Kota Jakarta 5 Juli 2020 - Channel News Asia
Demam bersepeda melanda Jakarta, seharusnya menjadi momentum pemerintah kota.
Setiap weekend akan terlihat banyak pesepeda di jalan.
Beberapa motor tampak membawa sepeda untuk keluarga di rumah.
Bengkel sepeda di pinggir jalan ikut sibuk menguru sepeda tua yang nyaris tidak di pakai bertahun tahun.

Service sepeda di BAB, satu teknisi menangani perbaikan setidaknya 1 atau 2 sepeda bersamaan.

Penjualan sepeda di toko Jakarta setidaknya sudah naik 3x lipat dari penjualan biasa.
Sepeda yang belum dirakit sudah dipesan, sebelum di pajang di konter toko.
Awalnya toko sepeda di Jakarta khawatir, selama PSBB penjualan sangat sepi dan toko ditutup. Hanya melakukan penjualan via online.

Sementara warga Jakarta berangsur-angsur pulih dan mulai keluar rumah, lalulintas kembali macet.
Beberapa orang lebih memilih menghindari kemacetan dengan kendaraan sepeda sambil berolahraga.

Rodalink jaringan toko sepeda kelas menengah keatas mendapatkan peningkatan penjualan. Awalnya hanya menangani penjualan via online untuk komponen spare-part

Penjual sepeda bekas tidak berbeda, penjualan naik 3x lebih banyak selama akhir Juni 2020 lalu.

Beberapa warga membeli sepeda lipat, sebelumnya harus pergi dengan kendaraan seperti taksi.

Jarak tempuh seorang karyawan dapat mencapai 10km dari rumah ke tempat kerja.
Katanya, sangat baik bila tersedia jalur sepeda yang mapan di Jakarta.
Perubahan sekarang, pengemudi kendaraan bermotor juga memperhatikan pengendara sepeda dan memberi kesempatan bagi kommuter kelas kecil ini, sehingga jalan di Jakarta terasa lebih ramah.

Tetapi ada kecelakaan dan kejadian yang tidak menyenangkan baru terjadi dari 2 pesepeda di Jakarta. Salah satunya pengendara sepeda menabrak pembatas jalan dan jatuh sampai harus di rawat di rumah sakit.
Kejadian kedua perampasan sepeda yang terjadi tengah malam di jalan Fatmawati Jakarta Selatan.
Tetapi komunitas sepeda di Jakarta tidak surut.

Sibarani Sofian ahli perencana kota mengatakan, sepeda belum mencapai tingkat transportasi urban yang aman, masih sekedar gaya hidup atau rekreasi.
Nirwono Joga ahli perkotaan juga menyatakan hal yang sama, pemerintah harus lebih memperhatikan keselamatan pengendara sepeda. Ada demam dengan sepeda, tapi tidak sepenuhnya didukung oleh pemerintah kota. Tidak dibiarkan, tidak menjamin masyarakat Jakarta akan mempertahankan sepeda di jalan.

Kota Paris 4 Juli 2020
Di Paris, walikota Anne Hidalgo biasanya di tertawakan ketika dia berbicara tentang perombakan sistem transportasi kota secara radikal.

Tetapi dalam beberapa tahun terakhir, jumlah pengendara sepeda di Paris telah meningkat lebih dari 50 persen, dengan banyak yang menyebutkan peningkatan jumlah jalur sepeda bahkan di pusat kota Dan akhir Juni serta awal Juli 2020, semuanya berubah.

Sebuah video dari beberapa hari yang lalu menunjukkan banyak pengendara sepeda melewati jalan yang sibuk, dengan mobil dan bus dipaksa berhenti menungguidan ini bukan hal biasa.

Paris, seperti banyak kota lain, memprioritaskan mobil dalam perencanaan jalan, tetapi Hidalgo memutuskan untuk mengubah beberapa bagian dari lebar jalan di pusat kota menjadi jalur sepeda, untuk mendorong orang bersepeda, meningkatkan garasi, tempat parkir sepeda di sekitar kota.

Selama penguncian, dia menyerukan membuka jalur sepeda sepanjang 600 km "corona cycleways" yang dapat membantu orang berkeliling tanpa menggunakan transportasi umum.

Sekarang terbayar sudah.

Satu video lain yang berbeda 1 minggu sebelumnya atau di akhir Juni 2020, menunjukkan pemandangan serupa di jalan lain di Paris dengan jalur sepeda dua arah di satu sisi jalan, dan mobil dan lalu lintas lewat di jalan utama.

Di seluruh dunia, walikota kota telah membawa kekuatan baru, membuat jalan untuk jalur sepeda atau pejalan kaki selama penguncian kota.
Di Milan, walikota telah mengatur lebih dari 35 km untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda dengan harapan memudahkan penggunaan mobil mencari alternatif.
Di London, siklus jalan raya baru telah dibangun di pusat kota.
Di New York, toko-toko sepeda menjual sepeda dan suku cadang diijinkan dibuka pada Maret 2020 karena lebih banyak orang beralih ke bersepeda setelah menghindari transportasi umum.

Di tahun 2017, Hidalgo mengatakan bahwa dia ingin Paris memiliki jalur sepeda 1000 kilometer pada 2020, walau masih belum tercapai. Baru 37% jalur sepeda baru yang ada di Paris dibangun sampai Oktober 2019.

Tapi Paris sekarang sudah dianggap sebagai kota yang ramah sepeda.
Baru-baru ini, Hidalgo terpilih kembali sebagai walikota, yang menunjukkan bahwa agendanya untuk menjadikan Paris lebih hijau jelas terbukti populer di kalangan penduduk.