Ukuran tekanan fork depan, apakah PSI sag, berapa tekanan yang tepat untuk shock breaker. Bagaimana mengukur tekanan angin untuk suspensi depan, memiliki angka relatif. Tetapi dapat diukur dengan perkiraan standar dari jarak Sag yang digunakan. Tekanan shock sepeda gunung jenis angin mengikuti berat badan si pengendara. Ada beberapa teknik tunning dari beberapa parameter untuk mengukur sag sepeda. Satu dibuat oleh anda sendiri sesuai kebutuhan. Dan satu ukuran lain yaitu rekomendasi maksimum dari pabrikan dalam menentukan tekanan angin shock sepeda. Terakhir ukuran yang final sesuai dengan kebutuhan anda sendiri. Tekanan suspensi depan sepeda mempengaruhi sag atau kedalaman shock ketika sepeda dikendarai. Bagaimana mengukur ukuran sag dengan perbandingan tekanan angin pada shock dan berat badan si pengendara sepeda.

Tekanan shock depan berhubungan dengan berat badan si pengendara. Hal lain yang menentukan adalah mutu dari buatan shock breaker, masing masing produsen memiliki teknologi berbeda. Misal berat badan anda relatif sama dengan rekan anda, sementara sepeda rekan anda mengunakan shock breaker berbeda, lalu anda mencoba dan merasa ingin mengikuti tekanan shock rekan anda. Tentu hasilnya belum tentu sama. Anda harus mengukur ukuran shock anda sesuai tipe shockbreaker yang anda miliki.

Apa yang dijadikan parameter atau ukuran awal untuk menyesuaikan shock sepeda. Disebut Sag, sebagai angka tunning standar yang digunakan oleh pemilik sepeda dengan berat badan pengendara.

Apakah Sag
Sag adalah pergerakan suspensi titik bawah ketika mendapatkan beban statis. Sag dijadikan salah satu parameter ketika melakukan tuning atau penyetelan tekanan shock breaker.
Titik paling bawah inilah yang disebut sebagai Sag, yaitu ketika suspensi menerima tekanan beban pengendara maka silinder shock akan turun menerima beban statis pengendara. Sag bukanlah ukuran untuk menentukan seberapa panjang shock breaker anda bergerak ketika melakukan perjalanan dengan sepeda. Tetapi Sag adalah kedalaman awal dari turunnya shock setelah menerima beban pengendara dan dijadikan patokan untuk mengukur tekanan angin shock sepeda. Bagaimana melakukan setting Sag terhadap shock breaker sepeda



Peralatan yang dibutuhkan.

  • Zip tie atau karet gelang
  • Pompa Shock
  • Pengaris






Cara mengukur sag shock depan jenis angin.
Pasangkan karet gelang atau zip tie pada silinder shock breaker, dan turunkan sampai posisi paling bawah.
Jangan lupa lepaskan setting rebound misalnya putar ke bagian negatif, sehingga shock tidak tertahan oleh rebound.



Baca tabel ukuran standar dibawah ini, dan panjang travel shock depan anda sesuai tabel. Misalnya shock sepeda depan anda adalah 100mm (10cm), maka ukuran awal untuk sag adalah 15-25mm untuk setting Enduro atau 10-15 untuk setting XC dan Race. Ukuran panjang Sag umumnya tidak melewati 1/4 panjang shock.


Satu lagi referensi bagi setting Sag dengan medan berbeda
Mengunakan ukuran secara umum untuk ukuran shockbreaker dengan panjang travel 80-100mm :
Medan CrossCountry dengan travel 80mm atau kurang, disarankan mengunakan angka 5 - 15% sag atas panjang travel shock
Medan Trail antara 15-20%
All Mountain antara 25-35%

Contoh angka Sag yang digunakan oleh Fox

sag setup

Travel

XC/Race FIRM

All-Mountain PLUSH

120 mm (4.75")

18mm (3/4")

24mm (1")

130 mm (5")

19mm (3/4")

26mm (1")


Update
Menurut Fox
Setting Sag untuk race atau berkendara cepat dapat di set antara 15-20%. Dan rear shock diset sampai 20-25%.
Setting Sag untuk santai, maksimum 20% fork dan 25% rear shock.