Goesbike - http://www.goesbike.com
Santchion shock breaker lube
http://www.goesbike.com/articles/613/1/Santchion-shock-breaker-lube.html
Budhi Prakoso
Budhi Prakoso. Diving & Golf is old, running
cycling is a sport to train the heart.

 
By Budhi Prakoso
Published on 16 November 2017
 
Merawat stanchion fork Komponen sepeda bagian shock depan jarang diperhatikan. Shock breaker umumnya minim perawatan, ketika jarang digunakan bagian ini terasa keras atau tersendat. Penyebabnya pada komponen Santchion atau tabung silinder shock juga memerlukan pelumas. Bagaimana merawat Santchion dengan pelumas dan pelumas apa yang baik untuk Santchion

Komponen sepeda bagian shock depan jarang diperhatikan. Shock breaker umumnya minim perawatan, ketika jarang digunakan bagian ini terasa keras atau tersendat. Penyebabnya pada komponen Santchion atau tabung silinder shock juga memerlukan pelumas. Bagaimana merawat Santchion dengan pelumas dan pelumas apa yang baik untuk Santchion

Pada bagian apa Santchion tersebut, dapat dilihat pada gambar dibawah ini dengan tanda C.



Bagaimana memberikan pelumas pada Santchion, atau memberikan pelumas pada batang shock breaker sepeda. Caranya mudah, cukup mencari bahan pelumas dengan kandungan teflon. Dan bahan tersebut sangat disarankan untuk pelumas Santchion.
Hindari pemakaian pelumas dengan sifat asam atau pecahannya. Perlu di ingatkan penahan silinder tabung shock breaker atau Santchion mengunakan bahan sejenis karet sehingga belum tentu tahan terhadap tingkat asam tinggi. Misalnya anda mencoba mengoleskan pelumas dari bahan didapur "minyak goreng" dan pecahannya. Bersiap saja suatu hari karet shock anda menjadi megar dan rusak

Bahan terbaik adalah pelumas Teflon, salah bahan yang dapat melindungi karet dan batang silinder shock.



Atau bisa juga mengunakan pelumas khusus untuk melapisi Santchion. Salah satu pelumas yang dapat dimanfaatkan adalah pelumas biasa dari produk Finish Line Chain Lube tipe Wet. Minyak ini bisa dimanfaatkan untuk pelumas rantai, komponen sepeda seperti Pulley sampai tiang shock / tube Santchion (silinder shockbreaker)

Caranya

Bersihkan bagian Santchion atau tabung silinder shock depan sepeda terlebih dahulu dan keringkan
 



Berikan minyak Finish Line, dan oleskan disekeliling bagian karet Santchion



Tekan shock breaker sepeda, sehingga bekas minyak naik mengikuti tingginya travel shock anda.



Tahap akhir, bersihkan sisa minyak yang tertinggal. Dan nikmati kembali kenyamanan shockbreaker anda.
Disarankan mengunakan tipe pelumas silikon yang dirancang khusus untuk pelumas suspensi sepeda

Pendapat memberikan pelumas ke suspensi sepeda.

Rockshox
Hanya memberikan pendapat untuk membersihkan tiang shock / stanchion sebelum melakukan perjalanan. Caranya sederhana, dengan membersihkan debu dan kotoran saja.
Dengan sering membersihkan dapat memperpanjang usia wiper pada bagian karet pelindung tiang fork atau shock.

MRP
Pesepeda tidak perlu memberikan pelumas di Stanchion, karena tidak perlu dilakukan. Karena pelumas akan menambah masalah dengan debu yang menempel.

Pesan dari produsen fork dan suspensi sepeda. Jaga bagian fork tetap bersih. Bersihkan sebelum melakukan perjalanan, dan bersihkan kembali setelah pulang.