Ashima adalah pabrikan khusus komponen rem sepeda. Uniknya perusahaan ini memiliki banyak produk kanvas rem atau brakepad dari produsen lain. Ashima saat ini memiliki produk dari brakepad, kabel rem, tubing untuk rem sepeda hidrolik, rim brake pad, rotor sampai rem jenis mekanik. Dan sebagian dari produknya dirancang khusus.

Apa yang menarik dari produk brakepad buatan Ashima ini.

Teknologi rem sepeda terus berkembang mengikuti kebutuhan dan teknologi.Rem sepeda tipe diskbrake sebelumnya lebih banyak diproduksi dengan sistem mekanik, saat ini sudah mengunakan sistem hydraulic. Rem Hidrolik dirancang dengan beberapa keuntungan, seperti lebih ringan dan lebih nyaman.
Apakah produsen membuat rem dengan kemampuan yang sama, atau memang memiliki kualitas berbeda.
Di Indonesia sendiri, pasar sepeda baru ramai beberapa tahun lalu. Komponen rem diskbrake memang menyulitkan penguna sepeda untuk mendapatkan sparepart , khususnya brakepad. Satu sampai dua tahun dipakai, komponen brakepad sudah sulit di dapat. Demikian juga untuk perawatan, khususnya rem yang harus dirawat secara berkala. Seperti pengantian kabel untuk rem mekanik atau mengisi ulang minyak pada rem mekanik.

Apakah komponen sepeda harus menganti dari pabrikan asalnya. Bagaimana dengan performa, apakah bisa rem dibuat lebih baik dengan memodifikasi beberapa bagian tertentu.

Dibawah ini dasar penulisan artikel, mengapa produsen sparepart seperti Ashima dibutuhkan untuk pesepeda.



Alasan Solusi
  • Anda kesulitan mencari komponen untuk penganti brakepad. Apakah harus menganti Caliperm ketika sudah tidak tersedianya Brakepad dari produk asli.
  • Solusi. Dari produk Ashima maka pesepeda dapat mencari produk substitusi yang identik. Bahkan di beberapa model memiliki performa yang lebih baik.
    Jangan buang kaliper rem anda, cukup mencari produk subtitusi seperti buatan Ashima.
  • Apakah brakepad sebuah rem sepeda harus mengunakan komponen yang sama. Bagaimana dengan performa.
  • Solusi. Ada 3 jenis kanvas rem yang umum dipasar. Yaitu Organic (<30% metal), Semi metal / Resin (30-60% metal), Sintered Metal (>60% metal).
    Bila kita ingin mengunakan kanvas rem yang baik di medan kering dan tidak berisik. Pilihan ada pada bahan resin dan  organic, karena performa di medan kering lebih baik dibanding bahan metal.
    Sayangnya produsen diskbrake murah  hanya menyediakan brakepad jenis Organic.
    Disini dibutuhkan subtitusi dari brakepad asli dengan produk lain. Ashima menyediakan ke 3 jenis bahan tersebut untuk model caliper yang sama.
    Butuh pengereman maksimum dimedan kering , seperti pemakaian sepeda dalam kota. Bisa mengandalkan bahan Organic atau Resin. Pilihan tergantung kebutuhan anda.
  • Rem murah umumnya identik dengan biaya produksi. Apakah bisa sebuah rem murah ditingkatkan kinerjanya
  • Solusi sederhana.
    Beberapa model brakepad dari Ashima sudah disediakan dengan berbagai jenis model bahan brakepad.
    Ingin merubah kanvas rem dari tipe Organic, bisa memilih antara bahan Resin atau Sintered Metal. Atau brakepad premium tipe SOS (multi compound).
  • Produsen rem sepeda yang anda  memiliki hanya menyediakan brakepad jenis Sintered. Tetapi anda membutuhkan model lain yang lebih baik
  • Kebutuhan ini bisa diperoleh dari produk Ashima yang merancang teknologi SOS pada brakepad.
    SOS diartikan sebagai Sintered - Organic - Sintered atau multi compound. Pada satu kanvas rem terdapat 2 bahan. Pesepeda tidak perlu lagi khawatir menghadapi medan di jalur sepeda gunung. Karena rem Ashima SOS memiliki kemampuan di dua kondisi baik basah maupun kering.
    Sayangnya model Ashima SOS masih terbatas. Hanya tersedia bagi diskbrake model Shimano Deore XT, Magura Marta, Hayes seri MX1, Formula dan Avid saja.