Merek rem Bengal umumnya dikenal untuk sepeda mainstream. Sebelumnya rem sepeda model mekanik Bengal terkenal murah, ditawarkan 30% lebih murah dari produk Jepang dan Amerika. 2 tahun lalu produk Bengal juga terkenal dengan rem Hidrolik, khususnya Bengal 1 dan 1.1. Rem Bengal ramai digunakan sejak tahun 2008. Perusahaan Bengal tidak hanya memproduksi rem sepeda saja. Tetapi meliputi banyak produk yang berhubungan dengan rem sepeda. Dari kanvas rem sepeda, rotor, kabel dan lainnya.

Yang terbaru adalah seri Helix 3, dibawah versi terakhir dari Helix 4 dengan teknologi 4 piston. Untuk Helix 3 terbagi dari beberapa model yaitu Helix 3 veri standar, Helix 3SL dengan EZ Adjust pada hose konektor bagian caliper dan Helix 3 Carbon dengan brake lever lebih ringan. Sedangkan model terbaru Helix 4 ditawarkan hanya caliper saja.

Untuk ulasan kali ini yang dibahas adalah versi Bengal Helix 3.

Bengal Helix 3 memiliki fitur:
  • Open hydraulic disc brake system
  • Aluminum forged caliper, dual piston activation for peak stopping power “PSP”
  • Patented "EZ-out" brake pad replacement
  • Window function, easy for driver to inspect if pads have worn, easy clean and easy mud out
  • Aluminum forged master cylinder with reach adjustment, adaptable to both left and right levers
  • Perfect for X-Country, Freeride, Downhill, Marathon & Endurance
Spesifikasi Helix 3:
  1. Berat : Master cylinder: 82g, Caliper: 118g
  2. Pad : Non-asbestos semi metallic compound
  3. Fluid : Dot 4 oil, memiliki daya tahan lebih baik pada dampak panas rotor dan caliper rem
  4. Patent No : US6564910
  5. Warna : Master cylinder: Sand-blasting black/Painting white, Caliper: Sand-blasting black/Painting white
Sebagai perbandingan, kami mencoba mengukur perbandingan disk brake model mekanik Shimano 485 yang lebih sederhana. Rem sepeda Bengal Helix 3 ternyata cukup ringan. Total berat Bengal Helix 3 sekitar 480g sudah termasuk caliper, brake lever, kabel tube hidrolik dan brake pad. Dibandingkan disk brake yang disebutkan diatas, ternyata untuk caliper rem saja sudah memiliki berat 0.5 kg.
Berat rotor buatan Bengal dengan ukuran 6 dan 7 inch.Untuk 6 inch memiliki berat 130g sedang 7 inch 150g, tidak berbeda dengan rotor standar pabrikan rem lain. Sekilas disain rancangan rotor Helix 3 mirip dengan buatan Ashima. Untuk kualitas rotor, Bengal mengunakan tipe SS 407 dan diuji dengan daya tahan panas dalam kondisi suhu tinggi.




Apa yang menarik dari Bengal Helix 3


Helix 3 memiliki kinerja dengan sistem dual piston, dimana brake pad akan terdorong bersama sama untuk menahan rotor rem. Sistem Dual piston atau PSPmelakukan 2 tahap pengereman. Ketika brake lever ditekan sampai 70%, hanya 1 sisi yang memberikan tekanan lebih besar pada bagian rotor. Dalam kondisi penuh pada tuas rem, maka kedua piston akan aktif secara penuh menahan rotor untuk menghentikan laju sepeda. Brake lever Bengal Helix 3 memang nyaman, cukup dengan 2 jari maka rem bisa menghentikan roda ban. Membandingkan rem mekanik bahkan model rem hidrolik kelas mainstream akan sangat merasakan perbedaan signifikan dengan rem hidrolik Bengal Helix 3.

