Perhatikan marking pin rantai

Beberapa komponen rantai high end memberikan marking atau tanda pin rantai mana yang harus dicopot. Informasinya dibawah ini, pada gambar terdapat 2 garis pada pin rantai. Pint tersebut yang digunakan untuk memendekan rantai bila diperlukan.



Proses sebelum memasang rantai baru

Produsen sepeda atau komponen sepeda umumnya memberikan ukuran panjang rantai lebih banyak. Setelah melepas rantai lama, samakan dengan  mengukur kembali panjang rantai baru anda dengan panjang rantai lama. Buang bagian rantai baru yang terlalu panjang seperti teknik diatas.



Memasang rantai baru
Tekniknya sama seperti buka rantai tetapi prosesnya terbalik dari melepas rantai. Dimana pin yang berada diluar akan dimasukan ke dalam ring rantai.
  • Pasang rantai baru anda di sepeda. Pastikan posisi rantai sudah masuk ke lubang bagian RD dan FD dengan benar. Jangan sampai terlupa, karena kesalahan akan membuat anda untuk mengulangi pekerjaan dari awal. Inspeksi jalur rantai sekali lagi sebelum memasang pin rantai.
  • Siapkan posisi rantai baru anda seperti dibawah ini, dimana pin siap ditanam ke ring rantai.



  • Seperti gambar dibawah ini. Posisi pin dibalik. Ketika membuka rantai, artinya pin lama didorong untuk keluar dari ring rantai. Sedangkan untuk memasang rantai, posisi pin rantai untuk dimasukan / didorong kedalam ring.
  • Kencangkan bagian baut penahan (sisi kanan) , dan mulai memutar tuas bagian kiri untuk menekan pin masuk kedalam ring rantai
  • Selama memutar tuas untuk menekan pin rantai, maka akan terdengar / terasa 2 kali bunyi klik
  • Seperti teknik diatas, klik pertama ketika pin rantai masuk ke ring paling depan. Terus dorong sampai terdengar bunyi klik ke 2. Yang diartikan pin sudah sampai di ring ke 2.
  • Buka kunci rantai anda dan perhatikan apakah pin yang baru ditanam sudah masuk rata. Bila masih menonjol, tekan ulang dengan kunci rantai secara perlahan saja sambil mengawasi posisi geseran pin agar kedua sisi sama rata. Perhatikan kedua sisi pin yang keluar dari ring rantai harus sama rata (seimbang)



  • Setelah memasang rantai baru, terkadang pin yang masuk membuat rantai agak seret atau tertahan.
  • Bagaimana memperbaiki posisi pin rantai yang kurang pas setelah dipasang. Tekniknya mudah, cukup mendorong kembali pin pada rantai baru agar tepat jatuh di  ring bagian luar. Lakukan secara perlahan sampai O ring dibagian dalam rantai tidak terjepit.


Inspeksi perlu dilakukan.
Setelah memasang rantai baru, pastikan pin rantai anda benar benar rata di kedua sisi luar penahan ring sepeda dan tidak terlalu keluar atau terlalu dalam.
  • Caranya dengan meraba bagian pin atau memeriksa dengan teliti, apakah kedua ujung pin sudah seimbang. Bila satu sisi terasa lebih menonjol, dipastikan pemasangan pin tidak merata. Perbaiki dengan mendorong pin yang terlalu keluar secara hati hati dan perlahan.
  • Test terakhir adalah dengan mencoba sepeda dengan rantai baru untuk rute singkat. Untuk memastikan posisi rantai sudah siap digunakan dan dipasang dengan benar.
  • Jangan lupa berikan pelumas pada rantai baru anda.