Percaya atau tidak, rencana membantu menyingkirkan mobil-mobil tua dan berpolusi, menggantinya dengan kendaraan listrik pribadi yang efisien dan mengurangi lalu lintas seperti e-bikes dan e-scooter.

Mungkin tidak terlalu mengejutkan bagi warga di Lituania, yang memanfaatkan kesempatan menukar mobil lama dengan e-bikes baru.

Program dikembangkan oleh Badan Manajemen Proyek Lingkungan (APVA) Lituania, bagian dari Kementerian Lingkungan Hidup negara itu.

Program ini dimulai musim panas 2020 lalu dengan anggaran € 8 juta.

Untuk memenuhi syarat, warga negara dapat mengajukan dan menerima subsidi hingga € 1.000 (hampir US $ 1.200) untuk pembelian sepeda listrik baru, sepeda, e-skuter, e-moped, e-sepeda motor atau bahkan kredit transportasi umum, setelah menukar kendaraan lamanya, menurut LRT.

Faktanya, banyak mobil tua yang diperdagangkan bernilai kurang dari € 1.000, yang berarti pemiliknya sudah keluar lebih dulu bahkan sebelum memperhitungkan penghematan tambahan untuk segala hal mulai dari asuransi mobil hingga bensin dan izin parkir.

Pihak departemen lingkungan telah meninjau beberapa model e-bikes populer di AS yang dapat dibeli dengan harga tersebut atau kurang.
Sepeda elektronik seperti sepeda listrik RadRunner seharga $ 1.199 dan sepeda elektronik lipat Lectric XP seharga $ 899 membuktikan bahwa mereka yang ingin menukar mobil, tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan sepeda listrik baru.

Program sepeda Lituania

Sejauh ini, program Lituavi telah menghabiskan sekitar 95% dari anggarannya, bahkan menerima tambahan € 3 juta untuk menjaga program populer tersebut berjalan.

Seperti yang dijelaskan oleh juru bicara APVA Aust?ja Jonaityt?:


    “Inisiatif tersebut mendapat banyak perhatian dari penduduk. Jumlah lamaran melebihi semua harapan. Untuk alasan ini, Kementerian Lingkungan telah mengalokasikan tambahan 3 juta euro dari Program Perubahan Iklim. ”

Ini tergantung dari prioritas suatu negara. Memindahkan mobil dari jalan untuk kendaraan listrik pribadi adalah langkah besar untuk mengubah kota kita menjadi tempat tinggal yang lebih baik dan lebih ramah lingkungan kata seorang warga.

Penganggaran selalu menjadi topik yang sensitif dan setiap orang tampaknya memiliki gagasan yang lebih baik kemana uang negara harus dibelanjakan.
Tetapi  menempatkan dana untuk program seperti ini dapat membantu menyelesaikan banyak masalah sekaligus.

Mobil tua dan berpolusi disingkirkan dari kota, meningkatkan kualitas udara bagi semua orang.
Lalu lintas dikurangi dengan menggeser penumpang ke kendaraan yang lebih kecil dan lebih hemat ruang.
Dan perusahaan sepeda listrik dan perusahaan kendaraan listrik pribadi lainnya menerima dorongan bisnis yang membantu mereka berinvestasi lebih jauh jauh untuk  menghadirkan lebih banyak model dan lebih banyak aksesibilitas ke pasar.