Ini hasil mini veto dari situs singeltrack. Memberikan 5 pertanyaan atas jenis oli untuk rantai sepeda. Tipe rantai sepeda apa yang digunakan, ternyata jawabannya bisa bermacam macam.

Jawaban ada dibawah ini
  1. Terbesar , sepertiga penguna sepeda mengunakan jenis wet lube atau minyak rantai sepeda yang tahan air. Angkanya 33%. Tidak peduli dengan kondisi iklim, dan merasa mengunakan minyak rantai jenis wet lebih baik untuk rantai sepeda mereka.
  2. Yang tidak peduli juga banyak. Terserah apa jenis minyak yang mereka miliki sebagai pelumas rantai. Tergantung minyak yang mereka miliki, apakah jenis wet atau wax. Pilihannya sesuka hati dengan jumlahnya 25%.
  3. Ada yang lebih kritis. Mengunakan jenis wet lubrication atau minyak khusus tahan air ketika cuaca dimusim dingin. Dan mengunakan jenis Wax atau minyak rantai kering untuk musim panas. 25% peduli dengan jenis minyak rantai yang mereka gunakan. Mengunakan 2 kombinasi minyak yang berbeda sesuai kondisi iklim.
  4. 2% mengatakan mengunakan jenis minyak apa saja.
  5. Dan sisanya 1%, malah memilih pinjam minyak rantai saja dari teman dan tetangga.
Bila dihitung, hampir 70% lebih rupanya sangat mementingkan fungsi minyak rantai dan tetap memberikan pelumas pada rantai.

Walaupun sebagian pesepeda tidak mau tergantung dengan minyak rantai sepeda yang mereka miliki.

Pelumas rantai untuk melindungi rantai dari
- Karat bila mengunakan rantai tanpa pelapis anti karat.
- Gesekan metal
- Memperlancar anak rantai
- Debu yang menganggu kinerja gear sepeda.

Lebih penting. Menjaga kondisi rantai masih layak pakai.


Karena kerusakan rantai terjadi ketika rantai mulai memanjang. Bahkan hanya dalam hitungan mm.
Rantai yang memanjang 1mm per 10 anak rantai masih dapat diterima dan tidak merusak drivetrain seperti gigi depan dan belakang
Lebih dari 2mm mungkin ada baiknya menganti rantai baru.

Lebih dari 3mm, kerusakan gear sepeda menjadi sangat besar. Pertama bagian sprocket dimana hanya sebagian gigi di bagian depan yang tertarik oleh rantai akan rusak.
Membuat pemindahan gigi terasa tidak nyaman, dan berakhir gigi sepeda kadang melompat
Dalam kondisi parah, tekanan pedal dapat membuat rantai melompat dari gigi belakang. Disusul bagian gigi depan seperti Chainring akan rusak
Bila kita terlambat menganti rantai, 3 komponen tersebut harus diganti bersamaan.
Menganti salah satu komponen, seperti menganti rantai saja tidak menyelesaikan masalah. Bahkan mempercepat aus rantai bari.
Menganti sprocket tanpa menganti rantai yang sudah aus /  rusak juga tidak membantu. Karena sprocket akan mengalami kondisi yang sama seperti sebelumnya. Walau sementara waktu sprocket sepeda terlihat tidak mengalami masalah.

Alasannnya

Ketika rantai memanjang tekanan pada gigi sepeda akan terpecah atau tidak merata.
Bila rantai semakin panjang, tekanan pada gigi sepeda akan bergeser ke bagian di beberapa gigi paling depan.

Tekanan rantai akan membuat gigi sepeda mendapatkan tekanan besar dan merusak gigi sepeda sendiri.
Waktu kerusakan rantai tidak dapat diperkirakan, khususnya dengan jarak. Tapi terkait dengan pemakaian dan gaya bersepeda kita.
Kerusakan rantai tidak dapat dihitung dalam jarak seperti keterangan dari media sepeda atau buku manual. Petunjuk tersebut hanya sebagai panduan, dan perkiraan kapan rantai harus diganti.