Satu sepeda dicuri setiap 30 detik, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Juli 2019 di dua negara Kanada dan Amerika Serikat.

Peluang mendapatkan sepeda Anda kembali setelah dicuri sering kali tidak ada artinya — kira-kira hanya 5 persen sepeda yang hilang kembali ke pemiliknya.

Cerita lain di Inggris. Untungnya satu orang di akhir Januari 2020, lalu mendapatkan sepedanya kembali minggu lalu. Karena yang membeli tahu sepeda yang dibeli adalah bukan milik yang menjual. Alias sepeda maling.

Ste Burke, dari Liverpool, UK, mentweet pada 20 Januari bahwa ia telah membeli sepeda gunung yang jelas-jelas dicuri.

Bagaimana dia tahu? Masih ada kunci sepeda di sana.

Burke baru saja pulang dari gym dan mengeluarkan tasnya dari bagasi mobil ketika dia melihat beberapa pria berjalan menyusuri jalan, salah satunya membawa sepeda gunung. Mereka menawarkan untuk menjualnya kepadanya.

Dia tahu berapa nilai hardtail Whyte 901 itu — dia memperkirakan £ 1.350 (hampir $ 1.800) —dan tahu bahwa pemiliknya mungkin “super jengkel” karena dicuri. Jadi dia setuju untuk membelinya seharga £ 80 dan berhasil ditawar. Lalu ia mencari data ke Twitter untuk mencoba menemukan pemiliknya.

Adakah yang punya sepeda curian ini? katanya. Saya baru saja membeli ini seharga £ 80 dan ada kunci sepeda di situ.

Rupanya itu dari area Crosby. Membelinya sehingga saya bisa mendapatkannya kembali ke pemilik yang tepat. Saya tahu ini adalah sepeda seharga yang mahal, dan pemiliknya pasti sedang jengkel sepedanya hilang.

- Ste Burke (@ SteBurke44) 20 Januari 2020
Meskipun memiliki lebih dari 2.200 pengikut, posnya di-retweet lebih dari 11.500 kali. Bahkan tidak lama, lima jam setelah memposting tweet aslinya, Burke tweet lagi bahwa ia telah menemukan pemilik sepeda, yang tinggal di Dovecot terdekat.


"Itulah kekuatan media sosial," kata Burke kepada media Bicycling. "Terkadang bisa digunakan untuk kebaikan."

Burke menerima panggilan seseorang yang mengenali sepeda itu dan mengenal pemiliknya, dan mereka memberinya nomor telepon pemiliknya.
Ketika keduanya bertemu, pemilik sepeda dapat mengkonfirmasi bahwa sepeda itu adalah miliknya dengan dua item penting:
Pertama masih ada dokumen asli sepeda dari pembelian dan paling penting di bagian kunci yang cocok dengan kunci sepeda.

Sepeda di curi 2 hari setelah dibeli Burke. Karena rumah pemiliknya yang dibobol

"Ketika saya bertemu dengannya, dia memberi tahu saya rumahnya dirusak, dan mereka telah mengambil barang-barang berharga, pakaian desainer, dll." Kata Burke. “Dia sangat berterima kasih. Dia terus memelukku dengan tak percaya bahwa itu kembali. "

Masih ada orang baik di dunia ini.

Whyte 901