Setelah mencatat lebih dari 2 juta penjualan ebike di Jepang, Yamaha Motor Group memasuki pasar AS pada tahun 2017.

Yamaha telah membuat sepeda dengan motor-assist selama hampir 30 tahun, meluncurkan model "electrically power-assisted" pertama di dunia pada tahun 1993, dan telah menjual lebih dari 2,5 juta ebike dalam beberapa dekade.

Yamaha juga membuat motor pengerak sebanyak 4,5 juta unit.
Model sepeda listrik Wabash RT dan CrossCore RC baru menjadi model AS pertama yang datang dengan unit penggerak PWSeries ST 250-W (daya puncak 500-W) menghasilkan torsi 70 Nm dan kecepatan bantuan pedal 45 km/jam dari 4 mode pilihan.

Yamaha menambah fitur mode otomatis peralihan tiga mode berdasarkan input sensor.
Sistem Sensor Quad yang mengumpulkan data input pengendara dari sensor torsi, kecepatan, pedal, dan sudut.

Desain rangka baru juga menempatkan baterai Li-ion 500-Wh yang terintegrasi dalam downtube, membuat tampilan yang lebih bersih dan ramping.

Yamaha Wabash RT dibangun dengan bingkai aluminium hydroformed, tersedia dalam tiga ukuran, dan dilengkapi dengan stang drop melebar berorientasi medal kerikil dan tiang kursi dengan panjang travel 60 mm.

Spesifikasi utama termasuk drivetrain Shimano GRX dengan derailleur 11 speed awalnya dikembangkan untuk bersepeda gunung, ban Maxxis Rambler 700x45c TR EXO 120tpi dan rem cakram hidrolik Shimano GRX RX dilengkapi rotor 180 mm.

Yamaha CrossCore RC ditujukan untuk komuter kota, dengan bingkai aluminium berukuran S, M atau L, stang alloy datar dengan pegangan ergonomis untuk posisi berkendara yang lebih tegak, lampu depan LED terintegrasi, dan layar LCD dengan info pengendaraan dengan warna, dan satu lagi konektivitas Bluetooth dan USB.

Berbeda dengan Wabash RT, model CrossCore mengunakan drivetrain Shimano Alivio dengan 9 speed, suspensi garpu SR Suntour NEX dengan travel 63 mm untuk membantu meredam gunjangan di jalan, pengereman cakram hidrolik rotor 180 mm roda depan dan 160 mm di roda belakang, dan pelek 27,5 inci yang dibungkus ban CST Brooklyn Pro

Dan kualitas Yamaha itu datang dengan harga premium, Yamaha Wabash RT ditawarkan sekitar $4.099 sedangkan CrossCore RC dijual dengan harga $3,099..

Yamaha Wabash RT dan CrossCore RC

Yamaha - Wabash RT, CrossCore RC