Goesbike - http://www.goesbike.com
Bearing keramik vs bearing biasa bahan baja berapa besar manfaat atau marketing
http://www.goesbike.com/articles/3981/1/Bearing-keramik-vs-bearing-biasa-bahan-baja-berapa-besar-manfaat-atau-marketing.html
- -
Screw Man. With cycling hobby, and provide information to everybody with http://Goesbike.com.
 
By - -
Published on 28 May 2020
 
Industri sepeda mulai memanfaatkan bearing keramik. Walau dijual dengan harga WIH sampai 4x lipat lebih mahal. Janji bearing keramik tahan lama, friksi rendah, tanpa perlu perawatan. Apa benar manfaaat yang diberikan tersebut, apa perbedaan bearing keramik vs bearing besi baja.


Bantalan keramik dikatakan menawarkan pengurangan gesekan, bobot lebih ringan dan umur panjang.

Tetapi apakah mereka sepadan dengan biaya yang ditawarkan.

Meskipun kemajuan terbaru dalam desain dan teknologi sepeda, sepeda masih mengandalkan bantalan bola yang sederhana untuk memastikan semuanya berjalan lancar.

Bearing ada di hub roda, headset, braket bawah, pedal dan roda gear, dan umumnya terbuat dari besi baja.

Ada banyak hype tentang bantalan keramik beberapa tahun terakhir dan banyak orang mengklaim bearing keramik menawarkan peningkatan kinerja. Tapi apa bantalan keramik dan apa yang menjadi pro dan kontra?

Sementara bantalan biasa terbuat dari stainless steel, bantalan keramik terbuat dari keramik silikon nitrida (Si2N4).

Rolling resistance adalah kartu truf utama yang dipromosikan penggemar bantalan keramik. Karena bantalan keramik lebih bulat dengan permukaan yang lebih halus dan ukuran yang lebih seragam, gesekan menjadi berkurang dan yang dapat berkontribusi pada lebih sedikit energi yang diperlukan untuk memutar pedal atau memutar roda.

Bantalan keramik juga lebih sulit di produksi karena kesulitannya mencapai 30%, dengan meningkatkan daya tahan, dan bearing keramik juga tidak berkarat membuat keuntungan lebih sedikit perawatan yang diperlukan.

Kebanyakan bantalan keramik yang tersegel sebenarnya adalah bantalan keramik hibrida, yang menggabungkan bagian baja dengan bantalan gear pada bearing dengan bagian bola keramik.

Bantalan keramik penuh menggunakan bahan keramik, yang bisa lebih ringan dan memberikan gesekan terendah.

Bantalan keramik yang tidak disegel dapat digunakan untuk meningkatkan komponen yang tidak menggunakan bantalan jenis kartrid, seperti hub.

CeramicSpeed perusahaan Denmark, didirikan pada 2007, yang mengkhususkan diri dalam memasok bantalan keramik berkualitas tinggi untuk industri bersepeda, dan favorit banyak tim bersepeda profesional

Keuntungannya, menurut perusahaan tersebut adalah penghematan hingga 9 watt tenaga dengan bantalan CeramicSpeed ??di hub, roda joki, dan kurung bawah dibandingkan satu set bantalan standar

Direktur Pelaksana CeramicSpeed ??Martin Banke. “Umur panjang dari bantalan keramik berkualitas tinggi yang dibangun dengan baik, dalam banyak kasus, dapat mencapai 10 kali lebih lama daripada bantalan baja yang biasa digunakan.

'Aturan praktis', dari bahan berkualitas tinggi, bantalan keramik harus mampu bertahan lebih lama dan mengungguli bantalan baja.

Keuntungan kedua dari bantalan keramik dibandingkan dengan bantalan baja adalah kinerjanya di bawah beban untuk mengurangi hambatan. Semua data menunjukkan bahwa bantalan berkinerja terbaik untuk mengurangi hambatan adalah bantalan keramik.

Itu teori, seharusnya lebih sedikit energi yang diperlukan untuk memutar roda atau engkol.
Tambahkan bobot yang lebih rendah dan peningkatan daya tahan, dan mengapa tidak menjalankan bantalan keramik

Bearing ceramic vs Steel for bike

Tetapi apakah semua bantalan keramik itu sama

Tentu saja tidak, CeramicSpeed menunjukkan tidak semua bantalan keramik dibuat sama, dan itu memberi tahu kita bahwa bantalan keramik yang dibuat buruk dengan bahan berkualitas rendah akan memberikan umur pemakaian lebih rendah.

