Negara Italia telah memberikan subsidi untuk membeli sepeda dan sepeda listrik baru sampai batas 500 euro atau sekitar 8,7 juta (kurs ketika berita diterbitkan) atau setara 70% harga sepeda baru.
Bagian dari anggaran stimulus 55 miliar euro untuk memulihkan ekonomi.
Tujuannya untuk menghindari menempatkan lebih banyak mobil di jalan yang sudah macet.

Sebagai bagian dari rencana pemulihan pasca-virus korona, Italia mengumumkan awal musim panas ini.
Negara akan menawarkan subsidi yang besar kepada siapa pun yang ingin membeli sepeda.

Orang yang tinggal di kota dengan lebih dari 50.000 penduduk berhak menerima € 500 ($ 600) untuk pembelian sepeda baru atau e-skuter.

Pengumuman ini, dibuat pada akhir Mei 2020 oleh menteri transportasi Paola Micheli, adalah bagian dari paket dukungan € 55 miliar negara yang dirancang untuk meningkatkan ekonomi Italia setelah kehancurannya oleh COVID-19.

Subsidi beli sepeda dari pemerintah Italia

Italia adalah salah satu negara pertama di luar China yang terpukul keras oleh COVID-19 dan memberlakukan aturan penguncian berlanjut dalam upaya mengendalikan pandemi.

Jatuh dari pengalaman tersebut, banyak orang Italia (termasuk di negara lain), banyak orang menyatakan keengganan untuk menggunakan angkutan umum walau kehidupan normal perlahan-lahan dimulai kembali.

Dan kota-kota bersejarah yang sempit dan jalan-jalan berbatu yang sudah macet penuh dengan lalu lintas, bahkan lebih banyak orang Italia yang bepergian dengan mobil akan menjadi bencana.

Subsidi baru ini dibarengi dengan inisiatif untuk memperluas jalur sepeda di kota-kota Italia.


Harian The Brussels Times melaporkan, "Perwakilan kota dari ibu kota negara, Roma, mengumumkan pada, bahwa mereka akan membuat 150 kilometer jalur sepeda baru bulan September 2020."
Serupa di Milan yang disebut "Strade Aperte" (atau Jalan Terbuka) telah mengubah jalan perkotaan sepanjang 35 kilometer [22 mil] menjadi jalur sepeda sementara dengan trotoar yang diperlebar. Mudah-mudahan ini akan menjadi permanen, begitu warga menyadari betapa membantu pembanguan tersebut.

Tetapi subsidi saja tidak mungkin meyakinkan orang Italia untuk naik sepeda.

“Proyek sepeda sebelumnya di kota yang gagal karena orang "Roma" tidak menunjukkan minat sama sekali. Mereka menemukan sepeda terlalu berat, terlalu berbahaya, terlalu panas, terlalu lambat, atau tidak berguna sehingga jalur sepeda yang jarang dibangun menjadi tempat parkir kembali.

Perusahaan yang menjalankan program berbagi sepeda dalam beberapa tahun terakhir juga menarik diri dalam karena sepeda mereka hampir secara eksklusif dicintai oleh "pencuri"

Seperti dijelaskan Gianluca Santili, presiden pusat studi Osservatorio Bikeconomy, perlu ada pergeseran budaya yang besar. "Jalur sepeda sepanjang 150 km tidak cukup untuk membuat orang Roma naik sepeda."

Mereka membutuhkan kampanye yang menunjukkan bahwa hidup lebih baik dengan sepeda.
Anda tidak lagi memiliki masalah parkir, oleh karena itu, lebih sedikit stres. Dengan bersepeda lebih sehat daripada mobil dan skuter, dan terpenting: mereka bisa hemat hingga € 3.000 [$ 3.580] setahun untuk bensin, pajak jalan raya, dan asuransi. "

Beberapa orang Italia perlu percaya bahwa mengendarai sepeda tidaklah buruk.

Lima belas tahun kemudian, saya masih agak getir dengan kenyataan bahwa orang tua angkat Italia saya menolak mengizinkan saya naik sepeda ke sekolah karena mereka khawatir apa yang akan dipikirkan tetangga
Ada kesan "orang tua tidak menjaga anaknya dengan baik."

Namun, perubahan dapat terjadi dengan cepat, terutama ketika suatu negara telah keluar dari peristiwa traumatis seperti pandemi virus corona.
Roma tidak dibangun dalam sehari, tetapi telah terbakar dalam sembilan hari, jadi tidak ada yang tahu apa yang mungkin terjadi kedepan..

Tidak hanya Italia, Perancis lebih dulu melakukan pembaruan untuk sepeda.
20 juta euro subsidi perbaikan sepeda kepada warga, atau kerusakan sepeda diberikan 50 euro untuk satu sepeda bila memperbaiki ke mekanik terdaftar.
Termasuk pendanaan pelatihan dasar sepeda dan parkit sepeda sementara.

Spanyol merekomendasikan perluasan jalan pejalan kaki, dan mencadangkan untuk jalur sepeda. Dengan batas kecepatan 30km perjam

Inggris berinvestasi 2,24 miliar euro untuk perbaikan sepeda kepada warganya, pembangunan jalur sepeda.

Yunani menyiapkan subsidi bagi konsumen untuk membeli sepeda dan sepeda listrik baru. Sementara untuk beberapa kota.

Hongaria akan membangun jalur sepeda sementara untuk beberapa rute di sekitar kota

Portugal memberirkan subsidi sepeda listrik, naik dari 250 euro menjadi 300 euro.