Goesbike - http://www.goesbike.com
Travel Mini Downhill Telaga Warna to Gadog
http://www.goesbike.com/articles/478/1/Travel-Mini-Downhill-Telaga-Warna-to-Gadog.html
Henry Pangemanan
Trainer and Communication
 
By Henry Pangemanan
Published on 21 March 2010
 
Track Rindu Alam di Telaga Warna bukan melalui jalan berbatu saja. Ada satu jalur yang disebut Mini Downhill. Isinya, jalan yang minim tanjakan dan lebih banyak turunan. Disebut juga jalur Happy, tidak terlalu berkeringat tetapi tetap dinikmati. Jalur tersebut berakhir di sebuah lapangan bola dibawah kebun teh. Laporan kali ini menceritakan jalur sepeda dari titik Mini Downhill ala CrossCountry di Telaga Warna sampai menembus jalan aspal Gadog.

Page 1 Warung pak Ade, pintu masuk telaga warna dan jalur masuk DH MINI
Telaga Warna Downhill Mini sampai Gadog. 97% menurun, 3% menanjak. Jalur Happy MTB, tidak berkeringat banyak tetapi tetap seru.

Satu lagi rute sepeda gunung di Rindu Alam atau tepatnya track Telaga Warna. Sebuah singletrack sepeda dengan jalur utama sekitar 3km lebih, bersembuyi di hutan cadangan kebun teh Telaga Warna. Lalu dilanjutkan lagi menembus kebun teh. Rute sepeda MTB Downhill Mini Telaga Warna dapat dimulai dari warung pak Ade.



Pintu masuk seperti jalur biasa, dimulai dari pintu gerbang Telaga Warna. Lalu sedikit naik sampai ke titik view untuk melihat panorama kebun teh dibalik bukit.



Ini dia team brocolli and 89, sebelum masuk ke track Mini DH Telaga Warna




Untuk masuk ke track Mini Downhill disebut sebagai Track Happy, karena jalannya lebih banyak menurun. Pada jalur kiri terdapat sebuah jalan, menyusuri tebing kecil dengan medan singletrack.





Page 2 Masuk ke track DH Mini
Masuk ke singletrack Mini Downhill

Hanya cukup 1 sepeda saja untuk melewati jalur yang satu ini. Setelah melewati jalan diatas tebing kebun teh, jalan menuju turunan. Disinilah disebut jalur Downhill mini, karena turunan cukup curam dan terlihat jalan tersebut adalah jalur setapak baru. Setelah menuruni turunan curam, jalan akan sampai pada ke jalur hutan cadangan kebun teh. Juga dengan medan singletrack, jalur ini sebenarnya cukup baru dan tidak banyak dikenal oleh pengemar sepeda gunung umumnya. Kami diperkenalkan pada jalur ini dari Om Mahendra dari H4. Konon jalur ini memang benar benar fresh, dimana jalan tanah memang masih lumayan gembur terkadang diselingi akar batang pohon.

Seperti dibawah ini tampilan permukaan tanah di rute Downhill Mini.




Keasikan jalur Mini DH yang satu ini minim tanjakan. Pertama kali masuk ke dalam hutan cadangan tersebut, akan disambut sebuah turunan lumayan curam dengan sudut kemiringan 25 derajat atau mungkin lebih. Memacu minat untuk mempercepat sepeda melihat track yang menurun ? . Jangan berharap bisa melintas dengan cepat bila mengunakan sepeda jenis hardtail atau mereka yang mengunakan V-brake, karena tanah yang masih gembur akan membuat pengendara sepeda hardtail terlempar bila salah mengambil jalur.

Setelah lalu 2 tanjakan, satu disebut letter S. Tapi bukan satu S , melainkan banyak S. Bisa dibilang jalur zigzag yang menurun. Beberapa pengila sepeda gunung mengatakan, jalur ini dinamai jalur Happy. Selama perjalanan lebih banyak cecakak cekikik melihat rekan sempat nyungsep atau sepedanya menancap ke luar jalan karena terlalu cepat.
Penutup dijalur Happy tersebut akan ditutup dengan jalan menurun lumayan panjang dengan kemiringan 10-15 derajat. Serunya tetap saja disebut jalur banyak S, karena jalannya memang meliuk liuk kecil, ditambah tanah gembur dan sulitnya melakukan pengereman.

Setelah melewati jalur banyak S, akan bertemu jalan yang memotong ke kanan dan yang banyak pohon putri malu, bukan ukuran kecil tetapi putri malu yang besar dan tajam. Bersiap saja lecet di kaki dan tangan bila tidak mengunakan pelindung. Keluar dari jalur putri malu akan tembus ke kebun teh, tepatnya diatas perkebunan teh. Disana juga dihadapi oleh jalan singletrack menurun lebih curam, sekitar 10-20 derajat. Jalan yang curam tersebut cukup panjang sebelum bertemu pertigaan pertama yang landai.









Foto dibawah diambil pada titik keluar jalur Mini DH putri malu.



Medan jalan yang menurun dan panjang pada foto dibawah ini




Dari pertigaan dapat dipilih untuk mengambil jalan menurun kebun teh dengan jalan meliuk kebawah tetapi landai atau meneruskan downhill mini yang lebih singat tetapi lebih curam
Foto ada dibawah ini adalah titik view di pertigaan pertama





Pemandangan di pertigaan pertama



Foto di pertigaan ke 2, setelah mengambil jalan ke arah kebun teh.



Bila mengambil jalan ke arah kanan lagi selanjutnya berlanjut sampai pada sebuah lapangan bola. Disinilah titik akhir Mini Downhill Telaga Warna





Foto manisnya , tetap



Dear All. Track Mini Downhill Telaga Warna dilaporkan sudah sering terjadi kecelakaan. Walau jalur ini memiliki jalan lebih baik dibanding 2 bulan lalu. Tetapi jalur ini belum bersih dari akar pohon dan pohon berduri, sehingga cukup berbahaya bagi mereka yang baru pertama kali mencoba. Ada baiknya berhati hati, mengingat sering terjadi kecelakaan. (10.04-2010)

Page 3 Jalur Soda Gembira sampai Gadog
Setelah keluar track Mini DH masih bisa melanjutkan perjalanan sampai ke bawah bahkan tembus ke restoran Sarimande.
Rutenya mulus termasuk jalan aspal dan lebih banyak menurun. Boleh disebut jalur Soda Gembira, tidak banyak mengeluarkan keringat. Jalan yang dilalui lebih banyak menurun dengan keluar masuk jalan aspal dan kampung. Memotong jalan di samping  jalan raya dan jalan hutan Telaga Warna.

Hanya satu kali keluar ke jalan raya utama puncak, lalu kembali masuk ke jalan aspal ditepi jalan utama dan terus menyusuri jalan kampung. Bila diteruskan akan menembus ke restoran Sarimande di tepi jalan tol. Tetapi team Brocolli mengambil arah kiri untuk keluar di jalan Puncak dan berakhir di restoran Sederhana

Mampir di toko kelontong rute jalan aspal, mengambil logistik



Om Joseph, rantai putus . Buka bengkel darurat


Pecahan jalan, kiri keluar ke jalan utama Puncak. Bila lurus akan keluar ke restoran Sarimande samping tol



Tanggal 22 Maret 2010

Dibutuhkan pengarah jalan dari Telaga Warna sampai Gadog, karena rutenya agak rumit. Bantuan bisa melalui Mahendra Guider HP 081 59469128

Team Brocolli "enga foto enga berangkat"