Walikota Bill de Blasio mengkonfirmasi rencana kota untuk mengubah jalur mobil di jalan raya di Jembatan Brooklyn menjadi jalur sepeda dua arah yang dilindungi pada Jan 2021.

Jembatan Brooklyn telah berusia 138 tahun, akhirnya diputuskan akan dibuat untuk jalur sepeda.
Walikota berencana untuk mengubah jalur bagian dalam dari tiga jalur mobil di sisi Manhattan menjadi jalur sepeda terpisah di akhir tahun 2021,

Sementara membatasi jalan kayu di bagian atas hanya sebelumnya digunakan untuk pesepeda dengan pejalan kaki, Nantinya akan dipisah untuk pejalan kaki tersendiri.
Kota New York menyebut sebagai proyek Jembatan untuk Rakyat yang resmi akan diumumkan oleh walikota pada pidato kenegaraan.

“Sekarang, saatnya membawa kita ke abad 21 dan merangkul masa depan dengan rencana baru radikal. Di Jembatan Brooklyn, kami akan melarang mobil dari jalur di sisi terdalam untuk sisi Manhattan dan mengubahnya menjadi jalur sepeda terlindung untuk dua arah.

Jembatan Queensborough yang menghubungkan Queens ke wilayah bisnis Manhattan juga akan dibuat jalur mobil menjadi jalur sepeda, menurut walikota, yang pertama kali mengungkapkan rencananya secara eksklusif kepada New York Times.

Skema tersebut muncul tujuh bulan setelah Brooklyn Paper melaporkan bahwa pejabat di Departemen Transportasi sedang dalam pembicaraan dengan pemerintahan de Blasio atas rencana nama ikonik Brooklyn.

Jalur sepeda dan pejalan kaki bersama saat ini di seberang Jembatan Brooklyn seringkali merupakan tekanan berbahaya bagi semua yang terlibat, terutama sebelum pandemi COVID-19, ketika turis berdesakan di ruang sempit.

Pada bulan September 2020, sekelompok pendukung sepeda meluncurkan kampanye Bridges4People, menyerukan kepada kota tersebut untuk menggunakan kembali dua jalur mobil untuk sepeda di masing-masing dari tiga jembatan East River antara Brooklyn Manhattan di tengah ledakan bersepeda selama pandemi.
Berita ini cukup menarik, karena kebutuhan warga dengan sepeda terus meningkat.
Membuat pemerintah kota New York memperhatikan dan mengakomodasi kebutuhan warga.
Kota New York terbagi dengan beberapa wilayah, tapi jalur utama ada di pusat bisnis Manhattan. Disana hanya terhubung dengan kereta atau kendaraan melalui beberapa jembatan.

Sepeda terpaksa masuk ke jalur pejalan kaki, terlebih di masa pandemi membuat jalur tersebut tumpang tindih karena dirancang untuk pejalan kaki tapi juga dilewati bagi sepeda.

Seperti gambar dibawah ini, jalur sepeda akan mengambil 1 jalur kendaraan bermotor.
Dahulu sepeda harus melewati di sisi atas untuk pejalan kaki termasuk turis.

Jalur sepeda di jembatan Brooklyn New York