Goesbike - http://www.goesbike.com
Toko sepeda Atek Lokasi di Kebayoran Lama, komponen sepeda Fixie
http://www.goesbike.com/articles/782/1/Toko-sepeda-Atek-Lokasi-di-Kebayoran-Lama-komponen-sepeda-Fixie.html
Paul Wullur
Banking, Training,
Fitness,  and Adventure.
 
By Paul Wullur
Published on 18 November 2010
 
Ada satu toko sepeda murah di Jakarta. Toko sepeda Atek, lokasi berada di area pasar Kebayoran Lama. Toko sepeda yang satu ini lumayan menarik. Tidak selengkap toko sepeda kelas menengah keatas, melainkan memasarkan produk dikelas low end. Hari ini kami sempat mampir ke toko sepeda Atek. Rupanya sedang ramai dikunjungi oleh pengemar sepeda fixie.Komponen sepeda fixie atau spare part fix gear ada di toko Atek dan lumayan lengkap.

Ada satu toko sepeda murah di Jakarta. Toko sepeda Atek, lokasi berada di area pasar Kebayoran Lama. Toko sepeda yang satu ini lumayan menarik. Tidak selengkap toko sepeda kelas menengah keatas, melainkan memasarkan produk dikelas low end. Pembeli dapat memilih komponen apa saja yang dibutuhkan. Hari ini kami sempat mampir ke toko sepeda Atek. Rupanya sedang ramai dikunjungi oleh pengemar sepeda fixie.Komponen sepeda fixie di toko Atek lumayan lengkap. Mengingat aliran sepeda Fixie tidak berbeda dengan sepeda road bike atau sepeda jadul yang sederhana. Seperti ban murah berukuran 700c memang ada di toko Atek.

Toko sepeda Atek bukan toko sepeda baru, sudah ada sejak tahun 70an dan sempat menghilang lalu kembali di tahun 90an. Menjual produk kelas menengah kebawah, bukan berarti menawarkan komponen murahan. Tetapi pasar disana memang seperti itu, seperti komponen sepeda Fixie lebih banyak dijual tanpa merek. Jangan berharap menemukan rim seharga 600 ribu, tetapi biasa menemukan rim atau velg sepeda dengan harga 300 ribu atau tipe tanpa merek 100 ribuan. Sebagian besar komponen MTB yang dijual hanya kelas Shimano Alivio atau dibawahnya.
Komponen lain seperti frame fixie juga ada, tetapi semua tanpa merek alias versi generik. Atau harga 400 ribuan atau lebih dan kebanyakan dipasarkan versi frame hardtail. Terkadang ada beberapa produk murah lain, seperti ban CST 26 inch yang harganya hanya 100 ribu saja. Terkadang muncul ban Maxxis pernah dipajang tipe Medusa tipe 1.5 inch atau Maxxis High Roller 1.9 inch. Bahkan pada website Maxxis belum menawarkan ban tipe tersebut, tetapi sudah muncul di toko Atek dan produk tersebut asli.

Bila tertarik melihat lihat toko murah meriah dapat mampir ke area pasar Kebayoran Lama. Bila berkendara sepeda dapat langsung menuju toko, bila berkendara dengan mobil, sebaiknya parkir didepan ruko sebelum jalan layang Kebayoran Lama.
Sekali lagi di ingatkan, jangan memperkirakan toko yang satu ini menyediakan perlengkapan ala papan atas dan ruang ber-AC. Toko yang sederhana untuk penguna sepeda kelas bawah dengan harga terjangkau. Sayangnya stok barang yang ada tidak bisa ditebak. Hari ini muncul, besok sudah habis. Khususnya komponen sepeda Fixie yang sedang trend saat ini, persediaan masih harus tergantung dari pengadaan pihak supplier karena diberikan jatah ke toko lain.





View Toko sepeda murah Atek ada di Kebayoran Lam in a larger map

Menurut Atek. Booming sepeda terjadi ketika 20 tahun lalu, dan terulang kembali selama bulan puasa 2010 lalu. Banyak pesepeda dikalangan muda merakit sepeda Fixie atau single gear sesuai keinginannya. Beliau mengatakan mendapatkan permintaan ke luar kota seperti Bandung. Pencinta sepeda Fixie tidak putus berbelanja dan merakit sepeda baru. Beberapa pencinta sepeda Fixie mengatakan mengunakan sepeda Fixie untuk pergi bekerja. Sepeda Fixie relatif lebih ringan, sederhana, mengikuti trend saat ini dan murah meriah, cocok digunakan untuk sepeda komuter dalam kota.

Apa saja yang ada di toko sepeda Atek ini. Beliau mengatakan, komponen sepeda Fixie agak unik karena sederhana dan berbeda dari komponen sepeda Road bike atau sepeda gunung MTB. Beberapa komponen yang didapat boleh dibilang barang baru. Seperti crank sepeda Fixie buatan Jepang yang ringan tetapi murah, habis terjual 25 buah selama bulan puasa. Untuk frame sepeda Fixie, disediakan frame polos material besi. Proses pengecatan bisa dilakukan oleh pemiliknya. Bahkan beberapa ban ukuran 700c tipe wire band tersedia, tinggal dipilih ingin mewarnai ban sepeda seperti apa. Demikian juga velg sepeda, komponen yang satu ini lumayan lengkap di toko Atek.