Goesbike - http://www.goesbike.com
Ban 29er vs 27,5 inci yang mana akan bertahan
http://www.goesbike.com/articles/3950/1/Ban-29er-vs-275-inci-yang-mana-akan-bertahan.html
- -
Screw Man. With cycling hobby, and provide information to everybody with http://Goesbike.com.
 
By - -
Published on 26 February 2020
 
Ketika ban sepeda 26 inci tampil. Muncul disain 29 inci yang besar, walau perkembangan tidak cepat. Karena muncul ukuran ban 27,5 inci. Produsen sepeda tidak banyak menawarkan sepeda dengan ukuran ban 26 inci. Tahun 2020 ada tren pergeseran antara ban ukuran 27,5+ juga menghilang dan digantikan 29 inci

Setiap tahun tren baru muncul di industri sepeda dan memberikan manfaat baru kepada penguna.

Di tahun 2000an, ban sepeda gunung, kommuter atau sepeda hyrbid mengunakan ban ukuran 26 inci.
Sekaligus munculnya sepeda Fixie yang ramai di Indonesia mengunakan ukuran ban 700c.
Disain sepeda dengan gigi belakang mengikuti putaran roda, memiliki ukuran yang sama seperti sepeda balap / roadbike. Walau Fixie di dominasi kalangan remaja yang menargetka sepeda murah untuk olahraga.

Tidak lama muncul ban 29er, yang lebih besar. Membuat ban tidak mudah terguncang di medan sepeda gunung.
Tapi kembali muncul ban ukuran 27,5 inci. Katanya mengisi ukuran ban yang terlalu besar, dan naik diatas 26 inci.

Dalam 10 tahun terakhir banyak perkembangan ukuran roda dan pemindah gigi sepeda
Trend ban mengikuti perkembangan grupset sepeda gunung. Setelah 9 speed 10 speed dengan 3 chain ring depan. Kembali di pangkas menjadi 2 chainring karena dianggap sudah mencukupi di 11 speed.
Lalu perkembangan berlanjut dengan 12 speed. Disana chainring hilang, dan pemindah gigi tersisa di belakang saja.

Ban ukuran besar di jajaran sepeda gunung dimana lintasan medan umumnya tidak halus. Membuat getaran sepeda lebih baik dengan ukuran ban besar.
Tetapi 2 ukuran ban akhirnya bertahan antara 27,5 dan 29 inci.

Ban 29er vs 27,5 inci yang mana akan bertahan

Tersisa sepeda dengan ukuran 27,5 dan 29er.

Lalu siapa yang akan bertahan. Setelah ban sepeda ukuran 26 inci ditinggalkan.

Di awal munculnya 29er adalah jenis baru, tetapi masih ada stigma sebagai ukuran roda besar untuk orang-orang yang lebih suka mendaki.

Roda 27,5 pada dasarnya meyakinkan semua orang bahwa ban ukuran di antara 26 - 29 inci akan ada di sini dan bertahan selamanya.
Lalu muncul sepeda gendut alias fat tire juga muncul hampir di waktu yang sama.

Perubahan terjadi antara 2015-2016, hingga rilis pers untuk ban baru dan sepeda 27,6 inci.
5 tahun kemudian pada tahun 2020, tampaknya ban-27,5 cepat dilupakan oleh kebanyakan pengendara sepeda gunung.

Sekitar waktu yang sama, pada 2015 dan 2016, hal-hal menarik lainnya terjadi dalam teknologi sepeda gunung.
Seperti disebutkan di atas, 29er memiliki sedikit peningkatan.

Biang keladinya  munculnya 1x drivetrains yang cepat mengambil alih, dan insinyur mendedikasikan lebih banyak waktu untuk ukuran roda yang lebih besar.

Pada saat itu, 140mm 29ers dianggap sebagai perjalanan jauh 29er yang terus berkembang, nasibnya 27,5 inci cukup banyak digunakan untuk sepeda park dan enduro.

Tahun 2018 dan 2019, kami akan melihat tren lain: banyak informasi tentang perjalanan jauh 29er semakin tidak terbendung.
Sekarang, ban sepeda 29er sepeda enduro dan 27,5+ tidak bisa lebih berbeda dalam pengunaan, tetapi penurunan dan kenaikan kedua tren memiliki koneksi yang kuat.

Sepeda 27,5 inci lebih banyak diadopsi oleh pengendara entry-level karena kepercayaan yang mereka tawarkan.  Dengan melebarkan jejak kaki di bawah roda, pengendara cenderung tidak tergelincir di tikungan atau kehilangan kendali pada turunan kerikil, meskipun traksi tambahan harus dikorbankan.

"Kedua ukuran ban, 29" dan 27,5 "+ roda dan ban menggerakkan persyaratan desain yang sangat mirip, sehingga salah satu produsen mengatakan dapat menawarkan pilihan pengendara dalam ukuran roda tanpa mengorbankan kinerja keduanya."

Disini produsen sepeda Salsa melihat konsumen yang lebih tertarik pada model 29er lebih dari 27.5+.

