Bagian yang perlu di ganti adalah Frame dan Shock atau fork untuk suspensi.

2 komponen ini memang perlu diganti bila anda ingin merasakan sesuatu yang baru.
Misalnya anda menganti frame dari hardtail ke Full suspension. Ada 2 komponen sepeda yang perlu dirubah yaitu frame dan shock harus mengikuti kebutuhan anda.
Misalnya anda ingin menganti ke Full Suspension Bike. Hal mutlak yang harus diganti adalah membeli frame baru tipe fullsus. Serta menganti bagian Fork depan yang rata rata lebih tinggi untuk sepeda Fullsus. Bagian yang satu ini perlu dibeli cukup mahal atau memang harus mahal. Tetapi nilai jualnya cukup baik walaupun sudah menjadi barang bekas pakai.

Bila anda memulai membeli frame jenis hardtail dengan suspensi depan berukuran 100mm. Setidaknya pengantian fork bersuspensi depan dengan travel 120mm atau lebih. Perlu diketahui juga, setiap frame sepeda memiliki aturan untuk panjang travel shock depan. Bila membeli sepeda jenis frame Trail disarankan mengunakan 120-140mm, sepeda AM - All Mountain disarankan sampai 140mm lebih. Cukup melihat konfigurasi yang diberikan oleh pabrikan sepeda. Jangan lupa, disain frame sepeda memiliki geometri tersendiri. Lihat katalog dari pabrikan sepeda, apakah frame masih bisa mengunakan fork dengan travel lebih tinggi.

Ada pengalaman dari cerita sebuah situs sepeda ternama. Jenis Shock per atau Shock Angin untuk fork depan yang terbaik. Boleh percaya atau tidak, Shock per lebih nyaman dari Shock angin (Air). Alasannya, benturan benar benar diredam oleh per, lebih tahan lama, bebas perawatan serta lebih murah. Masalahnya berat pengendara berbeda beda dan suspensi jenis  per relatif lebih berat. Shock angin memiliki kelebihan karena mudah di sesuaikan dan relatif lebih ringan. Bila sudah cocok dengan shock fork jenis per, nikmatilah, akan lebih nyaman dan murah.

Sementara untuk komponen Drivetrain seperti gigi, shifter dan disc break dapat anda pertahankan. Anda hanya perlu menganti jenis rim atau velg yang lebih kuat. Atau setidaknya anda perlu merancang sebuah Wheelset baru yang anda idamkan. Perhatikan ukuran lebar RIM (Velg) sepeda anda. Rim atau velg roda memiliki ketentuan khusus terhadap lebarnya ban. Misalnya Rim tipe A hanya merekomendasikan pemakaian ban dengan ukuran maksimum 2.1 inch. Sebaiknya aturan tersebut di ikuti.

Demikian juga jika anda menginginkan pengereman lebih baik, cukup menganti rotor anda dengan ukuran lebih besar. Dan mempertimbangkan untuk mempertahankan bagian caliper rem anda dan hanya menganti ukuran rotor lebih besar.  Perlu di ingatkan ukuran rata rata rotor diskbrake sepeda gunung yang digunakan adalah 6 inch. Bila suatu saat anda menginginkan rem sepeda anda lebih baik, bisa di perbesar ke ukuran 7 inch. Tetapi hanya bagian rotor serta adaptor caliper saja yang perlu di ganti. Sedangkan caliper lama masih dapat dipakai. Jangan termakan dengan rem sepeda yang mahal, salah satu majalah di Inggris sudah menguji bahwa rem seharga 1.5 juta lebih baik dibanding rem seharga 2-3 juta. Tidak perlu mengunakan rotor 8 inch, kecuali anda membutuhkan rotor untuk kekuatan rem.

Disisi lain. Kecuali anda ingin menaikan ke ukuran rotor 8 inch. Disini perlu beberapa perubahan. Bukan hanya pengantian Rotor dan Adaptor, kemungkinan Frame sepeda anda perlu diganti. Karena beberapa frame sepeda hanya dapat menerima ukuran 7 inch (maximum) rotor, bila diganti dengan 8 inch maka rotor akan menyentuh bagian frame. Demikian juga fork atau garpu depan anda. Beberapa produk hanya membatasi ukuran sampai 7 inch (maksimum).

9 dari 10 pendapat teman anda bisa saja salah
Jangan terlalu mengikuti pendapat teman teman anda. Misalnya membeli sepeda yang biasa dahulu, atau membeli kelas menengah atau langsung mengarahkan diri anda sesuai saran 1 orang teman anda. Alasannya, Badan, panjang kaki dan fisik setiap orang berbeda beda.
Teknik sederhana saja. Cobalah sepeda yang anda inginkan.

  1. Bila teman anda menyarankan sepeda tipe A dan dia juga mengunakan merek A. Coba saja sepeda yang dimilikinya. Bila anda merasa cocok, baru berpikir untuk membeli sepeda yang sama.
  2. Kombinasikan dengan model lain yang teman lainnya dan pilih yang terbaik dan fit untuk anda.
  3. Jangan memaksakan diri dengan mencocokan badan anda kepada sepeda baru. Tetapi sepeda-lah yang harus cocok dengan diri anda sendiri.
  4. Ukuran frame sepeda memiliki besar berbeda beda. Seperti ukuran XS, S, M, dan L sampai XL. Atau dihitung dengan ukuran 16, 17, 18, 19 dan lainnya. Ukuran tersebut biasanya mengikuti ukuran tinggi badan si pengendara. Masing masing pabrikan memiliki standar sendiri, tetapi rata rata tidak jauh berbeda.

Ukuran S biasanya direkomendasikan untuk pengendara yang memiliki tinggi 160-170cm, M untuk tinggi badan 170-180cm, dan L untuk diatas 180cm atau lebih tinggi dan terbesar disebut juga XL. Bila tinggi badan anda dibawah 160 cm, bisa mencoba ukuran XS.

Tetapi ukuran tersebut bukan menjadi patokan dari ukuran frame yang anda beli. Bisa saja mereka yang memiliki tinggi diatas 175cm merasa lebih cocok mengunakan ukuran frame jenis M (medium) atau S (Small). Perlu di ingatkan bahwa setiap pabrikan memiliki teknik pengukuran tersendiri, dan belum tentu ukuran yang mereka berikan cocok dengan tubuh anda.

Saran
Tidak mengikuti saran membeli sepeda berdasarkan saran, tetapi anda tidak pernah mencoba terlebih dahulu sepeda yang disarankan itu.

Dan jangan menimbang dari faktor emosi, sekali lagi lakukan persiapkan dan pelajari lebih dahulu sebelum mengambil keputusan untuk membeli. Membeli sepeda terlalu murah tidak akan menghindari anda untuk terus mengupgrade sampai menganti dengan sepeda baru. Sampai suatu hari anda sadar, bahwa uang untuk sepeda sudah habis terlalu banyak. Dan baru menyadari bahwa anda sebenarnya sudah cocok ke satu sepeda sejak awal. Tetapi anda  mengabaikan pilihan tebaik sebelumnya. Teknologi sepeda terus berkembang, tetapi pengendara membutuhkan waktu lebih lama untuk menguasai sebuah sepeda.

Kecuali anda memiliki budget tak terbatas dan lebih suka memasuki toko toko sepeda setiap minggu dan mencoba mendapatkan sepeda yang memuaskan anda. Saran diatas bukan sebuah saran yang baik.