Tuas rem dari Helix 3 memang ringan dan sangat dibutuhkan bagi mereka yang menyukai petualang ke alam bebas bersama sepeda. Dengan ringannya tuas rem maka kendali sepeda dapat lebih terkontrol. Dan tenaga jari tangan tidak terfokus untuk mengendalikan tuas rem sehingga pengendara bisa memfokus untuk mengengam grip dalam pengendalian arah sepeda. Fitur ini sangat membantu bagi pengendara sepeda gunung. Banyak pengendara sepeda harus selalu memfokus lintasan medan dengan menjaga laju dengan menyiapkan tangan tetap diatas tuas rem. Hal ini membuat tangan pengendara sepeda menjadi lemah karena kekuatan lengan dan telapak tangan akan terbagi dua. Antara menahan getaran stang ketika melalui medan cukup berat dengan posisi jari tangan harus berada diatas tuas rem.
Dengan rem teknologi hidrolik, pengendara dapat memusatkan kekuatan tangan untuk menahan getaran pada handlebar. Rem akan lebih mudah dan cepat dilakukan dengan tuas hidrolik yang ringan.

Helix 3 sudah mengunakan minyak rem jenis D.O.T 3, yang lebih resistan terhadap panas. Terlihat pada brake lever informasi pemakaian minyak rem tertulis pada tutup penampung minyak rem.



Fitur EZ-out untuk brake pad. Membersihkan atau melepas pasang brake pad pada Bengal Helix 3 tidak memerlukan tool. Cukup mendorong ujung brake pad lalu mengarahkan ke belakang arah caliper. Dan brake pad dapat dikeluarkan dengan mudah. Demikian juga untuk memasang, cukup memasukan brake pad ke lubang caliper. Lalu dorong ke posisi tempat brake pad, dan brake pad akan ditahan oleh tarikan magnit. Teknologi EZ-out dari Bengal mengunakan sistem magnit untuk menahan kedudukan brake pad sehingga lebih mudah dilepas pasang.





Brake lever adjustment. Apakah kita harus mengikuti disain sebuah rem dari produsen tertentu. Bagaimana dengan mereka yang memiliki jari lebih pendek. Bagian juga menarik, karena disain rem Bengal Helix 3 dapat diatur lebar sudutnya untuk brake lever. Dengan memutar baut adjustment, maka jarak tuas rem ke handle bar dapat disesuaikan dengan jari pemakainya.

Satu perlengkapan yang perlu diketahui adalah plastik untuk menganjal rem. Ketika posisi caliper rem tidak dipasang rotor, terkadang secara tidak sengaja brake lever tertekan. Hal ini membuat posisi brake pad menjepit dan tidak kembali ke posisi semula. Helix 3 memberikan tambahan plastik kecil untuk menganjal brakepad agar brake pad tetap terbuka. Disain plastik penahan brake pad dibuat dengan penjepit ke kabel rem. Ketika kedua plastik tersebut tidak digunakan, maka dapat dijepit ke kabel rem untuk sementara waktu.


 
Kesimpulan

Rem Helix 3 cukup ringan, dengan berat total kurang dari setengah kilogram. Paket sudah di bundel dengan SS rotor, dengan pilihan ukuran 6, 7, 8 inch. Helix 3 memiliki brake pad yang kompatibel dengan merek lain dan harganya relatif terjangkau dibanding brake pad dari disk brake buatan Amerika. Bengal cukup cermat membuat disain disk brake sepeda. Tidak seperti produsen lain yang selalu berganti model dan berganti ukuran brake pad. Seri Bengal Helix hanya memperbaiki rancangan sistem rem, tetapi mempertahankan jenis brake pad dengan ukuran yang sama. Sehingga brake pad dari model Helix 1 dan Helix 3 tetap kompatibel.

Helix 3 bukan sebuah rem high end, tetapi memposisikan midrange dengan bobot ringan. Kekurangan terletak pada ukuran brake pad yang terlalu kecil, bahkan memiliki bidang 60% dari rata rata rancangan brake pad merek lain. Hal mengurangi kemampuan pengereman, dan lebih cocok untuk medan cross country.

Catatan untuk penguna rem hidrolik seperti Bengal Helix 3. Tidak menekan tuas rem ketika caliper tidak dipasang rotor, dan pasang pengaman yang disediakan ketika rotor dilepas. Tekanan terlalu dalam pada tuas rem akan mendorong bagian silinder caliper , sehingga dapat menyebakna kebocoran minyak rem.

Website Bengal Performance