“Di garis hardtail Timberjack, kami telah melihat pergeseran momentum yang konsisten ke arah roda 29”, ”kata Steiner. Timberjack adalah hardtail entry-level mulai dari $ 1.250 dan tersedia dengan roda 27,5+ atau 29 inci.

“Pada tahun 2019 sekitar 75% dari Timberjack adalah 27,5” +, sedangkan perkiraan 2020 cenderung mendekati 50/50. Dalam hal suspensi penuh [sepeda], kami telah melihat pergeseran yang lebih jelas menuju roda 29 ”.”

Pergeseran itu dapat dijelaskan oleh fakta bahwa 29ers menawarkan kepercayaan yang sama dalam hal traksi dan kemampuan rollover ke ban-27,5, tetapi ban-ban tersebut cenderung lebih kuat dan tidak terlalu baru.

Ketika 1x drivetrains mengeser posisi 2x drivetrains, insinyur dapat menghapus derailleur pemindah gigi depan . Hal ini memungkinkan mereka memperpendek chainstays, yang seharusnya mengganggu roda 29er, tapi dengan memperluas chainstays dengan penambah jarak, dan sudut tempat duduk yang naik, bisa diranacang lebih tinggi

Toko Pedal Pushers Cyclery, 29er terjual begitu baik dalam beberapa tahun terakhir, Francis mengatakan dia memiliki waktu yang sulit menjual sepeda gunung 27,5 inci lagi.

Khususnya di toko kami, hampir semuanya berusia 29 tahun. Toko tidak bisa memberikan 27,5 sepeda."
Walau harga sudah dipotong 30%, tapi pengunjung masih tidak tertarik. Sebagai gantinya, dia mendapatkan beberapa orang setiap hari yang tertarik dengan sepeda terlarisnya, Ibis Ripmo 29er.

Merek ban yang berbasis di California, WTB, juga mengalami penurunan penjualan 27,5 inci, penjualan  lebih menyukai ban 29er.
Saat ini, diameter dan lebar ban paling populer adalah 29er, dengan lebar 2,4 atau 2,5 inci.

Ban 27,5  telah memuncak dan kembali menurun untuk WTB, dan Huseby mengatakan bahwa sekitar 90% dari penjualan mereka adalah untuk 29ers untuk tren di 2020. Huseby melihat merek apa yang dijual langsung, dan perkiraan dalam perspektifnya, termasuk lebih banyak 29ers.

Meskipun 29ers terlihat roda yang lebih besar dalam segala hal, itu tidak berarti bahwa produsen sepeda menghapus 27,5 inci sepeda.

Sementara ini roda 27,5 inci memungkinkan produsen menawarkan ukuran sepeda XS untuk pengendara yang lebih kecil. Kami sama sekali tidak dapat mengemas roda 29 inci dan menawarkan pemasangan botol air ganda pada Spearfish dan Horsethief. "

Pada 2019, Santa Cruz memperbarui Taller 29er, dan Hightower, dan memperkenalkan 29er travel panjang, Megatower.
Salah satu merek pertama yang membawa 29er ke balap Piala Dunia, dan Greg Minnaar adalah orang pertama yang memenangkan putaran Piala Dunia dengan roda 29 inci. Produsen yang berbasis di California ini sekarang memiliki empat model yang secara eksklusif tersedia dalam 27,5 inci, enam model secara eksklusif tersedia dalam 29 inci, dan sepeda V10 DH tersedia di kedua model.

Manajer merek Santa Cruz Seb Kemp.mengatakan bahwa meskipun mereka telah merenovasi dan memperkenalkan 29ers lebih sering daripada sepeda 27,5 inci pada akhir-akhir ini, sepeda 27,5 inci biasanya merupakan model yang paling banyak dijual, meskipun angka itu dapat berubah.

Kedua (dan semua) ukuran roda memiliki manfaatnya. Secara umum, bagaimana kita melihatnya 27,5 adalah ukuran roda yang menyenangkan, 29 bagus untuk kecepatan dan kepercayaan diri.

Santa Cruz juga tampil sangat baik dengan ban "2,6 inci" sepeda 27,5 inci mereka.
Bronson, 5010, dan Heckler baru memiliki opsi untuk datang dengan ban lebar 2,6 inci di depan dan belakang, meskipun 29ers suspensi penuh tidak.

Yang jelas adalah bahwa 27.5 masih akan ada dalam gambar untuk sementara waktu, bahkan jika hanya di sudut bingkai.
Perlahan 29ers lebih populer dan anekdot, menawarkan lebih banyak kepercayaan diri, dan menjadi semakin lebih menyenangkan dan lincah, bahkan ketika mereka diperkuat dengan perjalanan enam inci. Tapi, siapa tahu, pikiran industri sepeda tidak pernah dibuat-buat.

"Bersepeda adalah industri mode," kata Steiner. “Saat ini, roda 29 inci sangat modis. Walau beberapa tahun sebelumnya, kami akan bersama-sama menemukan kembali perjalanan roda 27,5 inci yang menyenangkan dan responsif dan momentum akan bergeser kembali ke titik keseimbangan. Saya tidak percaya roda 27,5 inci akan mengalami nasib yang sama dengan roda 26 inci. ”