Goesbike - http://www.goesbike.com
Tip membuka ban untuk menganti ban dalam dengan peralatan yang ada
http://www.goesbike.com/articles/779/1/Tip-membuka-ban-untuk-menganti-ban-dalam-dengan-peralatan-yang-ada.html
Yanto Camar
Contributor
Plan and Construction
Mountain Bike, Motorcycle, Shop, Investment
 
By Yanto Camar
Published on 17 September 2010
 
Bagi sebagian besar pengendara sepeda umumnya jarang mengalami ban bocor. Tetapi beberapa pengendara lainnya pernah atau malah sering kali mengalami kejadian ban bocor. Ban sepeda bocor bisa terjadi kapan saja dan disebabkan banyak halAda 2 alat penting yang sering dibawah oleh pengendara sepeda yaitu ban cadangan dan pompa ban. Ada 3 alat umumnya digunakan untuk menganti ban dalam, khususnya untuk membuka ban luar tipe wire band.

Peralatan yang umumnya ada bawa oleh pengendara sepeda.
Bagi sebagian besar pengendara sepeda umumnya jarang mengalami ban bocor. Tetapi beberapa pengendara lainnya pernah atau malah sering kali mengalami kejadian ban bocor. Ban sepeda bocor bisa terjadi kapan saja dan disebabkan banyak hal. Ban tertusuk benda tajam, seperti paku, baut kecil, bekas clip, beling dijalan sampai ujung kayu yang tajam dapat menembus ban sepeda.

Banyak pengendara memilih mengunakan ban tubeless, dengan alasan lebih ringan dan mudah melakukan perbaikan. Sebagian pengendara mengunakan ban dalam tipe premium yang memiliki cairan untuk melindungi angin keluar ketika terjadinya kebocoran.
Sebagian lagi mengunakan ban luar sepeda jenis folding atau bisa dilipat. Ban sepeda ini memudahkan untuk membuka dan memasang ban luar untuk menganti ban yang bocor.
Sebagian pengendara lebih tertarik mengunakan ban wired bead. Jenis ban luar yang satu ini masih bertahan dengan berbagai alasan. Ban wired bead (adanya kawat yang melingkar pada bagian ban) biasa digunakan untuk sepeda commuter baik jenis sepeda gunung sampai sepeda folding bike.

Masalah muncul ketika ban dalam bocor. Khususnya rancangan ban luar dengan wire bead digunakan sebagai penahan ban luar agar tidak keluar dari rim roda. Untuk memasang dan membuka ban umumnya memerlukan peralatan seperti Tire Lever / pengungkit ban / pencongkel ban atau pembuka ban.

Khusus untuk menangani ban sepeda wired bead atau ban dengan pelindung kawat terkadang merepotkan. Khususnya ketika and aingin menganti ban dalam yang bocor. Karena kawat yang mengelilingi ban luar harus diangkat untuk mengeluarkan ban dalam yang bocor dari roda sepeda.

Bisa dilihat pada gambar dibawah ini beberapa perlengkapan yang biasa dibawah ketika berkendara dengan sepeda.
Sebuah pompa sepeda, Quick Release yang ada pada roda, tool dan tire lever dan terahir adalah ban dalam. Apa fungsi beberapa alat tersebut, ternyata bisa dimanfaatkan untuk pembuka ban sepeda. Kita lihat pada halaman selanjutnya





Alat darurat penganti tire lever untuk menganti ban sepeda.
Mengunakan Tire Lever paling mudah karena dirancang untuk menganti ban dalam
Bila si pengendara merasa perlu membawa semua peralatan selama perjalanan. Tire lever / pengungkit ban memang dirancang khusus untuk membuka ban.
Terlihat pada gambar dibawah ini. Dengan tire lever sangat mudah untuk membuka ban tipe wire bead. Tinggal disisipkan dibagian roda lalu diangkat kearah sebaliknya dan ban luar akan terangkat keluar dari rim sepeda. Keuntungan dengan tire lever, umumnya dibuat dari bahan plastik dan tidak merusak bagian cat velg atau rim sepeda



Mengunakan Tool kunci L sebagai Tire Lever ketika membuka ban
Bila tidak memiliki tire lever, alat lain bisa dimanfaatkan untuk membuka ban luar. Anda bisa memanfaatkan tool dari sepeda yang anda bawa. Untuk tool paling mudah dengan mengunakan bagian obeng minus seperti gambar dibawah ini. Tetapi harus berhati hati bila anda sayang dengan rim sepeda anda. Jangan sampai alat tersebut mengores cat dari rim sepeda.



Quick release untuk membuka ban
Alat quick release masih memungkinkan dimanfaatkan untuk membuka ban sepeda. Dalam kondisi darurat alat ini paling mungkin tersedia. Bisa saja seseorang lupa membawa tire lever atau tool. Tetapi Quick Release dipastikan ada pada sepeda anda. Cara mengunakan dapat dilihat pada gambar dibawah ini. Agak merepotkan, tetapi masih memungkinkan seseorang bisa menganti ban atau membuka ban luar sepeda dalam kondisi darurat.



Alat apa saja selain dari ke 3 yang disebutkan diatas. Masih banyak lagi tool darurat untuk digunakan sebagai tire lever. Seperti kunci kendaraan juga bisa digunakan untuk mendongrak ban luar dalam kondisi darurat.

Dari teknik yang ada diatas, 2 bagian terpenting tetap harus ada. Yaitu pompa ban dan ban dalam sepeda. Tanpa ke 2 perangkat penting tersebut, teknik yang kami ulas disini tidak akan berguna.