Di tahun 2022, Brompton T Line model terbaru sepeda lipat paling ringan.

Memiliki berat 7,45kg, dengan bahan titanium yang presisi.

Tahun 2021 sebelumnya model Brompton L Line memiliki berat 9,65kg dengan bahan aluminium

Satu-satunya hal yang terbawa dari model klasik di sistem rem. Yang lain telah disempurnakan, dimodifikasi kembali, ditingkatkan, ”kata Will Carleysmith, chief design and engineering officer di Brompton. “Kami telah memeriksa seluruh produk ini dalam detail terkecil, mencari setiap gram yang dapat temukan untuk menghemat bobot”.

Brompton membuka pabrik khusus di Sheffield, unit produksi rangka titanium dibuat, menggunakan orbital dan pengelasan tig untuk meningkatkan kekuatan. Bingkai dikirim ke pabriknya di London, dan dirakit dari 150 komponen yang didesain ulang.

“Bekerja dengan titanium membutuhkan tingkat pengetahuan, pengalaman, dan ketekunan yang tinggi, jadi menemukan mitra yang tepat yang berbagi visi kami tentang apa yang dapat dicapai dengan titanium sangat penting,” kata Paul Williams.

“Hubungan kami dengan CW Fletcher, yang berbasis di Sheffield, dimulai tujuh tahun yang lalu. Bersama mereka, kami membangun Brompton Fletcher, perusahaan yang berdedikasi dengan fasilitas produksi khusus dan tim terampil yang mampu bekerja dengan material yang menuntut ini dan membuat bingkai titanium yang fantastis ini.”

Saat merancang sepeda paling ringan yang pernah ada, titanium adalah pilihan yang tepat. “memiliki rasio kekuatan-terhadap-densitas tertinggi dari elemen logam apa pun, kekuatan benturan dan ketahanan korosi yang hebat,” kata Williams, “menjadikannya bahan yang sempurna untuk membuat sepeda lipat paling ringan, mampu menahan tantangan dari kota".

Brompton mengatakan T Line 37% lebih ringan dari pada baja klasik yang setara tetapi sama kuat baik untuk beban hingga 110kg

Tapi rangkanya bukan satu-satunya alasan sepeda lipat yang dibuat untuk kota yang beratnya setingkat bahan karbon kelas atas.

T Line dilengkapi injeksi karbon, terutama dalam bentuk tiang kursi baru perintis. Brompton mengatakan itu adalah sepeda pertama di dunia yang dilengkapi dengan tiang karbon berlapis baja.
Untuk menahan kekuatan yang dialami sepeda lipat setiap hari, para insinyurnya menciptakan proses baru memperkuat karbon dengan pelindung baja 0,3mm.

Crankset juga terbuat dari karbon, bagian dari drivetrain baru yang dipatenkan, dirancang Brompton untuk ditempatkan di dalam lipatan sepeda.

T-Line akan ditawarkan dalam dua spesifikasi

T Line One single speed, yang merupakan iterasi paling ringan,
T Line Urban, 4 speed  yang ringkas dan pelindung lumpur.

Brompton T Line tersedia secara eksklusif di toko Brompton Junction terpilih di London, New York, Shanghai, Singapura, dan Paris.

T Line One ditawarkan £3,750/$4,795/€4,360 , sedangkan T Line Urban akan berharga £3,950/$4,995/€4,590.

Brompton