Goesbike - http://www.goesbike.com
Tips Maintenance Chain of Bike. Merawat rantai sepeda dan waktu pengantian rantai sepeda
http://www.goesbike.com/articles/456/1/Tips-Maintenance-Chain-of-Bike-Merawat-rantai-sepeda-dan-waktu-pengantian-rantai-sepeda.html
Martin Mulwanto
Martin Mulwanto,
Contributor.
Hobbies Photographer, Cyclist, Cartoon, Blue Color
 
By Martin Mulwanto
Published on 28 May 2018
 
Merawat rantai sepeda ternyata tidak rumit. Tetapi tidak banyak yang mengetahui teknik untuk menjaga rantai sepeda. Berapa lama harus membersihkan dan merawat rantai sepeda. Hindari cairan pembersih karat atau membersihkan semua kotoran dari logam. Kapan waktu untuk melakukan pengantian rantai sepeda. Salah satu produsen rantai sepeda KMC memberikan tip mudah. Seperti tanda tanda rantai perlu diperbaiki dan cara membersihkan rantai sepeda.

Kapan untuk menganti rantai
Merawat rantai sepeda ternyata tidak rumit. Tetapi tidak banyak yang mengetahui teknik untuk menjaga rantai sepeda. Berapa lama harus membersihkan dan merawat rantai sepeda, kapan kita perlu memberikan pelumas atau minyak untuk rantai sepeda. Atau kapan waktu untuk melakukan pengantian rantai sepeda. Salah satu produsen rantai sepeda KMC memberikan tip mudah. Seperti tanda tanda rantai perlu diperbaiki dan cara membersihkan rantai sepeda.

Indikator yang perlu diawasi oleh pengendara ketika rantai perlu diperhatikan.
  • Sistem gigi sepeda atau ketika memindahkan gigi sepeda terasa kurang enak atau tidak mudah masuk walaupun sudah melakukan setting RD dan FD.
  • Rantai suka lepas atau terselip di bagian gigi depan.
  • Mulai terdengar suara berdecit pada bagian rantai
  • Terkadang terdengar suara yang timbul akibat rantai terlalu kering.

Informasi diatas adalah sebagian tanda tanda bahwa komponen rantai sepeda perlu diperhatikan. Apakah kita harus menganti, memberikan pelumas dapat di ikuti saran dibawah ini.

Kapan rantai perlu diberikan pelumas rantai
  • Untuk sepeda on road, rantai perlu diberikan pelumas bila mencapai jarak 250km
  • Untuk sepeda off road, rantai perlu diberikan pelumas bila mencapai jarak 100km.
  • 2 saran diatas hanyalah angka rata rata. Tetapi setiap pesepeda dapat memperkirakan kapan rantai perlu diberikan pelumas sesuai kondisi dan medan yang sering dilalui oleh sepeda. Bisa saja lebih singkat atau lebih lama. Tergantung berat tidaknya medan sepeda yang dilalui.
Kapan kita perlu menganti rantai sepeda.
Rantai sepeda adalah komponen dari sepeda yang sangat penting. Tetapi sering terlupakan, padahal komponen yang satu ini paling rentan aus. Uniknya komponen rantai ternyata menjadi bagian paling minim mengalami kerusakan dibandingkan bagian ban dan rusaknya RD sepeda. Kondisi kerusakan rantai sepeda hanya memiliki satu kondisi, yaitu Putus. Dibawah ini saran dari profesional dan kalangan amatir atas perlakukan sebuah rantai, dan kapan waktunya untuk menganti dengan yang baru.
  • Ada yang mengatakan , rantai saya baik baik saja. Rantai yang saya gunakan adalah rantai yang saya beli bersama sepeda. Walaupun dimedan tertentu, rantai menyulitkan saya dan sering melompat. Seperti  tidak tepat masuk ke gigi depan atau belakang sepeda, tetapi kondisi rantai saya tetap ok. Kami tidak memberikan komentar apapun atas pendapat yang satu ini.
  • Ada pendapat lain, sebaiknya rantai diganti setelah pemakaian 2 tahun. Pendapat ini diberikan oleh mereka yang sudah berpengalaman mengunakan sepeda untuk medan XC.
  • Pendapat dari kalangan profesional mengatakan, pengantian rantai bila sepeda sudah menempuh perjalanan sejauh 500-700km. Bila dihitung pada sebuah perjalanan sepeda dengan medan XC setiap minggu dengan jarak 30km. Sekitar 1 sampai setengah tahun, adalah waktu untuk menganti rantai sepeda. Hitungan yang akurat tetapi sulit bagi penguna awam.
  • Yang lainnya menyarankan menganti rantai bila sepeda sudah berjalan sampai 1500 - 4000km.
  • Menganti bagian rantai sepeda secara rutin akan memberikan kenyamanan bagi pengendara, dan menghindari terjadi rantai putus. Tinggal diperkirakan kapan waktunya untuk menganti rantai sepeda dengan yang baru. Jangan menunggu rantai sepeda anda putus, khususnya mereka yang sering melakukan perjalanan ke daerah pegunungan dengan sepeda.

