Berapa tekanan ban sepeda gunung yang tepat, berapa lebar ban sepeda yang tepat. Apakah semua ukuran lebar ban dan tekanan ban adalah sama bagi semua orang. Untuk tekanan ban sepeda gunung tergantung dari berat si pengemudi, sedangkan lebar ban umumnya mengunakan patokan dari medan yang akan dilalui.

Untuk tekanan ban, menyangkut dari bobot si pengemudi. Semakin berat dan besar si pengemudi, secara teoritis harus mengunakan tekanan ban lebih besar dari yang lebih ringan. Berapa ukuran yang tepat untuk tekanan ban sepeda anda. Dibawah ini data dari Michelin yang memproduksi ban sepeda.
Informasi dibawah ini sebagai petunjuk untuk tekanan ban sepeda gunung. Tetapi tidak mutlak untuk dijadikan patokan. Mengingat perbedaan fisik dari masing masing pengemudi sepeda gunung, serta medan yang dilalui.



Seperti keterangan gambar diatas. Perbedaan antara tekanan ban roda belakang dan depan sepeda gunung akan sedikit berbeda. Misalnya berat badan pengemudi mencapai 70kg. Maka tekanan ban yang di anjurkan untuk roda belakang berada antara 2.25 bar. Sedangkan ban depan disarankan memiliki tekanan dibawah 2.25 bar. Bila si pengemudi memiliki bobot lebih berat, tekanan ban yang digunakan juga lebih tinggi.

Tetapi patokan dari keterangan diatas tidak harus diperlu sepenuhnya di taati. Karena masing masing pengendara sepeda gunung yang bisa merasakan apakah tekanan ban yang digunakan sudah cukup, terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Note - Perhatikan tekanan ban maksimum dan minimum pada label ban. Khususnya untuk tekanan ban, jangan melewati batas yang ditentukan. Kemungkinan penahan ban dapat lepas dan terdorong dari velg atau merusak benang di dalam ban.