Trek Bicycle Corp. dilanda gugatan hukum atas dugaan "menyesatkan konsumen sehingga percaya bahwa helm Bontrager WaveCel melindungi dari gegar otak lebih baik dari helm biasa."

Menurut publikasi hukum Law360, gugatan tersebut menuduh iklan dengan penelitian yang tidak dapat diandalkan untuk tujuan pemasaran

Seorang pria New York, Andrew Glancey dari Staatsburg, adalah penggugat utama dalam gugatan class action yang diajukan pada 8 Januari, bahwa Trek dituntut sebesar $ 5 juta.

Bontrager, yang diambil Trek, merilis helm yang menampilkan teknologi WaveCel berlisensi di awal tahun 2019, mengklaim bahwa helm tersebut "48 kali lebih efektif daripada busa EPS standar untuk mencegah gegar otak akibat kecelakaan sepeda biasa."

Belakangan, MIPS perusahaan yang bertanggung jawab atas Sistem Perlindungan helm bersepeda, mempertanyakan klaim tersebut.

Dalam sebuah pernyataan pada Maret 2019, MIPS mengatakan: "MIPS mengatakan helm WaveCel yang baru dan  hasil yang jauh di bawah klaim penting yang disebutkan teknologi WaveCel untuk pencegahan cedera."



Wavecell protection test

Berbicara kepada hakim federal New York, Glancey mengatakan bahwa Trek "keliru menyatakan helm WaveCel mereka 'mampu menahan benturan hingga 48x lebih efektif daripada helm busa tradisional' untuk mencegah insiden gegar otak."

Gugatan tersebut menyatakan Trek membuat "representasi yang menipu mengenai produk", dan studi yang diandalkan perusahaan memiliki "satu atau lebih penulis" dengan "kepentingan pemasaran langsung" dengan teknologi WaveCel, yang dilisensikan secara eksklusif oleh Trek.

Glancey menuduh penelitian tersebut tidak menggunakan helm yang sebenarnya dijual, melainkan menggunakan disain helm berbeda dimodifikasi untuk menyertakan komponen WaveCel.

Gugatan tersebut juga menuduh manfaat yang diberikan produk tidak setara dengan harga premium yang ditambahkan ke helm.

Pada kesempatan dimana badan MIPS, menyerukan standardisasi pengujian helm yang lebih baik.
MIPS mengatakan pada Maret 2019: Masih kurangnya standar industri secara keseluruhan dari organisasi pengujian pihak ketiga yang dapat memberikan informasi yang akurat bagi konsumen.

Virginia Tech - yang melakukan uji benturan bekerja sama dengan Institut Asuransi untuk Keamanan Jalan Raya - memberikan penghargaan helm dengan teknologi WaveCel bintang lima, tetapi memasukan juga merek Bontrager tanpa teknologi yang disebutkan dengan nilai bintang lima.
Jadi pembeli akan bias melihat harga helm WaveCel seharga $150, sementara standar MIPS dengan teknologi busa konvensional juga mendapatkan bintang yang sama ternyata lebih baik (tes tabel atas)

Benturan di kepala akibat terjatuh di sepeda, tidak dapat dimasukan dalam definisi.
Secara statistik, penguna helm tidak mendapatkan efek ketika benturan terjadi sampai masalah gejala gegar otak.
Jadi hati hati dengan marketing gimmick dengan produk sepeda. Mungkin membayar mahal tidak berdampak dengan apa yang dikatakan dalam sebuah iklan.