Canyon sistem kemudi Keep It Stable (K.I.S.) yang dipatenkan yang bertujuan untuk meningkatkan kontrol pengendara.

Pita serat polimer terpasang ke cincin cam di sekitar kemudi garpu, dan pita dipasang ke pegas tegangan yang dapat disesuaikan.
Canyon mencatat bahwa kendaraan seperti mobil dan kapal juga memiliki sistem untuk menjaga kemudi tetap ditengah.

    Ketika berbicara tentang sepeda, penambahan titik referensi center dan kekuatan yang berbalik saat kemudi menawarkan manfaat di setiap aspek berkendara.
Dari meningkatkan stabilitas pada kecepatan apa pun dan penanganan dapat diprediksi hingga menyaring pergeseraan roda depan dan mengurangi kelelahan pengendara.

K.I.S bahkan membantu mengendalikan drift dan meminimalkan understeer.
Saat sepeda kembali menanjak, sistem terus memberi, membuat pendakian lebih efisien dan secara aktif memerangi masalah roda, mengurangi dorongan daya kemudi yang diperlukan dari pengendara untuk menjaga keseimbangan.



Canyon Steering Stabilize

Tampaknya masuk akal bahwa sistem membantu menahan beberapa defleksi roda depan dengan menambahkan ketahanan ketika melintas gundukan yang mungkin membuat pengendara keluar jalur.

Karena pengendara secara alami menahan defleksi seperti itu menggunakan kekuatan otot tangan.

Setidaknya tampaknya sistem ini dimana pengendara membutuhkan waktu untuk membiasakan diri, terutama bagi pengendara berpengalaman.


Canyon mengatakan K.I.S. sistem menambah berat sekitar 110g, tapi tidak memerlukan perawatan karena terletak di dalam rangka.
Satu hal yang tidak jelas adalah bagaimana secara teknik unit menempel pada fork steerer, apakah ini membuat penggantian fork menjadi lebih rumit.

Penggeser yang terletak di bagian atas tabung atas digunakan untuk menyesuaikan tegangan pegas sehingga pengendara dapat menyesuaikan kekuatan stabilisasi yang mereka inginkan. Tidak jelas apakah ini dapat dinonaktifkan sepenuhnya bagi mereka yang ingin kembali dengan kemudi tradisional.

Menurut Canyon, sistem ini juga memiliki fitur penghentian rotasi untuk mencegah palang menabrak tabung atas saat terjadi benturan.

K.I.S. dijadwalkan dimasukkan pada model sepeda Spektral 2023 di musim panas.