Sekarang mulai pergeseran dengan kualitas produk, sebuah pemahaman umum bahwa keramik bertahan lama dan sangat menguntungkan jika kualitasnya cukup tinggi.

Tetapi produsen Hope Technology, menganggap penghematan efisiensi terlalu diabaikan untuk sepadan dengan peningkatan biaya komponen.

Hope mengatakan bearing keramik  menjalankan dengan sedikit gesekan, yang menawarkan keuntungan signifikan dalam aplikasi industri yang berjalan pada 20.000 rpm.

Tetapi ketika berputar pada 300 rpm, seperti yang lakukan pada sepeda, persentase peningkatan efisiensi yang kecil membuat perubahan kecil pada output daya selama bersepeda. Tentu tidak sebanding dengan kenaikan biaya yang signifikan.

Pakar dinamika roda industri terkemuka dan CEO Edco Wheels, Paul Lew
Mendukung alasan Hope dan menganggapnya menjadikan bantalan keramik pilihan yang buruk untuk hub dan headset, dia juga menambahkan tidak manfaat dalam penghematan berat dan bermanfaat di lingkungan di mana putaran tinggi saja.

Untuk aplikasi braket bawah, dengan putaran RPM maksimum mungkin 130," jelas Lew.
Untuk aplikasi hub roda, rpm maksimum mungkin 500 - 600 putaran per kilometer.

Alan dan Paul setuju bahwa faktor-faktor yang membuat bantalan keramik sangat cocok untuk aplikasi peralatan industri dan medis, dan motor drone operasi ketinggian tinggi (Paul melakukan banyak pekerjaan merancang drone) di mana rpm tinggi, beban rendah dan kondisi operasi bersih, adalah faktor yang berarti tetapi tidak cocok untuk bersepeda karena putarannya yang rendah.

Bantalan keramik bermanfaat di lingkungan yang tidak membutuhkan pelumasan gemuk," kata Lew.

Tetapi sepeda diharapkan untuk mengatasi berbagai kondisi, hujan dan kotoran, dan di mana jadwal perawatan mungkin kurang optimal, dan hal terakhir yang kita inginkan adalah mengendarai bantalan tanpa minyak.

Ini persyaratan untuk mengatasi kondisi yang umum bagi pengendara sepeda yang mengimbangi resistensi rolling yang lebih rendah dari bantalan keramik, menurut Paul Lew.

Resistan ketika berputar dari bantalan keramik dapat di imbangi dengan bantalan bola baja ABEC 3, 5 atau 7 serta diimbangi dengan ketahanan pelumas," katanya.

Alan Weatherill dari Hope sependapat dengan kesimpulan Paul Lew bahwa bantalan keramik tidak sesuai dengan tuntutan bersepeda dan mengatakan kesesuaiannya dengan mesin industri tidak serta merta memberikan manfaat kinerja bagi pengendara sepeda yang banyak orang dan perusahaan mengklaim telah mereka lakukan.

Masalah lain dengan menggunakannya [bantalan keramik] pada sepeda adalah kekerasannya,” kata Weatherill.
Walaupun di industri sangat baik digunakan,kelemahan utama bearing pada sepeda berbeda.

Sachin Hambini dari Hambini Engineering. Seorang insinyur dirgantara yang telah membangun pengikut setelah kritik pedasnya terhadap kualitas manufaktur di industri sepeda

Fakta bantalan keramik tidak murah di jual di Inggris
Braket bawah eksternal CeramicSpeed ??BSA Road untuk bingkai berulir berharga £ 298.
Braket bawah Shimano Dura-Ace 9000 berharga £ 39,99

Paul Lew memiliki kata terakhir. Meskipun markup / margin penjualan kembali untuk bantalan keramik sangat penting bagi produsen seperti Reynolds, dan mereka dapat mewakili pusat laba dari merek mereka.
Kami memilih untuk tidak menawarkannya karena mereka tidak meningkatkan kinerja, dengan  biaya konsumen yang tidak dapat kami benarkan, dan itu bertentangan dengan sistem nilai kami.

Mungkin tidak banyak berguna bila kita mengunakan bantalan keramik dibanding bantalan baja.
Karena industri sepeda dan ahli lain sudah menjelaskan. Putaran tinggi akan memberi manfaat bagi bearing keramik.
Tetapi bukan untuk sepeda.