Oktober 2022
New York City mengalami dua kali lebih banyak kebakaran terkait e-bike tahun 2022 dibandingkan tahun 2021.
Kadang-kadang, itu terjadi di jalan, tetapi lebih sering ketika pengisian baterai di rumah.

Adaptor charger yang tidak cocok, tidak off otomatis walau baterai sudah terisi penuh dan membuat baterai tidak stabil.
Hal lain dari sel baterai yang bocor dan memicu panas berantai dalam unit baterai sepeda listrik.

"Sepeda ketika gagal, mereka seperti obor las," kata Dan Flynn, kepala pemadam kebakaran di New York Fire Department. "Kami telah melihat insiden di mana orang menggambarkannya sebagai ledakan begitu banyak kekuatan, mereka benar-benar menghancurkan dinding di antara kamar dan apartemen."

FDNY menyelidiki 174 kebakaran baterai, menempatkan tahun 2022 menggandakan jumlah kebakaran yang terjadi tahun lalu (104) dan empat kali lipat jumlah dari 2020 (44).
Sejauh tahun ini, enam orang meninggal akibat kebakaran terkait e-sepeda dan 93 orang terluka

Pada awal Agustus, seorang imigran Venezuela 27 tahun, yang diidentifikasi sebagai Rafael Elias Lopez-Centeno, meninggal setelah baterai lithium ion-nya terbakar dan membobol apartemen Bronx tempat dia tinggal.

Banyak kecelakaan sepeda listrik di kota New York melibatkan baterai e-bike yang dimiliki pekerja pengiriman restoran, yang bekerja dalam shift panjang, melakukan perjalanan puluhan km sehari.
Sepedanya cenderung dipaksa" kata Flynn. "Sepeda listrik yang dipakai tidak dirancang untuk jalan-jalan kita."

Semakin lama baterai digunakan, semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang hingga penuh, dan dapat memakan waktu hingga 8 jam.
Menyulitkan pemilik mengawasi baterai mereka sepanjang waktu ketika di isi yang seharusnya menjadi kunci keselamatan

Harga baterai asli yang mahal, dan harga kualitas rendah lebih murah. Mengoda pembeli seperti pekerja kurir membelinya.

Kabar, para pekerja dapat saling adaptor pengisi baterai, yang seharusnya bukan untuk ukuran baterai sepeda mereka.

Musfiqur Rahman mengatakan ketika pertama kali terjun ke bisnis kurir, dia membeli dua baterai merek Arrow baru dan masing-masing seharga $550. Dia melakukannya secara khusus untuk menghindari kebakaran.

"Sejauh yang saya tahu, merek ini tidak pernah terlibat dalam insiden semacam ini," kata imigran Bangladesh berusia 27 tahun itu.

Kebakaran terkait e-sepeda sering terjadi di tempat lain, seperti kota London, San Francisco, Michigan, dan Florida Selatan. Tetapi tidak ada perhatian terhadap mereka, khususnya kecelakaan di kota di New York.

Kebanyakan pekerja pengiriman makanan tidak bekerja di restoran. Mereka bekerja untuk aplikasi seperti Door Dash atau Uber Eat.
Membuat pengantar makanan kesulitan untuk pengisian baterai sepeda listrik mereka, kecuali ketika di rumah.

Diperkirakan 65.000 kurir makanan bekerja di New York City. Sebagian besar menggunakan e-sepeda atau e-skuter untuk mengantar.

Anggota dewan kota telah mengusulkan solusi mereka sendiri. Satu RUU, misalnya, akan melarang penjualan baterai bekas di dalam batas kota. Lain akan membutuhkan semua baterai yang akan dijual untuk disetujui oleh layanan pengujian nasional, seperti Underwriters Laboratories. Walikota Eric Adams baru-baru ini mengumumkan dia akan mengarahkan $ 1 juta untuk membuat hub bagi pekerja pengiriman dengan stasiun pengisian dan fasilitas lainnya meskipun mereka kemungkinan akan digunakan pada siang hari dan tidak menyediakan pengisian semalam.

"Mereka melakukannya, anda tahu, sebagai pekerjaan pengantar makanan, karena warga New York suka makanan diantarkan," katanya. "Jadi sekarang pertanyaannya adalah bagaimana mereka mendapatkan baterai baru yang tidak akan menyebabkan kebakaran?"

April 2020 Inggris
Pemadam kebakaran Chichester datang setelah sebuah sepeda listrik buatan sendiri terbakar di jalan.
Sepeda tersebut terlihat dibuat oleh pemiliknya dari sepeda lama dan di pasang motor listrik sendiri.

Terbakarnya sepeda listrik sering terjadi. Juni 2018 pengendara di London Barat beruntung. Ketika baterai sepeedanya meledak.

Ceritanya masih sama seperti Hoverboard yang sempat ramai di negara maju. Ketika harga semakin murah, kualitas kontrol menjadi buruk.
Beberapa merek Hoverboard ditarik dari toko online, karena beberapa kejadian baterai terbakar sampai menghanguskan rumah.

Dave yang memberi informasi via website mengatakan. Banyak komponen sepeda listrik dibuat di Inggris.
Rata rata dengan kekuatan 250W, tapi bukan model pedal assist melainkan sistem throller yang tinggal di pacu tanpa membutuhakn gerakan pedal

Sepeda jenis itu tidak memiliki sensor kecepatan dan kecepatannya mencapai 25km perjam. Tentu di jalan sah saja.

Masalahnya banyak pembeli mengunakan komponen murah. Dan kualitasnya tidak ada pengujian dari produsen, bahkan tidak tahu siapa yang membuat.

Baterai sepeda listrik mengunakan tipe sel 18650 terdiri dari 40 unit baterai lithium.

Baterai lithium adalah baterai yang mudah terbakar, baik kondisi short, atau sel baterai tidak stabil.
Ketika panas menumpuk di dalam baterai, ada titik lemah baterai dan berangsur merusak baterai.

Semakin murah harganya, banyak bagian yang tidak di perhatikan oleh pembeli.

Seharusnya pembeli mengerti bahwa sepeda listrik yang berbahaya ada di bagian baterai.

Dibawah ini gambar sepeda listrik dimana baterainya gagal kerja dan terbakar