2020 Agustus
DOTr menjari 1,04 miliar Peso untuk membuat jalur sepeda di kota Manila.
19 Agustus 2020 dari Departemen Transportasi  sedang mencari dana untuk mempromosikan jalur sepeda di kota Metro Manila.
Rencananya, jalur sepeda akan diberi pelindung dari kendaraan bermotor lain. Baik jalur luar dengan jalan melingkar dan jalan utama.
Panjang jalan mencapai 644 km, dengan lebar jalur sepeda 1,2-1,5 meter.
Jalur sepeda dibangun dengan pembatas permanen dan bukan plastik seperti yang ada saat ini.

Jalur sepeda telah menjadi kebijaksanaan transportasi nasional sejak 2017.



2020 April
Fasilitas untuk pengendara motor didorong

HANYA UNTUK SEPEDA Personel Pengembangan Metropolitan Manila membuat marka jalan jalur sepeda naik di Edsa.

Baja tonggak akan ditambahkan nanti untuk melindungi pengendara sepeda dari kendaraan lain yang melewati 24 kilometer dari jalan raya tersibuk di Metro Manila.

MANILA, Filipina - Sebagai bagian dari promosi budaya bersepeda di Filipina, seorang anggota parlemen yang mendaftar pada hari Minggu mengusulkan untuk memberi orang-orang bersepeda untuk bekerja setiap hari dengan tunjangan pajak tambahan, kredit upah ekstra, atau voucher makanan.

Ronnie Ong dari daftar partai Ang Probinsyano mengatakan, insentif tersebut dapat dimasukkan dalam undang-undang sepeda yang diusulkan selain dari ketentuan tentang jalur sepeda yang dilindungi.

Pemerintah "mungkin dapat mengubah orang untuk terus menggunakan sepeda dalam perjalanan sehari-hari mereka bahkan setelah pandemi berakhir dan kehidupan, seperti yang kita tahu, kembali normal penuh," katanya dalam sebuah pernyataan.

Pandemi virus korona, menurut Ong, memaksa banyak orang menggunakan sepeda untuk mobilitas, menghadirkan "kesempatan sekali seumur hidup bagi pemerintah untuk menyelesaikan dua masalah terbesar negara itu: polusi dan lalu lintas."

Ini dapat mengadopsi skema di Belanda, di mana pemerintah membayar warganya dengan insentif untuk setiap kilometer yang bebas pajak.

Tunjangan jarak tempuh
Di Inggris Raya, karyawan diberikan opsi sewa-ke-milik sendiri ketika membeli sepeda dan “tunjangan jarak tempuh” juga dihitung per km diberikan kepada mereka yang menggunakan sepeda mereka untuk tujuan bisnis atau pergi bekerja.

"Tentu saja, ini adalah negara-negara kaya sehingga bisa memberikan insentif dalam bentuk voucher makanan yang hanya bisa digunakan untuk membeli komoditas pangan," katanya.

Ong menambahkan bahwa lebih banyak orang Filipina pasti akan memilih sepeda daripada transportasi umum jika pemerintah dapat menyediakan mereka tidak hanya infrastruktur untuk menjaga bersepeda tetap aman dan nyaman tetapi juga insentif yang tepat.

Dia mengatakan menciptakan budaya bersepeda di Filipina dapat memberikan solusi jangka panjang untuk kemacetan lalu lintas di Metro Manila dan daerah-daerah urban lainnya yang menelan biaya kerugian ekonomi diperkirakan 3,3 miliar dolar per hari oleh pemerintah.

Ini juga akan mengurangi pengeluaran pemerintah untuk perawatan kesehatan, perbaikan dan pemeliharaan, dan pengendalian polusi.

Metropolitan Manila Development Authority (MMDA) telah mulai mengerjakan jalur sepeda di Edsa, membuat tanda sementara di salah satu jalur terluar baik di arah utara maupun selatan.

Departemen Perhubungan mengatakan jalur sepeda harus diselesaikan antara Selasa dan Kamis meskipun tonggak baja yang akan membedakannya dari yang untuk kendaraan lain masih "sedang dalam proses pengadaan."

Kota Manila jalur sepeda dorong fasilitas penguna sepeda

Skema lalu lintas baru
Di bawah skema lalu lintas Edsa yang telah dikonfigurasi ulang, dua jalur sisi dalam akan digunakan oleh bus, sedangkan sisanya akan disisihkan untuk kendaraan lain, termasuk sepeda.

Setelah pertemuan pada hari Kamis, Sekretaris Transportasi Arthur Tugade mengatakan dia dan Ketua MMDA Danilo Lim setuju untuk "mempercepat jalur pembentukan jalur sepeda yang dilindungi di jalan dan bukan di trotoar."

“Karena semakin banyak orang yang beralih ke moda transportasi aktif ini di tengah situasi krisis akibat pandemi coronavirus, tujuan kami adalah untuk memindahkan orang sambil memastikan keselamatan mereka,” tambahnya.