Goesbike - http://www.goesbike.com
Tip cara menganti rantai membuka rantai sepeda dan memasang rantai sepeda baru
http://www.goesbike.com/articles/470/1/Tip-cara-menganti-rantai-membuka-rantai-sepeda-dan-memasang-rantai-sepeda-baru.html
Budhi Prakoso
Budhi Prakoso. Diving & Golf is old, running
cycling is a sport to train the heart.

 
By Budhi Prakoso
Published on 28 May 2018
 
Mereparasi sepeda untuk bagian rantai tidak sulit. Menganti rantai sepeda, membuka rantai sepeda sampai memasang dengan rantai sepeda baru bisa dilakukan sendiri. Tidak membutuhkan waktu lama, hanya dengan tool untuk kunci rantai, membuka dan memasang rantai sendiri di rumah. Peralatan ini wajib dimiliki oleh pengendara sepeda.

Melepas rantai dan memasang rantai baru

Menganti rantai sepeda, membuka rantai sepeda sampai memasang dengan rantai sepeda baru. Tidak membutuhkan waktu lama, hanya dengan tool untuk kunci rantai, anda dapat membuka dan memasang rantai sendiri di rumah. Tetapi ada yang perlu di perhatikan dalam memasang rantai sepeda. Tip dibawah ini memberikan gambaran untuk membuka dan memasang rantai sepeda anda kembali.

Membuka rantai lama

Tools kunci rantai, tampilan seperti gambar dibawah ini harganya hanya 60 ribuan saja. Atau anda memiliki kunci rantai yang lebih bagus tentu lebih baik.



Persiapan :
  • Siapkan rantai baru, jangan lupa untuk memperhatikan tipe rantai. Karena tipe rantai juga berbeda beda, ada yang diperuntukan untuk 7 speed, 8 speed atau 9 speed. Pastikan rantai baru anda memiliki ukuran yang tepat.
  • Untuk membuka pin lubang rantai, carilah pin lama untuk membuka pin rantai seperti gambar dibawah ini. Memiliki bentuk pin berbeda dari yang lain.


  • Pasang kunci rantai seperti gambar dibawah ini. Kencangkan sisi kiri (bentuk baut), lalu bagian kanan dengan tuas dan putar untuk menekan ./ mendorong pin keluar dari ring rantai.
  • Biasanya akan terdengar atau adanya suara seperti klik pertama dan klik kedua. Yang diartikan pin telah melewati bagian ring 1 dan klik ke 2 setelah melewati ring ke 2. Putar terus pin sampai terdorong keluar dari O ring rantai.



Seandainya anda masih ingin mengunakan rantai bekas tersebut. Sebaiknya tidak mendorong pin sampai tembus keluar dari ring rantai terakhir. Gunakan teknik pada gambar dibawah ini.
  • Ketika terdengar bunyi 1 click, seperti gambar diatas. Lepas rantai dari kunci rantai, lalu pindahkan ke bagian jalur tengah seperti gambar dibawah ini. Baru anda mendorong kembali pin pada jalur tengah dari kunci rantai secara perlahan. Sampai pin lepas dari O ring rantai tetapi tidak lepas dari ring bagian luar rantai (tepi rantai). Sehingga pin tetap tertinggal di ring rantai terakhir. Sewaktu waktu anda dapat mengunakan rantai bekas anda kembali, dan pin tetap akan menempel pada ring rantai bekas anda.



Perhatikan marking pin pada rantai, untuk memendekan rantai sepeda
Perhatikan marking pin rantai

Beberapa komponen rantai high end memberikan marking atau tanda pin rantai mana yang harus dicopot.

Informasinya dibawah ini, pada gambar terdapat 2 garis pada pin rantai. Pin tersebut yang dicabut dan digunakan untuk memendekan rantai bila diperlukan.



Pada gambar tengah atas, terlihat tulisan rantai dari produsen. SIsi tulisan harus berada di sisi luar. Dan sisi tanpa tulisan berada di bagian dalam.

Sangat disarankan mengunakan pin dari pabrikan, dan tidak mengunakan pin bekas dari rantai.

Proses sebelum memasang rantai baru

Produsen sepeda atau komponen sepeda umumnya memberikan ukuran panjang rantai lebih banyak. Setelah melepas rantai lama, samakan dengan  mengukur kembali panjang rantai baru anda dengan panjang rantai lama. Buang bagian rantai baru yang terlalu panjang seperti teknik diatas.

Memasang rantai baru
Tekniknya sama seperti buka rantai tetapi prosesnya terbalik dari melepas rantai. Dimana pin yang berada diluar akan dimasukan ke dalam ring rantai.
  • Pasang rantai baru anda di sepeda. Pastikan posisi rantai sudah masuk ke lubang bagian RD dan FD dengan benar. Jangan sampai terlupa, karena kesalahan akan membuat anda untuk mengulangi pekerjaan dari awal. Inspeksi jalur rantai sekali lagi sebelum memasang pin rantai.
  • Siapkan posisi rantai baru anda seperti dibawah ini, dimana pin siap ditanam ke ring rantai.



