Produsen sepeda listrik VanMoof, merek sepeda listrik Belanda, secara resmi terlalu panas untuk televisi (di negara Prancis).

Iklan TV pertama perusahaan VanMoof dilarang di Prancis karena mengambarkan sisi negatif lalu lintas dan polusi mobil.
Iklan itu ditolak oleh otoritas pengawas periklanan Prancis, ARPP, karena "mendiskreditkan [sektor] otomotif dan membuat kegelisahan terhadap iklim"

Mungkin iklan tersebut agak lebai, karena menyinggung industri lain yang belum tentu semuanya kurang baik bagi Bumi.

Iklan tayang perdana 6 Juni dan ditujukan untuk TV dan situs internet.
Menampilkan adegan kemacetan lalu lintas, kecelakaan kendaraan, dan polusi pipa knalpot yang tercermin pada permukaan mobil sport yang akhirnya mulai meleleh.
Lalu memberi jalan bagi model baru VanMoof S3 e-sepeda. "Alternatif jalan raya yang macet dan kereta bawah tanah meluap," bunyi keterangan di iklan. "Saatnya mengendarai masa depan."

Dalam berita kepada VanMoof, agensi pengawas melihat produsen sepeda listrik Belanda itu secara tidak adil memberikan keterangan negatif pada industri mobil.
ARPP sebagai badan regulasi mengatakan iklan tersebut juga melanggar kode dan pemasaran yang melarang eksploitasi perasaan "khawatir atau kecemasan."
VanMoof diminta untuk memodifikasi iklan sebelum mengirimkannya kembali ke badan pengawas.

Secara alami, VanMoof berusaha melakukan pendekatan tidak biasa pada iklan katanya
Perusahaan menerbitkan posting blog pada hari Selasa dengan larangan badan pegawas ARPP.

"Kami selalu menyadari bahwa iklan ini bukan iklan sepeda seperti biasanya," kata Taco Carlier, salah satu pendiri VanMoof.

“Ini benar-benar panggilan untuk bertindak, kesempatan untuk meninggalkan masa lalu, dan membuat kemajuan nyata yang bermanfaat bagi semua orang. Mempertanyakan status quo akan selalu bersifat konfrontatif, tetapi itulah tujuan kami sejak awal. ”
Produsen VanMoof melihat sudah waktunya masyarakat bertindak dan berubah. Sesuai visi yang mereka lihat untuk memperbaiki masa depan.

VanMoof juga menunjukkan iklannya pertama yang dilarang ARPP dikaitkan dengan tayangan kontroversi.

Memang ada yang membalik dengan kebutuhan warga. Ketika walikota Paris Anne Hidalgo baru-baru ini memenangkan pemilihan ulang hampir secara eksklusif bertujuan untuk mengeluarkan mobil dari kota untuk mempromosikan bersepeda dan berjalan kaki.

Masalah tampaknya sebagian besar berasal dari kondisi industri otomotif Prancis yang kurang baik.
Penjualan anjlok di negara itu karena pandemi coronavirus dan penurunan ekonomi yang meluas.
Pemerintah baru-baru ini memperkenalkan rencana € 8 miliar untuk menyelamatkan sektor otomotif.
Nah jadi ketahuan ada tujuan lain dari badan pengawas siaran di Perancis. Mungkin menyelamatkan ekonomi dari industri mobil terlebih dahulu.

Sementara penjualan sepeda meningkat karena pandemi coronavirus dan kuncian global.
Perusahaan e-sepeda, khususnya, melaporkan rekor penjualan terbaik di pertengahan tahun 2020.
Sedangkan produsen VanMoof adalah perusahaan langsung-ke-konsumen, berarti memintas toko sepeda tradisional untuk menjual sepeda online dan melalui toko merek sendiri.

Pada bulan Mei 2020, VanMoof mengatakan penjualan kuartal pertama naik secara dramatis dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Meningkat di semua pasar utamanya, termasuk Jerman (+226 persen), Inggris (+184 persen), Belanda (+140) persen), AS (+138 persen), dan Prancis (+92 persen).
Melonjaknya penjualan, setidaknya sebagian didorong oleh diskon menjelang peluncuran e-sepeda S3 dan X3 pada bulan April.

Ok lupakan tren yang meningkat, biarkan saja industri sepeda vs mobil saling berdebat.
Lihat saja iklannya saja ngak menceritakan apapun. Tapi memang ada gambaran singkat di bagian depan yang menyinggung industri lain.



Ini komentar VanMoof
Perusahaan sepeda listrik asal Belanda ada tangan tidak kelihatan yang melindungi produsen mobil.
Seperti kekuatan gelap sedang melindungi produsen kendaraan.

Jika melihat keadaan setiap hari di dunia nyata, ada kekhawatiran tentang iklim. Disini orang harus mencoba melakukan sesuatu untuk bumi.
Anda tahu... menawarkan kendaraan transportasi alternatif.
Kami mengakui tidak semua orang berpikir positif tentang pengendara sepeda.

Alasan tersebut menarik, seperti keadaan di Amerika pengendara di jalan tidak mau berbagi dengan pejalan kaki.
Perancis, bila iklan ramah lingkungan ini memang dapat memberi rasa cemas bagi masyarakat Perancis. Apa yang membuat mereka takut ?