Ban Kenda 26 x 1.75/2.125 adalah ban sepeda, produksi dari pabrik di indonesia.

Ban Kenda dibuat di Serang, pabrik Kenda di Indonesia selain membuat ban untuk kendaraan bermotor, juga memproduksi ban sepeda. Baik ban dalam dan ban luar.

Salah satunya ban dalam Kenda ukuran 26 inci dengan lebar 1.75/2.125. Tidak hanya ukuran tersebut, banyak model ban yang dibuat Kenda dan dijual di Indonesia.

Sementara pengunaan sepeda ukuran 26 inci masih cukup dominan, khususnya sepeda kelas low end, atau mereka yang sudah memiliki sepeda lamanya.

Salah satu produk ban Kenda 26 x 1.75/2.125 dapat dijadikan pilihan. Beberapa alasan mengunakan ban dalam sepeda Kenda.

Harganya relatif lebih murah, dibanding produk ban sepeda impor yang "terkenal".
Sementara produk impor dahulu masih mendominasi, tapi kualitasnya begitu saja. Hanya marketing gimmik dengan ban lebih tipis dan ringan, begitu bocor kita geleng kepala.
Di Indonesia, pesepeda sudah biasa menghadapi ban bocor. Beberapa penyebab seperti pecahan kaca, sampai urusan clip penjepit kertas, paku sangat kecil, sampai kerikil yang sangat kecil dapat masuk ke dalam ban dan menembus ke ban dalam.

Tebal dinding ban dalam Kenda 26 x 1.75/2.125 lebih tebal dibanding produk lain. Katanya banyak yang tidak suka, karena membuat ban sepeda lebih berat.
Pertanyaan, berapa sih bedanya.

Kalau sudah terbiasa naik sepeda, urusan ban dalam tidak terlalu penting di ukur. Yang penting malah ban bagian luar, karena disana urusan putaran ban sepeda lebih ringan atau lebih mengigit medan jalan dan jenis tapak  ban yang dipakai.


Ban Kenda untuk sepeda gunung buatan Indonesia
Untuk ukuran ban dalam Kenda 26 x 1.75/2.125 memang lebih tebal dari produk impor.
Walau sudah di kecilkan dan di repack ulang, tetap saja tidak mampu dikemas seukuran ban produsen lain dari model yang sama karena mengunakan bahan lebih tipis

Ban kenda 26 inciukuran lebih tebal

Kenda 26 x 1.75/2.125 yang ditawarkan di Indonesia. Model paling murah rata rata mengunakan FV (French Valve) dengan panjang full 60mm.
Yang lebih murah lagi model Schrader atau pentil motor hanya 20 ribuan. Yang ini tidak masalah karena American Valve memiliki ukuran panjang standar.

Jadi bagi anda yang ingin mengunakan valve panjang tersebut, mungkin sedikit kesulitan untuk pompa.
Khususnya disain dari jari jari sepeda yang terlalu rapat dengan mulut pompa.

Dalam test, kami tidak merasa masalah. Mungkin terbiasa mengunakan panjang pentil ban pendek yang ukuran 38mm. Agak lucu mencoba 60mm, jadi awalnya saja agak khawatir. Dan tampak di roda sepeda terdapat pentil ban yang menonjol

Kenda inner tube 26 x 1.75-2.124 60mm valve

Perbandingan dibawah ini, dengan tebal ban Kenda vs Maxxis standar.
Dinding ban Kenda dibuat lebih tebal, tentu ada keuntungannya.

Dinding ban dalam lebih tebal akan lebih tahan terhadap benturan. Bagi pengendara yang sudah sering mengalami ban bocor di jalan, pasti sudah tahu mengapa mereka menghindari ban dalam ukuran tipis.

Khususnya sepeda gunung, dimana roda akan bergerak di lintasan berbatu. Membuat ban dalam rentan pecah terkena benturan dan mengalami kebocoran.

Kualitas ban kenda 26 inci ban dalam karet tebal

Dibawah ini perbandingan dari ukuran ban dalam Kenda vs Maxxis dengan model yang sama.



Berbanding terbalik dari teknologi ban luar dan dalam.
Produsen mulai menempatkan ban luar sepeda untuk komuter seperti sepeda di jalan dengan daya tahan lebih baik.
Banyak nama disandang, kalau disebutkan seperti Punch Resistant, ban berlapis tahan bocor, rolling resistance, flat protection.
Intinya ban luar lebih penting dalam berkendara, karena kerusakan ban luar akan berdampak di ban dalam. Kecuali sepeda tipe ban tubeless.
Bila sepeda mengunakan fitur tahan bocor, dengan tambahan lapisan ban tahan terhadap tusukan benda tajam di jalan raya. Boleh mempertimbangkan ban dalam tipis.

Apa yang menarik dari ban Kenda 26 x 1.75/2.125
Setelah kita sering mengunakan ban mahal ala impor. Dan sepeda kita sering memakan ban dalam dan bosan menganti ban dalam.
Sekarang boleh di pikirkan ban yang lebih kuat dan tebal. Jangan fokus ke ban yang ringan.

Di akhir tahun 2019, Kenda merilis beberapa model ban dan di pasarkan di Indonesia. Harga ban Kenda relatif lebih terjangkau produk lain.


Ban Kenda termurah ada di model Schrader atau ban pentil motor. Karena paling banyak digunakan oleh sepeda di Indonesia.

Model sepeda ban luar juga dibuat di Indonesia. Dapat dilihat via website Kendatire.co.id