Bagaimana merawat rantai sepeda
Bagaimana merawat rantai.
  • Bersihkan rantai setelah melakukan perjalanan, khususnya setelah melakukan perjalanan diarea becek / lumpur , berdebu atau hujan.
  • Bersihkan rantai dengan kain kering untuk mengangkat kotoran yang menempel pada rantai sebelum dibersihkan
  • Jika perlu gunakan sikat untuk membersihkan rantai.
  • Jangan lupa bagian lain yang perlu dibersihkan seperti pulley (gear yang menempel pada RD), sprocket dan gigi depan.
  • Bila ada debu atau tanah yang membandel, gunakan sabun biasa. Tetapi tidak mengunakan sabun seperti deterjen yang memiliki sifat pelarut kotoran.
  • Bila perlu gunakan air sedikit hangat untuk membersihkan rantai.
  • Sekali lagi jangan gunakan sabun seperti deterjen dengan konsentrasi tinggi, karena akan merusak rantai dan melarutkan minyak yang ada.
  • Keringkan rantai dengan mengunakan kain untuk mengeringkan rantai, dan diamkan sebelum diberikan pelumas..


Kapan untuk memberikan pelumas rantai setelah dibersihkan.
  • Setelah rantai di cuci atau dibersihkan, sebaiknya langsung diberikan pelumas.
  • Pastikan kondisi rantai benar benar kering.
  • Gunakan pelumas khusus untuk rantai. Gunakan pelumas sesuai medan sepeda seperti 2 jenis yaitu minyak pelumas rantai untuk medan kering / Dry dan basah / Wet.
  • Jangan terlalu banyak memberikan pelumas, karena akan memberikan kesempatan debu atau kotoran lebih banyak menempel pada rantai.
  • Berikan pelumas pada bagian pin dimana bagian tersebut akan selalu terjadi gesekan. Dan bukan pada bagian luar ring bagian rantai
  • Bersihkan minyak yang terlalu banyak menempel pada rantai bagian luar dengan kain
Bagian yang diberikan peluas adalah pin dan bearing tengah. Bukan bagian luar rantai.



Bagaimana menjaga rantai sepeda terhadap posisi gigi sepeda.
Rantai dirancang dengan sisi fleksibel minimum terhadap sudut gigi sepeda. Untuk menjaga kondisi rantai tetap baik, ada baiknya melakukan perlakukan dibawah ini.
Hindari terlalu sering mengunakan gigi sepeda dengan posisi besar dan kecil antara Sprocket dan Gear depan sepeda. Karena akan membuat kondisi rantai semakin fleksibel, dan dampaknya membuat renggang pin pada rantai.



Hindari pengunaan bahan abrasi.
Bila menganti rantai baru, atau membersihkan rantai lama. Tidak mengunakan bahan bersifat abrasi.
Misal mencelup ke cairan yang mampu merontokkan kotoran, agar rantai benar benar terlihat bersih.

Shimano memberi peringatan bila bahan jenis abrasi tersebut dapat merusak komponen rantai.
Rantai dari pabrik telah diberikan pelumas, dan pelumas menjaga agar rantai tidak terbentuk karat. Bagian tersebut ada di dalam sisipan rantai, biarkan pelumas dari pabrik ada di dalam.
Kita hanya perlu menambah dibagian luar, dan pelumas akan meresap dan membantu pelumas lama.

Seperti apa bahan yang bersifat abrasi. Cairan pembersih karat (WD40), atau cairan semprot khusus perlu dihindari.
 
Merawat rantai hindari bahan abrasi