  • Seperti gambar dibawah ini. Posisi pin dibalik. Ketika membuka rantai, artinya pin lama didorong untuk keluar dari ring rantai. Sedangkan untuk memasang rantai, posisi pin rantai untuk dimasukan / didorong kedalam ring.
  • Kencangkan bagian baut penahan (sisi kanan) , dan mulai memutar tuas bagian kiri untuk menekan pin masuk kedalam ring rantai
  • Selama memutar tuas untuk menekan pin rantai, maka akan terdengar / terasa 2 kali bunyi klik
  • Seperti teknik diatas, klik pertama ketika pin rantai masuk ke ring paling depan. Terus dorong sampai terdengar bunyi klik ke 2. Yang diartikan pin sudah sampai di ring ke 2.
  • Buka kunci rantai anda dan perhatikan apakah pin yang baru ditanam sudah masuk rata. Bila masih menonjol, tekan ulang dengan kunci rantai secara perlahan saja sambil mengawasi posisi geseran pin agar kedua sisi sama rata. Perhatikan kedua sisi pin yang keluar dari ring rantai harus sama rata (seimbang)



  • Setelah memasang rantai baru, terkadang pin yang masuk membuat rantai agak seret atau tertahan.
  • Bagaimana memperbaiki posisi pin rantai yang kurang pas setelah dipasang. Tekniknya mudah, cukup mendorong kembali pin pada rantai baru agar tepat jatuh di  ring bagian luar. Lakukan secara perlahan sampai O ring dibagian dalam rantai tidak terjepit.


Mengapa harus menganti rantai

Pengalaman rekan kami rajin menganti rantai sepeda.
Lupa menganti rantai dan terlambat, berakibat biaya perawatan sepeda.

Hitung panjang rantai
Panjang rantai sepeda baru ukuran 1 inci atau 2,54cm

Panjang rantai 25,4cm - 25,5cm normal.
Ukur panjang rantai sampai 10 link, total 25,4cm
Panjang rantai 25,5cm sepeda tidak masalah tapi pertimbangkan menganti rantai baru.

Panjang rantai mendekati 25,6cm
Ganti rantai sepeda. Sebelum kondisi rantai merusak komponen lain.

Bila dibiarkan, bagian sprocket dan chainring telah mengalami tekanan berlebihan.
Menganti sprocket akibat menganti rantai baru tidak akan memperbaiki performa pemindah gigi sepeda. Bahkan rantai baru akan lebih cepat aus akibat jarak gigi sprocket sudah terlalu renggang.

Panjang rantai 25,7cm atau lebih dan gear sepeda sudah bermasalah
Pertimbangkan memeriksa bagian sprocket, serta chainring
Rantai yang sudah terlalu jauh memanjang akan berdampak pada 2 komponen tersebut.
Umumnya akan terkikis akibat mata rantai di kedua bagian tersebut tidak presisi.
Membuat setiap pin / gigi sprocket sampai chainring mengalami tekanan terlalu besar.

Mengapa perlu rajin menganti rantai.
Semakin sering sepeda digunakan, rantai akan memanjang. Istilah aus karena rantai akan tertarik dan stres.

Ketika memanjang, bagian rantai akan bergesekan dengan crank chain ring bagian depan atau ring depan serta sprocket gigi belakang.
Bagian gigi akan tidak merata menahan tarikan rantai. Membuat pin gigi sprocket dan chainring perlahan aus sampai rusak.

Bila rantai rusak dibiarkan
Pemindah gigi tidak mulus
Terdengar suara keras
Rantai melompat dari chainring / sprocket (kondisi puncak kerusakan), praktis rantai sepeda sudah tidak wajar.
Kerusakan terjadi bukan hanya di bagian rantai, tapi sudah merusak sprocket dan chainring.

Seberapa besar pelumas yang diberikan, sebagus apa rantai diberikan pelumas terbaik, bisa saja bagian tersebut perlahan habis.
Pelumas hanya mencegah gesekan yang timbul.

Usia pemakain gear sepeda tidak terkait langsung dengan pelumas rantai.
Dampak kerusakan gigi depan dan belakang, suatu hari tetap harus diganti karena aus.

Dengan merawat rantai sepeda yang layak digunakan, komponen sprocket dan chainring dapat lebih lama digunakan.
Bila kerusakan sudah terajdi , biaya tidak sedikit. Dibanding kita rutin menganti rantai setiap 3 tahun sekali atau kita menjaga rutin rantai dengan memeriksa panjang rantai sepeda masih layak pakai.




Mengunakan rantai performa dan daya tahan.
Walau rantai sepeda dari pabrikan sudah cukup baik. Bila tertarik mengunakan komponen rantai berkualitas, beberapa produsen menawarkan komponen tersebut.
Harga lebih mahal, dan daya tahan lebih lama, walau harganya tidak murah dan rantai sepeda berkualitas baik mencapai 2 kali lebih mahal.
Sekali lagi informasi rantai performa untuk masukan, bila ada penguna sepeda memang cukup rutin melakukan perjalanan, atau medan jalan menanjak.
Mengunakan rantai asli dari merek yang sama, lebih menjamin pemindahaan gigi lebih mulus. Entah lah.