Misi Walikota Paris Anne Hidalgo untuk membuat kota ini lebih ramah siklus karena orang-orang perlahan-lahan kembali bekerja membayar untuk operator sepeda sewaan Velib Metropole, yang telah meningkat jumlah pengguna setelah wabah berakhir.

Pada hari-hari setelah pelonggaran yang dimulai pada 11 Mei 2020 lalu, operator Smovengo mengatakan jumlah pelanggan tahunan melonjak 15.000 - sesuatu yang juga dikaitkan dengan kondisi menguntungkan bagi layanan berbagi sepeda.

Sejak tanggal tersebut, jumlah perjalanan per hari terus meningkat, naik dari 75.000 pada hari pertama, sebelum memuncak pada 119.000 perjalanan Velib pada Sabtu 16 Mei 2020.

"Ini adalah momen kunci bagi kami," kata manajer umum Smovengo, Jacques Greiveldinger, kepada harian Prancis, Le Parisien. "Terserah kepada kami  secara normal ... membangun kesetiaan dan meyakinkan orang-orang akan keandalan layanan kami."

338.000 pelanggan Velib telah mengubah kebiasaan bersepeda mereka dengan mengadaptasi rute dan jadwalnya.
Alih-alih "jam sibuk" memang berbeda di pagi dan sore hari, perjalanan pengendara sepeda tersebar sepanjang hari, dengan jumlah memuncak pada sore hari.

Plus, perjalanan lebih lama, dan lebih banyak orang datang ke Paris dari wilayah urban kota.

Jarak rata-rata yang ditempuh telah meningkat sebesar 33 persen, dan dua dari tiga perjalanan dilakukan dengan sepeda biru atau sepeda listrik.

Sepeda sewaan atau bike share jarang digunakan selama tujuh minggu penguncian, ketika penduduk diharuskan mengisi formulir izin saat meninggalkan rumah mereka.

Sepeda juga dikritik karena tidak dapat diandalkan - terutama selama mogok transportasi besar bulan Desember dan Januari yang membuat sebagian besar kota terhenti.

Rental sepeda naik di Paris selama Mei 2020


Nasib Velib sekarang terbalik, dengan Smovengo menjanjikan sistem telah diperkuat.
Teknisi sekarang dapat melakukan hingga 4.000 perbaikan sehari, baik di lapangan maupun di bengkel, dengan setiap sepeda yang diperbaiki termasuk didesinfeksi sebelum dikembalikan ke stasiun.

Dia mengatakan kepada penduduk Paris, kota itu tidak akan "diserbu oleh kendaraan" setelah keluar dari pengunciannya, Hidalgo juga memberi layanan bebas 50 kilometer untuk jalur yang biasanya disediakan untuk mobil-mobil ke para pengendara sepeda kota.

Rute-rute utama seperti rue de Rivoli yang terkenal, memotong timur ke barat melalui Paris di sepanjang Seine; Boulevard Saint-Michel, yang membentang dari utara ke selatan melalui Latin Quarter; dan terowongan Étoile, yang melintas di bawah Arc de Triomphe, sekarang sebagian besar merupakan area pengendara sepeda.