap aman dengan jarak 1,5 meter".

Dia berkata: "Pengendara sepeda di jalan sangat rentan, pengendara sepeda adalah orang yang sangat kecil dengan mesin yang sangat kecil, dan mobil adalah kotak baja kedap suara besar, jadi mereka harus membuat ketentuan memberikan ruang di jalan "

Dia mengatakan dalam beberapa hari terakhir, dia telah mengalami masalah ketika kendaraan menyalip dengan berbahaya, dan mengatakan itu terjadi kepada para pengendara sepeda sepanjang waktu.

Clark mengatakan sebuah mobil tidak akan peduli dengan pengendara sepeda yang kadang dipaksa untuk bergerak keluar di jalan karena kondisi yang jalan yang buruk, dan terkonyol ketika kendaraan berbelok dengan menyusul pengendara sepeda dengan berbahaya.

Dia mengatakan pengendara mobil kadang tidak berperilaku baik, sementara "beberapa" pengendara sepeda juga tidak berperilaku baik. Jadi keduanya diharapkan dapat tertib di jalan raya.